Saturday, April 13, 2013

Cross A26, Phablet Smooth Dual - Core

Setelah mengeluarkan Phablet pertamanya yakni Cross A2, ternyata tak berselang lama dari pihak Cross juga mengeluarkan seri baru yang tak lain adalah adiknya yakni Cross A26. Phablet terbaru dari Cross A26 ini ternyata mengusung spesifikasi yang bisa dibilang 2x dari kemampuan kakak-nya terdahulu yakni Cross A2. Yang lebih hebat lagi adalah harganya yang tidak terpaut banyak dari kakakknya A2. Nah, mau tahu bagaimana performa hebat dari Cross A26 ini? Simak review singkat dari saya di bawah ini :






Berbeda dengan kakak-nya A2, casing belakang cross A26 sedikit ringkih menurut saya. Namun, meski ringkih tekstur nya halus, sedangkan kakaknya A2 kasar. Letak kamera pun sekarang berada di tengah - tengah, bukan disamping seperti kakak-nya A2. Dibawah kameranya, sudah terdapat sebuah LED flash berukuran kecil. Namun jangan salah, meski kecil, kekuatan sinarnya mampu diandalkan. Berbeda dengan kakaknya A2 yang Led Flashnya terlihat besar, namun daya sinarnya lemah.

Spesifikasi Cross A26 :

Prosessor 1Ghz Dual - Core.
Chipset MTK 6577
Layar 5inch Capasitive 5 Point Multitouch 240Dpi
Jaringan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA ( 7,2 Mbps )
Ram 512MB
ROM 4 GB ( internal 2GB, external storage 1GB )
GPU PowerVR SGX 531
Camera 8 Mega-pixel, Auto Focus
Camera depan 1,3 MP
Android Ics 4.0.4
Batteray 2300mAh
Wifi, GPS, Portable Hot Spot, Proximity Sensor, Light Sensor, 3D gravity sensor, E-Compass




Interface Depan Cross A26 yang saya pegang :


Tes Performa :


Hasil tes menggunakan Antutu, mendapatkan Score sebesar 6000 Pas.


Nenamark 1 mendapatkan Fps sebesar 44,9


Nenamark 2 mendapatkan FPS sebesar 23,4

 

Pada pengujian menggunakan Quadrant Standar, Cross A26 mendapatkan score sebesar 2637, yang berarti kedudukan Cross A26 berada di atas Samsung Galaxy Nexus , dan berada dibawah Motorolla Atrix 4G dan Samsung Galaxy Tab 10.1 dengan selisih nilai yang tidak banyak.

Tes untuk bermain gaming :


FrontLine Mission, lancar tanpa masalah.


Contract Killer Zombie. Lancar juga tanpa masalah. Yang mau dikejar - kejar zombie, silahkan mencoba game ini.


Bash Fishing 3D. Bosan memancing sungguhan. Coba sekali - kali memancing di gadget Android kesayangan kamu. Dijamin juga sama terhiburnya dengan memancing sungguhan.

Sesi terakhir yakni melihat hasil kamera Cross A26 ini :


Luar Ruangan disiang hari saat cuaca cerah


Luar ruangan disore hari dengan cuaca mendung

Luar ruangan di sore hari dengan cuaca mendung 


Malam hari di dalam ruangan dengan penerangan minim.





Malam hari dalam kamar, mengambil detail sinopsis dalam sebuah kaset DVD dengan kondisi lampu Flash menyala.

Kesimpulan :

Setelah mencoba Cross A26 ini, menurut saya performa yang ditawarkan oleh Phablet ini bisa dibilang 2x lipat daripada kakak pendahulunya Cross A2 yang ditandai dengan scrore Antutu mencapai 6000, sedangkan A2 hanya 3000an. Kamera juga bisa dibilang bagus. Berselancar di dunia maya sudah tak usah diragukan lagi karena sudah mengusung jaringan HSDPA 7,2Mbps. Yang paling saya sukai di Cross A26 ini, setelah dipakaikan screen guard anti-minyak dari samsung galaxy note 2, pergerakan menu dan menulis pun sangat smooootthh sekali, bahkan bermain gaming sangat nyaman. Sangat cocok buat yang sering browsing, chating dan bermain gaming. Meski belum mengusung layar IPS, namun karena DPi sudah mencapai 240, layar terlihat jernih dan terang, detail juga bagus. Kekurangan menurut saya hanya pada suara speaker yang lemah, tak sekencang dan senyaring adikknya Cross A2. Meski begitu, bisa diatasi dengan memakaian headset, maka akan ada sedikit perubahan kedalaman dan detail suara. Untuk harga, saat review singkat ini ditulis, kurang - lebih Rp. 1,3 Juta, lebih mahal sedikit dari kakaknya cross A2 yang saat pertama kali muncul seharga Rp.1,150 juta rupiah. Sekian dan terima kasih.

29 comments:

rohmadaini said...

thanks infonya sob kira kira nabung dululah agar bis beli

Muslimedica said...

pasti mahal

Batu Adventure said...

nice day:)
saya adalah saya hari ini karena pilihan-pilihan
yang saya kemarin..


bagi-bagi motivasi yaa.. :)


http://wisataoutboundmalang.com/

Miz Tia said...

kalo menrut ku cross speakernya keras banget.. keren sih :) .

Eddy Pasaribu said...

Boleh dipertimbangkan nih, walaupun masih bermain di RAMnya 512KB dengan prosesor 1 GHz, tapi dengan harga yg mumpuni Rp.1,3 jutaan lumayanlah buat ngangkat foto di instagram, apalagi kameranya sudah 8MP dengan OS Andro ICS versi 4..btw GSM compatible ya? TFS..

Arief W.S said...

Rohmadaini @ Amin gan. Syukur banyak rezekinya :)

Muslimedia @ Kalau untuk kemampuan kayak cross A26 dengan harga 1,3jt, yah bukan termasuk kategori mahal. Coba tilik merek samsung maupun LG yang mempunyai spesifikasi sama kayak Cross A26, harganya pasti diatas 2,5 jutaan. Meski begitu, mahal dan tidaknya itu relative bagi setiap orang :)

Batu Adventure @ Makasih dah berkunjung. Keren motivasinya :)

Miz Tia @ Kebanyakan HP cross emang speakernya keras dan nendang abizz, tapi buat A26 ini gak begitu menggelegar pas aku coba. Mungkin itu salah satu kekurangannya Mizz. Tapi kalau dipakaikan handsfree, yah bisa buat kita geleng - geleng kuk denger lagu :)

Eddy Passaribu @ Hehehehe 512MB mas edyy maksudnya Ramnya, bukan 512KB :) Gsm semua unlock mas gan, gak da yang ke lock. Jadi semua kartu GSM bisa dipakaikan di Cross A26 ini :)

IQ Online Mart said...

.: spec-nya keren kawan...^_^

Gen - Q said...

Kalau segitu harganya kayaknya sih worthy ya, pas. Baiklah sobat, buat referensi saya ntar kalau mau ganti. Keren banget, detail penggambaran produknya.. lolos nih kayaknya buat jadi marketingnya cross A26 *ehh :D

Faceblog Evolutions said...

info yang sangat lengkap dan menarik bagi saya pribadi.
terimakasih sudah berbagi

Teknik Listrik said...

wah mantap gan jadi pengen

Arief W.S said...

IQ online @ speknya emang gahar gan :D

Gen Q @ waduh, dikait - kaitkan segala dengan marketing,hehe :D Btw perbandingan harga ma spesifikasi emang dah worth buat seri A26 ini.

Faceblog Evolutions @ terima kasih juga sudah berkunjung teman :)

Teknik Listrik @ hehehe wah jadi ngerasa nyebar racun nih :D

Choice stay at Bali Nusa Dua said...

Choice stay at Bali Jimbaran,,,salam kenal dan sukses selalu

Arief W.S said...

Sama2 dan makasih udah berkunjung :D

ahmad_maurits said...

Bisa TV out ga gan nyambungin pake kabel ke TV?

Arief W.S said...

Belom coba gan, belum tahu pasti juga, tapi setahuku gak bisa, alias gak nemu menu TV-Out nya. Setahu ane yang ada tv out-nya itu Imo S88, coz ane sendiri pernah utak - utik punya temen imo s88 ada menu TV out-nya.

Anonymous said...

padahal aku kemaren mau beli cross a2..tp barang nya lg kosong kata nya,,nunggu akhir bulan mai ini,,,tp setelah aku liat a26....jdi pengen yg a26,,,heheee...ada ngga ya sudah barang nya,,di martapura kal-sel..

Arief W.S said...

Memang layak jika agan memilih A26 daripada menjatuhkan pilihan ke A2. Karena selain spesifikasi lebih bagus, harga juga tidak terpaut jauh. Saya kurang tahu untuk bagian Kal-sel sudah ada atau belum, coz saya juga bukan penjual,hihi :D Daripada agan nunggu berbulan - bulan sampai stock ada, mending cari di VIA tokobagus, kaskus, berniaga, dll dengan layanan jasa antar lebih cepat dan hemat waktu.

arief sakau said...

Nice post sob....Ane juga pemakai cross a26 ini dan setelah di urut dikopyok pake custom rom jelly bean tambah sadis larinya....BTW for all sesuai dengan harga dan performanya unpredictable ( Lebih dari perkiraan ane sob )....Bagi yang punya ni cross A26 silakan gabung di kaskus lounge khusus crossA26.....

Arief W.S said...

hehehe emang mengesankan gan Cross A26 itu, apalagi hasil kameranya mantap :)

Anonymous said...

Bisa diupgrade ke jelly bean ga?

Arief W.S said...

Hehe ane kurang tau bisa diupgrade atau tidak, menginat Soc pakai MTK 6577 sepertinya bisa gan :)

ridho said...

Om menurut ane dpi nya salah tuh bkn 240, karna wvga yg dpi nya 240ppi itu kalo layar nya 3,8"
Ini kan 5 inchi jd cm 190 ppi :D

すいか -Suika- said...

paket penjualanya apa aja ya? ada casenya ga? :3

Arief W.S said...

Ridho@ Dulu saya pernah mengunduh aplikasi perhitungan Dpi ketika ingin tau berapa besar Dpi sebuah semartphone. Aplikasi itu hanya menyuruh memasukkan ukuran layar dan resolusinya dan nantinya akan dikalkulasi secara otomatis. Nah beruntung antutu benchmark versi terbaru sekarang sanggup mengenali seberapa besar Dpi yang ada pada sebuah layar smartphone. Entah mengapa hasil Dpi di antutu berbeda dengan hasil aplikasi perhitungan manualnya. Tak ambil pusing, saya lebih percaya kepada hasil Dpi yang tertera pada antutu daripada perhitungan manual dengan bantuan aplikasi, karena antutu adalah standar benchmark international, jadi keakuratannya bisa dipercya dalam mengenali besarnya Dpi sebuah smartphone. Secara pasti, saya tak bisa memastikan cara yang tepat menghitung sebuah Dpi. Seperti halnya Blackberry sedona saya yang hanya beresolusi QVGA di gsm-arena tercatat 246 Dpi dan cyrus apel yang sama2 menggunakan resolusi qHD seperti A7s mampu menghasilkan 322Dpi dalam review di salah satu edisi tabloid-pulsa.

Suika@ Suika itu nama ya mbak? Atau istilah bahasa Jepang? Paket penjualannya layaknya standar HP pada umumnya mbak seperti charger, kabel data, buku panduan, cd, kartu garansi, headset. Ada bonus leather casenya mbak, warna leather casenya mengikuti warna HP, ada hitam dan putih.

Ahmad Narendra said...

Thanks infonya ya sob...
Lengkap banget plus sama interfacenya

Arief W.S said...

Ahmad narendra @ Iya, sama2 udah berkunjung gan :)

Anonymous said...

nice :)
ane punya nih cross a26, sering coba tethering pake xl. tp semenjak nganggur, jadi kosong nih sim cardnya. karena ada tulisan dual sim card wcdma/sim + sim, ane coba2 aja pake smartfren tp gak ke-detect.
kira2 bisa jawab gak gan ini kenapa? pdhl jaringan smartfren daerah ane lancar jaya & selalu penuh. apa cdma di perangkat ini mesti diinject?

Arief W.S said...

Perasaan WCDMA itu jaringan di besaran 2100 deh gan bukan untuk kartu CDMA. A26 Murni GSM gan :)

CatBurry said...

Menurut data spesifikasi yg saya baca, cross a26 punya tv out via mhl a/v link, utk tampil di layar tv. Apa itu benar adanya gan??

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...