Monday, November 19, 2012

Cross Andromeda A7*



Berhubung ada waktu, kali ini aku mau sekedar review singkat performa  smartphone punya aku nih. Sebelumnya maaf kalau reviewnya gak selengkap di majalah - majalah yang bonafit. Tapi aku berusaha kasih informasi sedetail mungkin.

Smartphone milik aku adalah Cross Andromeda A7*. Perlu untuk diketahui lebih awal bahwa Cross A7 ini ada dua macam loh. Untuk keluaran pertama adalah pada saat heboh - hebohnya Indonesian Idol 2012,  yakni Cross A7 tanpa bintang. Kemudian di bulan September atau Oktober 2012, kurang ngerti tepatnya, muncul varian keduanya yakni Cross A7* dengan bintang. Lha bedanya apa sih? Perbedaannya terletak pada prosesornya. Kalau varian lama A7 hanya memakai procesor tipe lama yakni Armv6, maka adik kembarnya memakai prosesor yang lebih tangguh yakni Armv7 (neon) dengan clock gak tanggung - tanggung sampai 1GHZ. Perbedaan lainnya setahu aku yakni memory internalnya A7* hanya dibekali 135mb saja, sedangkan kakaknya yang lama lebih longgar 185mb.
Untuk penampakannya silahkan dilihat dibawah ini :









Untuk kelengkapannya sama halnya dengan bawaan HP yang lain, yakni sebuah charge, kabel data, buku panduan, cd driver, headset. Uniknya pada Cross baik A7 maupun A7* sudah dikasih bonus back hardcase buat perlindungan kalau sampai terjatuh, dan juga baterai bawaannya ada 2 buah berkapasitas 1450mAH.
Kalau ditanya mengapa saya lebih memilih Cross A7* dibanding merek lain yang lebih punya nama semisal Samsung, LG, maupun Nokia. Jawabnya simpel, yakni masalah Performa dan Harga. Awalnya saya bingung mau beli Smartphone apa, tapi setelah review kesana - kemari, akhirnya saya menetapkan Cross Andromeda A7* sebagai pilihan saya. Harga, buat saya seukuran mahasiswa, 1,3 JT untuk pertama kali saat HP ini keluar yah masih bisa untuk saya tutupi dengan kantong saya, meskipun pinjam uang kesana - kemari, Sssssttt jangan disebar2kan soal yang satu ini :) Selain itu, dengan harga segitu, Performa HP A7* ini berani dibandingkan dengan kompetitor lain yang harganya menyentuh angka 2 juta. Itu menurut pendapat saya saja. Untuk Spesifikasinya yang kurang lebih saya ketahui tentang ni HP :

* Layar gedhe loh 4,3" aku jamin puas buat browsing, main game, lihat video. Terlebih layarnya sudah mengadopsi teknologi IPS. resolusi 480x800, ppi nya gak tau, sekitar 200an mungkin ppinya.

*Procecorrnya itu yang gak nahan, 1ghz, aku lihat di tetangga sebelah yang review katanya ni Cortex-A9 loh, jadi bayangin aja kencengnya.

*Memory internalnya bisa aku kata agak mengecewakan sih, cuma 135mb. Trus Ram sudah cukup meski hanya  512MB, bisa menghandle banyak  game dan aplikasi apapun selama ini aku pakai.

* Kameranya udah 5 MP loh, udah autofocus, ada lampu LED Flashnya juga, jadi jangan khawatir motret dalam gelap. Ada efek panoramanya juga, segedhe apapun pemandahangannya, tetep masih bisa masuk di layar sekecil 4,3" milik A7* ini.  Untuk video recordingnya mampu menangkap gambar dengan resolusi VGA saja dan katanya maksimal 30 menit, coz ane gak pernah recording , jadi gak tentu bisa mastiin.

*GPS ada, Wifi ada, blueetoth ada, radio ada, hotspot thetering juga ada maksimal 5 User.

*Masih memakai O.S Android Ginggerbread 2.3.6 Padahal seharusnya Procie 1ghz kuat untuk menghandle O.S yang terbaru I.C.S 4.0 maupun Jelly bean 4.1

*GPU NYA tangguh loh, sudah memakai POWER SGX 531

* Jaringannya lengkap gan, HSDPA, 3G, EDGE, GPRS. Kalau untuk SIM ke-2 nya sebatas EDGE. Dah ane coba buat browsing kedua SIM gak da masalah terkendala.

Dibawah ini adalah hasil score saat di test dengan menggunakan antutu benchmark. Jangan heran bila scorenya segedhe itu dan posisinya hanya terpaut sedikit dibawah HTC EVO 3D. Perlu dicatat juga, bahwa pas ane beli pertama kali dan saat ane test pakai Antutu, hasilnya cuma 3852, Tapi setelah ane kasih MicroSD 16GB merek Transcend yang class10 hasil benchmark Antutunya meningkat jadi seperti gambar dibawah. Jadi kesimpulannya,  lo mau beli micro SD jangan tanggung - tanggung beli yang murah. Beli yang bagus sekalian, class10 terutama, meski agak mahal, tapi performa smartphone bakal terdongkrak. Maap lo gambarnya kurang jelas.






Dibawah ini dengan smartphone A7* saya mencoba menjalankan beberapa game, ya bisa dibilang mewakili  di kategori game yang agak berat untuk dijalankan, alias perlu  spesifikasi hardware yang agak tinggi buat memainkannya. Namun A7* dengan harga yang bersahabat  ini bisa menjalankannya dengan lancar tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Sekali lagi maap lo gambarnya gak jelas. Ane motonya pake HP jadul Soner J105 Naite.
 

DEAD TRIGGER.
 Ni game recomended buat nvidia tegra, tapi gak masalah buat GPU power SGX 531 milik Cross A7*





FINAL FANTASY III
Ni game sebenarnya gak berat - berat amat sih. Tapi game ini kan bergenre RPG, jadi bakal puluhan jam buat namatinnya, alias nyiksa smartphone. Jadi menurut ane, apapun yang nyiksa wajib buat di test. Coz ane pertama install nih game, ni smartphone gak lepas ampek 5 jam di tangan, keasyikan mainnya. Tapi jangan pikir aku mainnya 5 jam tanpa kehabisan baterai, tetep mainnya ane colokin ke power bank biar gak kepikiran kehabisan daya lagi.





Main game RPG tanpa persiapan power bank, mending gak usah aja gan. Lebih bijak maininnya lewat tablet yang secara notabene kapasitas baterainya lebih besar. 


FL-COMANDO
Diantara 3 game yang ane pasang buat tes si A7*. Game ini nih yang paling berat ane rasa. Soalnya loadingnya paling lama diantara ke-2 game diatas. Tapi ya gak lama2 banget sih, paling ya 1 menit lebih dikit. Tapi pas gameplaynya nyaris gak da masalah. Ni game gambarnya juga paling ciamik. Kayak main PS-2 aja.







Untuk hasil kamera aku cuma menyertakan dua buah hasil, antara malam dan siang saja. Jadi maap gak bisa kasih contoh hasil foto mode makro, panorama, dll yang ada di fasilitas camera A7* punya ane. Yah buat harga 1,3JT saat itu aku beli, ya udah terbilang bagus, apalagi produk lokal, Mampu bersaing deh pokoknya. Gak nyesel. Paling juga hari ini dah turun harganya.


INI SIANG HARI DALAM RUANGAN

SIANG HARI DALAM RUANGAN

MALAM HARI DALAM RUANGAN


SIANG HARI DALAM RUANGAN


SIANG HARI DALAM RUANGAN




MALAM HARI DALAM RUANGAN

Sampai disini aja ya sekiranya review singkat gue. Banyak - banyak pusing sendiri entar gue jadinya. Jadi dari semua review diatas, bisa ditarik kesimpulan, bagi yang ingin cari HP bagus harga pas kantong, dan kemampuan bisa menyamai kompetitor lain di harga menyentuh 2 juta, bisa dibilang Cross A7* jawabannya. Aku yakin harganya sekarang gak nyampe 1,3juta lagi kuk, jadi lebih pas di kantong. Dari semua kelebihan, pasti ada dumz kekurangan. Kekurangan pada Smartphone ini adalah kendala di memory internal yang cuma berukuran 135MB saja. Jadi mending kalian yang udah punya Cross A7* kalau mau install game download aja yang model APK+DATA, sekarang dah bertebaran kuk yang kasih link download. Jangan download lewat Googleplay, yakin langsung ludes deh memory internal kamu. Atau kalau yang sudah ahli root bisa juga di root HPnya, trus dipasang script buat aplikasi link2SD agar aplikasi yang diinstall bisa langsung masuk ke exksternal memory. banyak kuk mastah yang dah ahli root dan custom ROM, tinggal minta jasanya aja. 

Siapa sih yang cocok buat ni HP:

* Anak SMP, cocok banget buat gaya.
*Anak SMA, wah bisa eksis di media sosial, kameranya juga bisa diandalkan buat pamer foto di      media sosial
* Anak, kuliah, sooo cocok banget buat yang kantong tipis kayak adminnya T,T
*Karyawan, pekerja kantor, buruh, dll yang profesinya middle low. Kalau yang profesinya kelas eksekutif, lebih bijak beli Galaxy S3 aja deh.

Ga cocok ma :

* Brand Minded. Yang punya rasa skeptis ma produk lokal. Yah mikirnya sih lokal berarti kemampuan setara harganya. 
*Maniak game. Gak semua game  bisa loh dimainin di A7*. Kalau maniak game mending larinya ke tablet saja. Tablet harga 1,3jt dalemnnya pasti lebih bagus dari A7* meski sama2 lokal. Kalau mau branded ya bisa ke samsung, nokia, Sony, LG, yang harga 2jt ke atas dan pastikan GPU Mali400 dan minimal adreno 220. Kalaupun Power SGX bisa seri 541. Jangan lupa, harus dual - core procienya.

 

116 comments:

tika said...

hmm
ty for review nya
ada niat jg sih mau beli cross andromeda, cman belum brani, soalnya takut ga bagus :|
melihat kualitas kameran nya seperti nya jernih yah, di bandingkan dgn kamera tablet samsung yg sekiranya sekitar 3.5mp....

The Other Side said...

Takut ga bagus dari segi apa ya? Saya yang selaku yang punya nih smartphone merasa yang gak bagus cuma masalah internal merorinya saja kuk yang kecil, selebihnya gak ada yang jelek. Meskipun secara pribadi saya tak bisa bilang lo kualitas atau daya tahan lebih bagus dari merek branded seperti samsung, nokia, sony, BB, LG, tapi ya bukan berarti cross jelek soalnya udah banyak konsumen indonesia yang membeli HP cross sebagai pilihan utama, itu bisa dibaca di link yang ane kasih di bawah ini :

http://m.tribunnews.com/2012/09/17/serius-garap-feature-phone-cross-mobile-susul-samsung

http://www.kabarbisnis.com/read/2833257

http://www.lensaindonesia.com/2012/09/17/samsung-blackberry-dikalahkan-cross-mobile.html

http://industri.kontan.co.id/news/cross-geser-posisi-samsung-dan-blackberry

http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/101575

Di berita2 di atas penjualan cross hanya dibawah Nokia dan mengalahkan samsung serta BB. Itu berarti penduduk indonesia dah percaya akan kualitas cross. Ya semoga saja bisa menepis keraguan miss ripleys akan kualitasnya.

Untuk kemampuan kamera memang bagus dan lebih dari cukup untuk harga segitu. Bisa dicek di forum official kaskus mengenai kualitas kameranya, banyak yang sudah bahas disitu.

tika said...

bbrp org teman sy menggunakan hp android dan sebagian dri mereka sangat tdk puas krn kinerja yg lambat dan terkadang eror..
jdi sy pikir, jgn2 cross A7* trmasuk salah satunya hehehhe :P
sebenarnya sih cukup iler ketika liat iklanya dan harga nya yg dapat di jangkau, nmn msh blm brani pakai krn takut akn mengalami kejadian yg sm dgn yg di alami teman saya. . .

The Other Side said...

hehehehe kinerja yang lambat sebuah HP android itu tergantung spesifikasi di dalamnya, Buat cross A7* harga segitu dengan spesifikasi WOW udah termasuk luar biasa. Coba merek branded yang mempunyai kemampuan sama dengan cross A7* ane jamin harga 2jt atau lebih. Dan ane jamin cross A7* kinerjanya gak lambat, karena situs sebesar jagatreview yang notabene selalu review gadget ternama kaya iphone, ipad, samsung, dll menyempatkan diri buat review A7* ini dan melabeli dengan judul "Kinerja Tinggi" Silahkan klik aja link dibawah ini

http://www.jagatreview.com/2012/09/review-cross-andromeda-a7-smartphone-android-dual-sim-murah-berkinerja-tinggi-dan-berlayar-lebar/

Nah sedangkan untuk urusan eror tidaknya itu tergantung user sudah menguasai sistem operasi android atau belum, bisa juga aplikasi bikin eror karena sembarangan install, asal utak - atik, dan bisa juga karena virus. Ya layaknya sistem operasi windows di komputer kan juga sering eror apapun merek komputernya/laptop.

Unknown said...

Kalo menurut ane sih, hape lokal ga banyak bisa diutak-atik, mungkin cuma bisa diroot, tanpa modding cusrom'nya
Btw, nice review sob ^^

The Other Side said...

Benar agan Suaizin, HP lokal kebanyakan susah buat diutak - atik, tapi kalau A7* ini di dah bisa di cusromnya, makasih ya dah mau nyempatin mampir kesini :)

Ifan Qomarudin said...

.: kalo head to head sama android bikinan Smart, ok mana?

The Other Side said...

Ifan Qomaruddinn@ Smart juga banyak mengeluarkan smartphone berbasis android, kurang lebih ada 5 seri lo gak salah, yang 3 merek dari china yakni smartfren andro, andromax, andromax-i, sedangkan merk branded ada galaxy young dan HTC desire VC. Kalau menurutku yang lebih bagus dari Cross A7* dari segi performa dan harga ya smartfren andromax-i, karena selain udah berprosesor dual-core, storage penyimpanan juga besar4GB ROM. kekurangangannya cuma kamera gak ada flash dan GPU nya cukup tanggung yakni adreno 203. Meski bila head to head masalah performa tetap lebih unggul andromaxi-i. Dan bila daerah permirsa tercover evdo dan jarang berpergian keluar kota, andromax-i lebih recomended, tapi lo anda suka berpergian keluar kota ya tak ada salahnya lebih mengandalkan A7 karena jaringan 3.5G GSM coveragenya lebih merata dibanding Evdo untuk saat ini.

Fikri Thufaily said...

keren...

tapi udah dibeli teman ya :) hikz hikz... pengen :D

The Other Side said...

Mas Fikri@ Beli aja yang baru gan, udah murah kuk, cuma 1jt 50rb skrg lo gak salah :)Apalagi yang bekas, lebih murah lagi, disesuaikan budjet aja bang :)

Unknown said...

Bro admind. Ada informasi wat rook andromeda a7* ini gak.....thx...

The Other Side said...

Joko Sugiyanto @ Coba buka link di bawah ini, mudah2an bisa membantu:

http://old.kaskus.co.id/showthread.php?t=14074000

Unknown said...

Gan bisa kasih perbandingan ng... antara cross a7* sm cross a18...

Thank's gan sblum ny....

The Other Side said...

Yudha@ Saya pikir perbedaan sangat jauh untuk A7* dan A18. Untuk saya pribadi lebih memilih ke A7* karena layar udah IPS dengan kejernihan yang luar biasa dan sudut pandang yang sangat nyaman dari setiap sisi untuk brwosing, game maupun melihat video. Dan lagi kamera A7* lebih unggul daripada A18 yang hanya 3,2 MP berdasarkan spesifikasi yang saya lihat di situs resminya. Dan juga GPU A7* memakai Power SGX 531 yang notabene bisa sangat lancar memainkan berbagai game, sedangkan A18 saya tak tau memakai apa, tp kalau menilik harganya yang 700rb yah bisa dipastikan bukan memakai GPU sekelas A7*. A18 hanya menang memory internal yang lebih besar dari A7*. Secara kemampuan dan kenyamanan tetap dipegang oleh A7*. sekian.

Anonymous said...

bro minta tolong bandingin cros a7* vs imo s88, emang si harga nya beda tp klo dr performa gimana???
trims seblmnya....

Anonymous said...

bro minta tolong bandingin cros a7* vs imo s88, emang si harga nya beda tp klo dr performa gimana???
o y ni procienya uda dual core apa blum bro??

Anonymous said...

bos,cross a7*,, untuk hasil kamera efek fotopanoramanya, hasilnya apakah harus diedit lgi menggunakan photosop atau langsung jadi fotopanoramanya???

The Other Side said...

Saya beri penjelasan singkat saja mas bro mengenai perbandingan A7* dan imo s88 kalau menyinggung mengenai performa jelas2 lebih unggul imo s88 discovery. Alasannya, karena imo s88 sudah memakai procie dual-core. Internal lebih besar dan kamera sudah 8MP AF Flash. Oleh sebab itu harga juga selisih 500rb juga wajar. Baik A7* dan Imo s88 sama2 bagus di kelasnya, sesuiakan budget dan kebutuhan saja mas bro dalam membeli smartphone.

Langsung jadi gan foto panoramanya. Tinggal aktifin mode panorama dan saat membidik object sekalian digerakin HP nya, jadi dah.

Anonymous said...

gmn cara flashing nya gan????

The Other Side said...

Maaf gan lum sempat ngeflash, udah keburu di jual :)

end said...

Baru beli semalam,
Overall puas banget ama size (gak kegedean n gak kekecilan), performance (smooth), display (sharp) :)
Thx buat admin atas reviewnya...
Minusnya: defaultnya gadget android, tombol home kalo di tekan n tahan akan muncul multitasking, tapi A7* ane kadang jadi, kadang gak jadi..
Gan admin juga ngalami hal serupa gak?

Anonymous said...

o ya, minta pencerahan ya gan, untuk cross A7* custom romnya gmna? nnti memori internalnya jdi berapa? ngaruh ga Y.. tolong y.. urgent..

Anonymous said...

LUAR BIASA HP INI DENGAN HARGA TERJANGKAU SUDAH BISA MEMENUHI SEGALA KEBUTUHAN PENGGUNA SMART PHONE PD UMUMNYA , KUALITAS TIDAK KALAH DENGAN HP BERMERK DIKISARAN HARGA 2 JUTA - 3 JUTA , LAYAR TAJAM , INTERNET OKE , KAMERA OKE , DESIGN ELEGANT ,FASILITAS LENGKAP ,SAAT INI BISA DIDAPAT DNG HARGA Rp.1 juta dapat 2 baterai + hard cover , Nggak rugi ,puas deh pakai HP ini

Anonymous said...

Pokoke maknyusss , nggak salah Cross Andromeda menyandang gelar top Handphone 2012 kriteria inovasi , bersanding dengan Samsung Galaxy S 3 dll.

The Other Side said...

Anonim @ custom room lengkapnya berkunjung aja kesini gan
http://old.kaskus.co.id/showthread.php?t=14074000

Atau masuk aja ke official di facebooknya, disana lengkap pembahasannya. Kalau mau rubah internal bisa gan, kalau ane dulu minta jasa seseorang gan, internal jadi 1GB, tp ada baiknya microSDnya kelas 10 ya gan yg up to 20mb/sec kaya transcend ultra pa sandisk extreme biar lebih optimal untuk custom roomnya.

End@ Dulu aku lancar gan multitaskingnya :) Tapi punya ane pake yang ginggerbread dulu, soalnya keluaran baru skrg udah ICS.

Yang lainnya makasih udah berkunjung :)

Anonymous said...

ane setuju sama ts nya. ane puas banget sama nih hh. memang sih kekurangannya di memori internalnya, tapi kan masih bisa diakalin, caranya dengan ngeroot dan dipartisi sd cardnya, solved dah. mantap buat cross a7*, dari pertama beli sampe skarang masih maknyus. thx

Anonymous said...

emang mantep ni handphone gan, ane baru megang 2 hari lah sodara ane langsung ngiler untuk bayarin hape cross a7* ini. rencananya ane mau beli lagi ni hape soalnya belum puas otak atiknya, oiya ane beli dapet yang udah ICS gan

The Other Side said...

Wah wah tambah lagi ya pengguna cross A7* hehehe
Emang kekurangan yg menonjol di A7* cuma internalnya aja, lainnya udah ketutup ma performanya :)

Wah wah baru dua hari mau dibayarin saudaranya, temen aku malah udah bayarin punya ane dulu2 gan,hehehe
Yup, keluaran terbaru udah mengusung ICS

Anonymous said...

Untuk tombol utama home /menu/back yg ada dibawah lcd emng ga ada lampunya gan? Jd ge terlihat kalo ditempat gelap, ƏƿƏ emng begitu, kok janggal punya teman ane kmrn baru beli juga di Marina plaza sby seharga 1jt 25rb

Anonymous said...

gan, salam kenal, ane emang tertarik ma nih hh, cmn skr ane lihat lenovo a690, dalemannya sama ma cross a7, malah internal lbih bsar 512mb,harga sama, bingung nih..., trus klo bener cross a7 keluaran terbaru sdh ICS, ane ke nih hh aja

Anonymous said...

Payah bener HP ini internalnya cuman 150 mb download beberapa aplikasi saja sudah hank muncul pesan error memory habis , praktis utk main game game yg butuh memori gede tidak bisa jadi kecewa banget beli HP ini , apa mungkin internalnya bisa diganti dengan yg lebih gede ,bgm caranya ???? tolong sharing disini kalau ada yg sdh bisa ganti internal memory

The Other Side said...

Waduh untuk tombol Home ane lupa gan ada lampu LED nya atau kagak, udah lama gak pegang.Mungkin yg lain ada yg bisa kasih tau?

Setelah saya cek spesifikasi Lenovo A690 di gsmarena dan tabloid pulsa, untuk saya pribadi lebih prefer ke Cross A7* gan dengan pertimbangan ada beberapa hal yang gak dimiliki Lenovo A690 di rentang harga yang sama, seperti dimensi layar A7* lebih besar yakni 4,3inch, sudah mengusung teknologi IPS, kamera sudah 5MP AF beserta fitur panoramanya, A7* mempunyai kamera depan untuk komunikasi jalur 3G, A7* hanya kalah telak dari sisi internal memori oleh A690. Jadi terserah agan menentukan pilihannya mau beli yang mana menanggapi komentar saya.

Mau internal memory lebih besar, bisa gan, caranya di-Root kemudian cuztomisasi Rom nya dialihkan ke micro SD kelas 10 agar internal terbaca oleh system menjadi lebih besar,bisa belajar oprek2 sendiri lewat forum2 yg ada. Atau kalau takut ada sesuatu dengan HPnya karena takut Root sendiri, bisa minta jasa yg sudah berpengalaman.

Unknown said...

gan klo baterainya gmn boros ato gak?
bales ya gan!!!

Unknown said...

klo buat baterai giman gan boros atau nggak? jawab ya gan!!!!!

Unknown said...

TERUS BISA DI ROOT KE JELLY BEAN GAK?

The Other Side said...

Faiz Muhammda @ Baterai gak begitu boros gan menurut ane, tapi ya relative pemakaian user juga kuk :)

Kalau diupgrade ke Jelly Bean ane kurang tahu, tapi ane pernah denger ada yang pernah makai Jelly bean di A7*

Anonymous said...

cara supaya memory interal A7* tidak penuh gimana mas setiap istal game full storage

Anonymous said...

gan ane mau nanya apa benar crossa7* bisa ke ics? mohon pencerahannya soalnya ane mau beli tapi masih bingung

The Other Side said...

cara simple agar storage gak cepet penuh adalah download aja app2sd, trus lo dah keinstall buka aplikasinya trus pilih all movevable all apps ke microSd, cara diatas sedikit membantu mengatasi masalah ruang simpan yang sedikit, cara kedua, yang kurang simple tp efektif, harus di root dan setelah itu bisa buat custom rom sesuka hati, semisal ingin bikin custom Rom sebesar 512MB gak masalah, bisa minta jasa rooting di gerai - gerai HP yang terpercaya gan.


Agan mau beli A7*??? Dari dulu A7* bisa banget gan dibajuin ICS, apalagi keluaran baru udah resmi dikasih OS ICS 4.0.4 dari Crossnya. Harganya pun denger2 udah dibawah 1juta :)

Anonymous said...

Tapi GPS ada yang gak mau nge-lock ke satelit bro .... (Beberapa kasus sih) overall HH ini cukup bagus buat kantong tipis kok.

The Other Side said...

Aduh, ane jarang pakai GPS jadi masalah ngelock apa kagak termasuk newbie :) tapi kebanyakan ane baca di forum kaskus pada bilang bagus GPS-nya untuk diajak berpergian.
Wah - wah, karena harganya sekarang udah murah pada dibilang pas buat kantong tipis,hehehe :D

Unknown said...

tnks bwt info y, w br beli tp knp ya mw dwld app y aja erorr .. tolong bntuan y donkkk msh gag ngrti sm klebihan y heheh mhon y bang arief

Qar_1 said...

di root jd lega memori internalnya pake app link2sd,mo tau lbh bnyk gbng ana di group fb

The Other Side said...

Ikah syariff @ biasanya masalah kartunya mbak Ikah lo error download lewat playstore, dulu pernah temen ane error downloadnya pake kartu 3, tapi setelah diganti pakai kartu tri punya aku lancar jaya dan saat kartu tri temenku aq coba ke punyaku, ternyata ga bisa juga, emang masalahnya pada kartunya. Begitu mbak Ikah setahu ane :)

Qar_1 @ makasih sudah berkunjung dan ikut nimbrung bantu menjelaskan bang :)

Anonymous said...

dwonload fl comando bisa tapi pas mau jalankan game ypu may not purchase maksudnya apa ya mas

The Other Side said...

Waduh, kuk ada tulisan may not purchase segala ya, pdhl FLcomando termasuk kategori Free. Harusnya lancar gan, punya ane dulu lancar gak da masalah :)

Unknown said...

Kalau root nya, mnta linknya donk..
Biar bisa di root...

The Other Side said...

Liem Checan @ Coba masuk sini gan, barangkali membantu
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000014074000/

Unknown said...

Saya menggunakan cross a7star problem di memori internalnya,terlalu kecil.Saya sudah pasang aplikasi 2sd,bagaimana caranya aplikasi yg diunduh langsung bisa masuk ke ekternal memori.Tolong bantu dong.Terimakasih.

The Other Side said...

Soen Toro @ emang app2sd gak begitu banyak membantu bang Toro. Kalau ingin benar2 semua aplikasi masuk ke eksternal, jalan satu2nya harus di root agar dapat membuka akses menyimpan ke dalam eksternal memori. Bisa menggunakan jasa root di konter2 atau service centre yang terpercaya bang, paling bayar antara 25-50rb, 1 jam jadi.

Unknown said...

ane bru beli ni hp dalam keadaan os ics.
kok jrgan hsdpanya gag bsa dgunakan kalo edge lancar jaya, biasanya di nokia 500 ane mw dmanapun hsdpanya juga lancar.
malah ada yang aneh pas ane pili mode hsdpa only malah yag terjadi gsm.
tpi pas pilih gsm only malah hsdpa.
trus spekernya suka mati ndiri kadang di ketuk2 dlu mw hdup.
kalo masalah jrgan hsdpanya apa bisa diatasi dgn cosrom ato dkmblikan ke gb? mhon pencerahannya.

The Other Side said...

Jaringan gak ada sangkut pautnya dengan cusrom gan. Coba langkah pertama kembaliin aja ke setelan ulang pabrik. Kalau jaringan HSDPA nya masih gak stabil dan dan speaker kadang mati sendiri, lebih baik bawa ke service centernya gan atau toko dimana agan beli, siapa tau lo stok ada langsung direplace.Dan ada baiknya, dicoba dengan kartu lain yang sinyal 3G-nya kuat di daerah agan.

Anonymous said...

bbuta miss ripleys yang kata katanya ikut denger dari temen,,,yg namanya cross apakah semuanya jelek kualitas,,,kalau beli yang murah tetapi lebih sesuai kebutuhan juga gpp kan???hanya pikiran kolot saja yang gag berani nyoba sesuatu,,,toh belum juga tahu speknya,,,punya adeg saya hp nya jatuh berulang kali malah lebih awet daripada nokia saya

Anonymous said...

Gan, kalau dibandingin ma andromax-u gimana?

The Other Side said...

Anonim @ hehe sabar bro, setiap orang punya pemikiran dan pendapat masing - masing kuk. Perbedaan pendapat itu wajar kuk :) Memang sekarang ini produk lokal gak bisa dipandang sebelah mata. sesuai harga pun juga lebih cocok bagi masyarakat indonesia. Meski begitu merek branded pun juga punya kelebihan tersendiri meski harus mengeluarkan biaya lebih daripada produk lokal. Memang betul kata agan, semuanya kembali ke kebutuhan kita masing2. Membeli barang paling bijak adalah disesuaikan dengan kebutuhan :)

Gimana ya kalau ada yang tanya jika dibandingin dengan andromax U? Saya hanya bisa menjawab perbedaannya sangat jauh. Andromax U sangat superior spesifikasinya dibanding cross A7* Harga pun selisih 500ribu. Dan denger - denger ketika membaca pulsa edisi awal april kemarin, harga andromax U melonjak menjadi 2,1 juta karena kelangkaan barang. Berkaca pada kesimpulan diatas, maka membeli barang disesuaikan kebutuhan saja. Kalau hanya untuk media sosial, email, browsing dan beberapa game, A7* sudah cukup untuk menghandle. Tapi jika maniak game dan fotograpi, Andromax U bisa jadi pilihan meski dibayar dengan harga lebih mahal.

Anonymous said...

jazakallahu khoir infonya gan.

lanjutkan. nice review.

Reza
fb.com/reza.palavi

The Other Side said...

Makasih agab Reza udah mau berkunjung :D

Anonymous said...

bos a7* bisa buat pes 2012 hd gak?

The Other Side said...

Bisa bangetttt gan :)

Anonymous said...

Agan Arief maaf ane mau nanya,maklum nubie...klo cross a7 dikembalikan kestelan pabrik,itu pengaruhnya gmana ya,apa akan baek2 aja?kgak akan jdi masalah,ditunggu tanggapannya ya gan, thanks!

The Other Side said...

Mengembalikan ke settingan pabrik berarti mengembalikan pada keadaan semula, seperti halnya agan membeli HP baru, dalemannya masih kosong dan perawan, belum dikasih neko2. Gak ada masalah gan klo mau ke settingan awal pabrik. Yang harus diperhatikan adalah data yang penting dibackup dulu agar gak ikut hilang.

Dik shinoda said...

kayaknya bagus, tapi masih gmana gitu kalo sama hp lokal :D

The Other Side said...

Bang Dhik Sinoda @ hehehe, emang secara fitur yang ditawarkan, produk lokal udah enggak menyandang kalimat keraguan "kayaknya bagus" tetapi udah paten menjadi emang bagus, dan secara performa yang ditawarkan dengan harga yang lebih murah, malah lebih bagus daripada produk Branded. Nah, kata kayaknya bagus lebih baik diganti menjadi bagaimana daya tahannya? itu lebih cocok untuk keraguan terhadap produk lokal kebanyakan. Memang kalau ditilik secara kualitas ketahanan, produk lokal masih dibawah branded dengan diamana merek branded melakukan pengujian yang ketat terhadap produknya. Meski begitu, selama aku memakai A7* dan juga teman2 aku yang masih memakai-nya selama ini, belum pernah ditemui kendala apapun kuk, bahkan jatuh berkali - kali pun dan dioprek - oprek ini itu tak ada pengaruh yang berarti :)

Unknown said...

Gan Arief cara membedakan A7 dan A7* gmn gan? kalo beli second, trus yang udah ICS itu ngeceknya gmn, maaf gan saya nubie, mohon pencerahan gan, mkasih

The Other Side said...

kalau A7 biasa procienya masih make arm v6 650mhz gan, kalau A7* udah arm v7 1ghz. Masuk di pengaturan aja gan, pilih info ponsel, ntar ada jenis android yang dipakai versi berapa. Dan kalau masih bingung semuana, lihat di kardusnya aja, biasanya ada tulisan A7 dan A7* kalau belinya di konter tinggal tanya penjualnya aja :)

Anonymous said...

harga sekarang berapa bang arief(daerah sleman)???

Anonymous said...

klo sama andromax-i bagusan mana??? Coz di tempatku evdo dapet full

The Other Side said...

Harga 1juta 50ribu terakhir ane denger, itu belum dinego,hehe. Kalau menurut pribadi, ane lebih milih Cross A7 gan. Tp klo sinyal agan evdonya full, gak masalah pakai andromax-i juga bagus kuk.

Anonymous said...

kalo biaya upgrade os dan upgrade rom berapa gan,??

fasty18 said...

knp yg saya karn sering di kembalikan ke setelan pabrik daya internetnya berkurang..hinga sekarang

fasty18 said...

jaringan H.G.3G.E
seperti gak berfungsi

The Other Side said...

upgrade OS dan root + custom rom sekitar 50ribu gan

waduh, ane gak tau gan lo itu, punya ane dulu setel pabrik berulang2 gak masalah, coba ganti operator lain paket sehari aja, ada perbedaan pa kagak, lo gak ada perbedaan berarti ada masalah gan pada A7 nya

Unknown said...

kalo cross a7* vs cross a28 bagusan mana dari segi apapun juga, pastilah ada kekurangan dan kelebihan di masing2 nih andro , tapi setidaknya menurut agan masih bagusan mana, makasih sebelumnya, sy suka banget kalo ngikutin masalah ando, hehehhehe

hansen said...

gan bisa mintak link game nya gg buat andromeda a*7 nya...??need bls ..hehehe

The Other Side said...

Galuh Rahmawati @ Kalau ditanya menurut saya pribadi, saya lebih suka Cross A7*. Terlepas dari kekurangannya dari A28 yakni posesor yang belum dual-core dan internal yang sedikit, namun Cross A7* udah disematkan layar 4,3inch teknologi IPS yang bisa bikin saya berlama2 browsing di internet, tidak membuat mata sakit dan juga kamera 5MP sudah cukup bagus buat menangkap banyak moment buat diabadikan.

Hansen @ http://www.iqbal244-android.com/ saya biasanya download game apapun dari blog yang ane kasih tautan di atas gan. Gak semua game jalan di A7*, lihat2 dan kira2 aja spesifikasi game yang mau dimainkan berat atau kagak. semoga membantu gan :)

Anonymous said...

gan, ente tw harga cross a7* ter-update untk daerah surabaya gk???

Anonymous said...

Gan apa benar memori internalnya udah 4 gb, hrg nya skr jadi 1.070.000 ini link nya http://www.berniaga.com/Cross+a7+dual+core+ics-13501017.htm

The Other Side said...

Waduh, di Surabaya kurang tahu gan :D Kemungkinan udah gak keluar lagi, coz generasi terbaru A7S dan A7# udah keluar :)

Kalau link yang anda kasih itu Cross A7#, bukan A7*. Cross udah mengeluarkan generasi penerus A7 A7* yakni A7S dan A7#. Baik A7* dan A7# sama - sama meliki memori internal 4GB.

Unknown said...

Gan, A7* Gw udah banyak app yang di instal kaya go launcher, go locker ditambah game awalnya lancar2 aja, tapi makin sering dipake makin sering juga muncul peringatan "Low On Space" yang artinya Internal Storage nya FULL.. Gw harus CLEAR DATA lagi dan setting Go Launcer nya Lagi, Game nya juga harus mulai dari awal lagi..
Dan cara yang gw dapat adalah dengan mengUNINSTAL sebagian besar app yang gw punya, tapi "Low On Space" nya masih akan muncul nantinya
Apa sih masalahnya ? Dan gimana solusi yang lebih baik buat ngatasinya ?
Mohon pencerahannya Gan....

The Other Side said...

Richie @ Buat agan Richie, sebenarnya itulah permasalahan utama pada cross A7 maupun A7* yakni memori internal yang kecil. Seperti kita tahu, semua aplikasi yang terinstal di android tiap minggu pasti akan ada banyak update dan juga bila aplikasi itu terhubung di internet pasti juga akan menambah cache, sedeangkan untuk game, data juga akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya save data yang kita simpan. Karena semua itulah, penggunaan internal memory akan semakin bertambah, dan sayangnya internal memori milik A7/A7* sangat kecil jadi kita bakal sebal dengan adanya peringatan low on space. Untuk mengatasinya silahkan agan cari jasa root dan custom rom di kota agan yang sudah ahli agar membuat internal memory A7/A7* jadi lebih longgar.

Unknown said...

ok, gue akui ini HP baguus

hehe

ada yang jual kagaa ? haha

Anonymous said...

Kalo yg A7s gmn gan? Bagus nggak sih? Pengen beli msh ragu nih, maklum nubie...apa internal storagenya jg kurang gan? Tks,,

The Other Side said...

Ruiz Sobarudin @ Kalau yang jual banyak gan di counter - counter ma Via FJB online :D

A7s Sangat bagus sekali gan,bisa dibilang 2x kemampuan A7*. Soal internal strorage udah lega, A7s internalnya 4GB gan. Gak perlu root - root segala.

Unknown said...

Ak mau tnya nie.. hardcase a7 yang 8 mp itu bisa di buka gak yh?.. soalnya mau ku copott... mkasie:)

Anonymous said...

mas, untuk baterainya sejauh inu gmna? awet ga? tkx

Anwar S. said...

Perbedaan a7*,a7# dgn a7s apa y mz?Mnding plh yg mna?

The Other Side said...

Jessie @ Sepertinya bisa mbak, soalnya dulu tak liat ada pengaitnya di belakang casingnya.

Untuk baterainya, sepanjang saya memakai HP cross, baterainya termasuk awet gan, gak pernah alami keadaan bermasalah. Kalau soal daya hidupnya, tergantung penggunaan, kalau di tempat agan dapet sinyal HSDPA dan makai 2 kartu serta aktif berinternet, daya hdiupnya juga pasti boros mengingat A7* hanya dibekali 1450Mah

Anwar S@ perbedaannya banyak, saya ringkas aja kalau A7* masih singgle core, A7s dan A7# udah dual core, spesifikasi A7# dan A7s sama, namun A7s lebih unggul di layar yang lebih besar 4,5 inch" dan resolusi qHD. Disini A7s menang mutlak dari kedua saudaranya.

Unknown said...

met siang gan,,,ane pengguna cross a7#,,,soal performa bgus bgd,,cuma layar sdikit kurang sensitive aja,,,,btw yg ane mau tanya,,ane mau beli cross a7* nih,,,tapi model lama gan,,,os nya masih gingerbread,,,ane mau tanya apa bisa cross a7* yg skarang os nya masih gingerbread bisa di upgrade ke ics( ice cream sandwich) trims gan,,,harap pencerahan nya ya agan" thanks

The Other Side said...

Herdi Tyo @ Cross A7* generasi yang ke-dua udah ICS kuk gan, sama halnya A7s yang versi dua juga udah jelly bean :)

Unknown said...

Numpang nimbrung ni gan...gw pnya cross A7 tp dr awal gwe bli untuk sim 2 ga bsa aktif sih...tolong pencerahanya theks

The Other Side said...

Trimo TK @ Masuk di pengaturan gan, Pilih dual - SIm on. Atau cek kartu perdana GSM yang dimasukin ke slot SIM-nya udah bener atau salah, ada petunjuk gambar kecil di deket slot SIM posisi yang benar memasukkannya. Kalau kedua caras diatas gak bisa, coba direstart pengaturan pabrik, dan kalau hasilnya tetep gak bisa, jalan terakhir ke service center gan dengan menggunakan kartu garansi.

Jack Randy said...

Cross memang produk lokal,.tpi kinerja dan performa ponsel ini sangat baik,,punya saya cross a26,.mampu memainkan game2 3d high definition,.apalagi untuk sekedar browsing,performanya sangat bagus,,koneksinya cepat,.apalagi klo menggunakan wifi,ok banget..fitur dan aplikasi yg dibenamkan pada cross android,gak jauh beda sama samsung,..cross boleh dibilang murah tapi gak murahan lo,.silahkan dibuktikan sendiri.

Jack Randy said...

Perlu diketahui, OS android produknya google,.jadi akan lebih mudah mendownload aplikasi atau game menggunakan akun gmail,..

The Other Side said...

Jack Manado @ Salam Crosser ( sesama pengguna Cross )ya Bung jack yang ada di manado :)

nicovanbasten said...

pas gw baca komen2nya pada lucu2 ya ;D

ribet2 banget,tinggal dibeli ini hape trus minta diroot sm konter hapenya lgsg! klo gak bisa ngerood ,tanya sama gw aja! hapenya pasti jadi superior! haha..... promosi.

Anonymous said...

Wah emang menarik nih. Kbeneran gwa juga blom punya android.gini bos bulan kmaren kan ada cross A7s baru kluar,kayanya udah cocok bener nih ya harga ya spek.yg bikin bingung pas liat liat ol shopping,kok ada yg bilang kaya gini bos: punya saya masih hd gan.gwa jadi bingung emang bisa gitu satu merk beda resolusi layar?kok bilang 'masih hd' sgala?gw jadi bingung nih bos.mohon pencerahan thx

The Other Side said...

Nicovanbasten @ nah nih ada agan vanbasten yang siap bantuin masalah Root,hehe :)

Anonim @ hehehe, kalau satu merek emang bisa beda resolusi soalnya banyak serinya, tapi kalau satu Seri tetep sama resolusinya dan gak bakal beda. Semisal seri A7* A7# itu resolusi masih WVGA, sedangkan A7s udah Qhd. Gak mungkin kita menemui ada yang sama - sama punya seri A7s tapi berbeda resolusi. Sekarang keluar lagi A7s yang hello kity gan, lebih imut,hehe.

izham said...

makasih gan atas reviewnya...

Endrayatno said...

mas, cara mengembalikan pengaturan pabrik gimana ya. soal nya banyak system saya yang kehapus, seperti systemui.apk nya. untk status bar dan notifnya pada gak ada hilang smua. cara mengembalikan nya gimana ya. saya pake cross A7s. mohon pencerahan nya

The Other Side said...

Endrayatno @ Masuk di setelan trus pilih buat cadangan dan setel ulang gan :)

Unknown said...

Mau tanya nih hpku kan cross A7, bateerai cadangannya emang 2 tapi udah pada gemuk semuatuh baterai, terus aku cari" yang ada pada model hpku baterainya 4L-C tapi ngga ada di counter".
yang ada baterai jenisnya yang A7S, bisa nggak ya baterainya A7S dipake di A7 ?

Unknown said...

Gan mau tanya nih, hapeku cross A7 baterainya uda gemuk, aku cari model yang 4L-C nya A7 nggak ada
yang ada mah punya nya A7S, bisa ngga ya baterai A7S dipake di A7 ?

The Other Side said...

Dafi Rizki @ lah, kenapa gak dicoba gan baterai A7s nya pas di counter? Kalau di jogja sih boleh dicoba baterainya, kalau gak cocok ya gak sah beli. Aku sih nggak tau cocok apa enggak-nya ya, tapi ada kemungkinan cocok. Soalnya dulu aku pernah punya HP Nexian yang baterainya pas buat dipakai di HP Nokia N70 ME punya ayahku.

Unknown said...

mas Arif mw nanya dunk, aku pake cross A7* sebel bgt ma memori internalnya, itu kalo di root katanya externalnya bakal ga boleh di lepas? aku mau root tapi aku gak mau kalo history coversation di whatsapp jadi hilang, and pengennya di root tp externalnya tetep bisa di lepas dan di pindahin ke hp laen, jd history conversation di whatsapp ttp bisa di pindah di hp laen. bisakah?

oh ya? kalo dikembalikan ke setelan pabrik, history conversation di whatsapp yg udah di back up bakal muncul lagi ga ya? thanx :)

Unknown said...

mz blh minta nomerx ga/hpq cross a7* lagi masalah ni.sms sy dunk 08970310707

Unknown said...

mz arief blh minta nomerx ga mau minta tlh hp cross a7* sy brmasalah.soalx sy gaptek mz.ni nomer sy 08970310707

id card murah said...

terimakasihinformasinya

The Other Side said...

Ramadha ny @ iya kalau di root emang Micro SD gak boleh dilepas soalnya semua applikasi masuknya kesitu. kalau backup conversation whatsapp bisa kuk dimunculin di hp lain asal ada file backup di microSDnya, tetapi kalau mau aman bisa dibackup lewat email, ada pilihannya bisa dicari sendiri di menu setelan chat

Martha Yunita @ waduh, sementara hanya menanggapi di kolom komentar saja mbak Martha :)

ID card murah @ terima kasih kembali :)

The Other Side said...

Ramadha ny @ iya kalau di root emang Micro SD gak boleh dilepas soalnya semua applikasi masuknya kesitu. kalau backup conversation whatsapp bisa kuk dimunculin di hp lain asal ada file backup di microSDnya, tetapi kalau mau aman bisa dibackup lewat email, ada pilihannya bisa dicari sendiri di menu setelan chat

Martha Yunita @ waduh, sementara hanya menanggapi di kolom komentar saja mbak Martha :)

ID card murah @ terima kasih kembali :)

Unknown said...

Mas, aku pakai a7#, ko setiap mau download google play services di playstore pasti tulisannya error 'incompatible......' itu kenapa ya? Udah aku uninstall update-an playstore nya trus donlot update playstore nya juga begitu terus-_- makasih.

The Other Side said...

Reinaldhi Adriano S @ Udah dicoba download pakai kartu lain gan? Kalau masalah download biasanya cuma terjadi pada kartu Tree 3 saja karena proxynya lum diilangin, dan kartu lain kebanyakan normal. Tapi kalau memang masalahnya di gadget coba agan instaall pabrik dulu.

Anonymous said...

Bang api kok setiap game nya ke memori internal gak muat gan memorynya ada saran?

#may

Anonymous said...

CROSS A7* sangat mantab. Bentuknya aja udah garang yaitu kotak. Punya ane udah di root, trs upgrade ke ICS (meski bisa ke JB takutnya ROM nya makan banyak memori internal), cusrom Experia dan pasang aplikasi link2sd. Buat main game contract killer 2 yg kapasitasnya memorinya gede gag ada masalah. Ke depan lagi mau berburu mikro sf kapasitas 32 Gb class 10 biar maknyusssss..... :v

The Other Side said...

May # memang kelemahan Cross A7* generasi pertama ini adalah memori internal yang kecil, jadi kalau mau instaal game lebih baik download APK dan Datanya yang terpisah. Cara install-nya bisa diliat di blog - blog, sudah banyak yang mengulasnya :)

Wah - Wah nih salah satu user Android yang kreatif, jadiin Cross A7 nya super garang. Kalau bisa bikin blog gan, bikin tutorialnya buat permak tu A7* jadi garang seperti punya agan, hehe :)

Jhonthit said...

pengalaman yang sudah pakai gmn nih, boleh di share dong

The Other Side said...

Jhontit @ wah mas Jhontit kalau mau lihat pengalaman pemakai bisa langsung ke official facebooknya mas, disana banyak yang share :) Setahuku ini HP legenda, bandel pokoknya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...