Monday, November 11, 2013

Bermain Game Menggunakan VGA HD 4850 1GB DDR5 256Bit

Bagi orang awam yang tidak mengetahui apa itu VGA, maka akan saya jelaskan bahwa VGA (Video Graphic Adapter) adalah sebuah komponen yang dipasang di dalam sebuah komputer baik desktop maupun laptop yang bertugas untuk menangani di sektor grafis. Semakin bagus VGA yang tertanam pada sebuah komputer maupun laptop pada dunia kerja, maka akan sangat cepat proses render dalam hal membuat desain, arsitektur, permodelan 3D, efek pada sebuah film dan lain sebagainya. Yang akan saya bahas disini adalah di sektor game dengan menguji kekuatan dari VGA berchipset AMD dengan seri HD 4850. Kalau untuk tablet maupun smartphone, VGA dalam hal grafis biasa kita sebut sebagai GPU (Graphic Prosessing Unit ) semisal Adreno, Power SGX, Mali-400, DLL. Perbedaan VGA atau GPU pada komputer dekstop maupun pada laptop dan gadget adalah pada desktop VGA ini berbentuk komponen dijual terpisah, sehingga kita bisa mengganti dengan seri yang lebih bagus sesuka hati kapanpun dan dimanapun. Sedangkan untuk VGA dan GPU pada laptop dan gadget serta smartphone sudah menjadi satu dengan mainboard utama, sehingga tidak bisa digonta - ganti sesuka hati. Andai seseorang menginginkan kemampuan grafis yang lebih bagus dalam hal memainkan game maupun proses render, maka seseorang yang memiliki laptop maupun gadeget serta smartphone hanya mempunyai sebuah alternatif yakni membeli laptop atapun gadget yang baru dengan spesifikasi lebih bagus. Sedangkan para pemilik komputer dekstop tak harus dipusingkan dengan membeli keseluruhan komputer baru demi untuk mendapatkan kemampuan grafis yang lebih baik. Karena pemilik komputer dekstop dapat mengganti VGA mereka kapan saja dan dimana saja sesuai selera.

Vga yang akan saya uji ini milik saya sendiri. Vendor yang mengeluarkan adalah Digittal Alliance dengan seri HD 4850 1GB DDR5 256Bit. Sedikit cerita mengenai VGA 4850 ini bukanlah kategori VGA keluaran baru. Vga ini bisa dibilang udah jadul. Pertama kali dikeluarkan pada tahun 2009. Saat pertama kali dikeluarkan memang seri 4850 dan saudaranya 4870 menjadi raja dalam hal memainkan game pada masanya saat itu. Harga saat pertama kali dikeluarkan hampir menyentuh angka 3juta. Benar - benar sangat mahal dan saya saat itu hanya bisa gigit jari ketika mengunjungi pameran komputer saat melihat parade VGA 4850 dan 4870 yang dipamerkan di etalase kaca. HD 4850 keluaran pertama hanya menggunakan memori DDR3 saja. Kebanyakan saat itu masih 512MB memorinya, dan jarang - jarang ada vendor yang memberi kapasitas 1GB. 

Pada pertengahan 2012 kemarin, nama HD 4850 muncul kembali di pasaran. Memang menghenrankan VGA yang terbit di awal tahun 2009 kemudian mewujudkan dirinya kembali di tahun 2012 yang seharusnya bukan masanya karena VGA - VGA dengan seri yang lebih bagus sudah bertebaran dimana - mana. Namun setelah saya cek, ada perubahan pada spesifikasi. VGA HD 4850 yang keluar di awal tahun 2012 ini sudah memakai DDR5 yang notabene lebih kencang daripada DDR3. Bisa dibilang HD 4850 yang keluar di pasaran pada awal 2012 kemarin adalah remake dari HD 4850 yang versi lama dengan sedikit penambahan performa. Dan lagi, harga yang ditawarkan hanya 750 Ribu Rupiah saja, terpaut jauh dengan harga edisi perdana-nya yang hampir menyentuh angka 3 juta pada tahun 2009 silam. Mengetahu hal itu, karena moment-nya juga pas, karena pada saat itu aku juga ingin mencari VGA untuk bermain game, maka saya memutuskan untuk membeli seri HD 4850 keluaran 2012 ini. Banyak merek yang menawarkan HD4850 terbaru ini seperti Powercolor, Digitall Alliance, Biostar, Xfx, His, DLL. Pada tahun 2009 dua seri HD 4850 dan HD 4870 adalah kategori VGA High-End pada era itu dan 4870 X2 yang merupakan jawara menempati predikat Enthusiast. Jadi meski kategori VGA jadul di tahun 2012 saya tetap menjadikannya pilihan untuk dibeli karena faktor harga yang tidak mahal dan juga kemampuannya masih bisa bersaing dengan VGA terbaru di kelas Mid-END di tahun 2012 dengan harga yang lebih mahal. Lalu bagaimana dengan kemampuannya menjalankan game terbaru keluaran tahun 2013 ini? Kita bisa lihat hasil test benchmark-nya dibawah :

Rig Komputer yang saya pakai :
Prossessor AMD Phenom X4 B45 3,1 Ghz
Mainboard Biostar TA880GB+
Ram Apoogee Heatsphreader 4 GB PC 10600
Seagate 1 TerraByte
WDC Green 1 TerraByte
Digital Alliance HD 4850 1GB DDR5 256Bit
DVD-RW Lite-On 
Soundcard Asus Xonar DG 5.1
PSU Amacrox FreeEarth 500Watt 88+ Silver
Case Simmbadda SimColl
LED AOC 19inch e950SWN
Speaker Edifier M1380
Windows 7 Enterprise 32Bit Sp1

Spesifikasi HD4850 menggunakan aplikasi GPU-Z :


Index Score pada Windows 7 :


Tes Game Street Fighter degan ALL setting Maksimal :




Game Street Fighter 4 adalah game arcade yang keluar pada tahun 2009. Game ini sendiri disponsori oleh Nvidia. Sebagai mana kita tahu Nvidia adalah pesaing utama pembuat chip grafis dengan AMD. Jadi pada tahun - tahun dulu dominasi game kebanyakan disponsori oleh Nvidia, jadi bagi yang memainkan game yang disponsori oleh Nvidia menggunakan VGA berchipset AMD maka kinerjanya tak akan sempurna. Meski begitu, di setting maksimal, VGA HD 4850 keluaran baru ini mampu menyandang Ranking A dalam benchmark.

Tes Game Dirt Showdown (2012) ALL setting Ultra :





Dirt Showdown adalah game balap buatan codemaster. Seperti yang kita tahu game balapan besutan codemaster pasti menampilkan visual grafis yang bisa dibilang keren. Dirt Showdown adalah game keluaran pertengahan tahun 2012 dan HD 4850 tak menemui masalah dalam hal memainkannya dengan setting mentok Ultra dan resolusi Full 1388x768.

TOMB RAIDERS (2013) All Setting Maksimal :







Game Tomb Raider memang bukanlah judul baru. Game ini sudah ada lama dan pernah difilmkan yang dibintangi oleh Angelina Jolie. Di tahun 2013, Square Enix pengembang yang biasanya mengeluarkan judul game Final Fantasy kali ini menggarap dengan epik petualangan Lara Croft di Tomb Raider 2013. Meski game ini direkomendasikan untuk VGA direct 11, namun HD 4850 yang masih mengusung Direct 10.1 masih bisa memainkannya dengan setting maksimal dan tentunya masih memakai direct 10. Game Tomb Raider 2013 bisa dikategorikan game berat karena visualisasinya yang luar bisa dalam menggambarkan lingkungan alam dimana Lara Croft akan berpetualang dan berjuang hidup.

Kesimpulan : Bagi saya HD4850 meski jadul namun sudah dipermak ini masih mumpuni untuk diajak bermain game. Meski game itu keluaran terbaru sekalipun dengan setting maksimal dan dengan syarat game itu tidak mengharuskan dimainkan khusus hanya dengan direct 11 karena HD 4850 masih menggunakan direct 10.1

14 comments:

Putri Sukoco said...

kunjungan perdana, ada banyak games2 android full version FREE DOWNLOAD, ditunggu kunjungan baliknya, slam pershabatan

Muh Hendrik said...

Yang biasa ngegames nie pasti VGA cardnya double. Mantep soalnya :D

Arief W.S said...

Putri Sukoco @ iya sama2 ya putri :) mari saling berkunjung :)

Muh Hendrik @ Wadawh, bisa dimarahin ortu tuh vga double, boros listrik bang,hehe :D Mending cukup satu aja tp kategori high-end :)

darkerfun said...

Yg tomb raider tu pada screenshot, V Sync-nya OFF.
kalau maximum setting "berdarah-darah" mungkin lebih berasa max jika V Sync-nya ON. Atau V Sync dipaksa dari kartu grafis?

Elfrida Chania said...

pingin banget upgrade VGA, tapi masalahnya belum ada dana haha :D *malah curhat

Arief W.S said...

Darkefun @ Setahuku V-sync cuma nenperlahus tampilan deh bang, jadi kalau VGA kita udah bisa setting Ultra dan AA sama AF mentok 8x dan 16x, dirasa V-sync tak perlu dihidupin bang toh gambar dah ciamik banget, apalagi kalau setting Ultra-nya dengan direct 11, woowww, gak nahan tampilannya :D Tapi kalau emang spesifikasi komputer user super gahar, ya tak masalah kalau fitur v-sync diaktifkan dan setting ultra + LED nya udah teknologi IPS, luar biasa, gak bakal keluar kamar deh. Jadi kalau emang gak terlalu perlu, V-sync gak harus diaktifin toh bebannya berat di VGA kita bang. Ane baca review2 dari media2 bonafit juga kalau tes VGA di setiap game V-sync juga hampir kebanyakan dimatikan.

Elfrida Chania @ wwooowww neng Frida punya VGa juga? Jadi pingin tahu VGa-nya kepunyaan Neng apa serinya? Toh seumur2 baru kali ini denger cew minat ma grapic card :D Yah sabar kalau menyangkut soal dana neng Frida, toh ane juga nabung pelan2 kuk buat beli VGa diatas :)

Yohanes Bambang Heru Cokro said...

Selamat pagi,

Mas, mohon saran saya ada masalah dengan vga card saya. Saya baru beli Sapphire hd4850 1gb-256bit. Tapi kenapa banyak game yang tidak bisa dimainkan (mis: Air Strike) ? Saya sudah instal semua driver.Tapi anehnya, kalo saya lepas VGA cardnya, justru malah bisa dimainkan ? Saya sudah tanya ke penjualnya, dijawab VGA tidak support dengan game2 tsb. Benar gitu ?? Terima kasih

Spek komp saya :
Mainboard : ECS, processor: G2030, Ram: 2gb, OS : Windows 7

Arief W.S said...

Yohanes B @ Air strike tu game lama ya mas, tahun 2003 - 2006 keluarnya dari beberapa seri, bener??. Sepengetahuanku harusnya bisa sih mas. Ketika saya memakai generasi baru VGA gtx 650ti pun saya memainkan game yang lebih jadul seperti age of empire, rise of nation, warcraf 3, gak ada kendala yang ditemui. Begini aja, kalau ada temen, bisa dicoba vganya di Rig temen dan install air strike, apabila di sistem teman bisa jalan, berarti bukan karena vganya.

Unknown said...

Bang Klo yg hd 4870 1gb ddr5 256bit kuat gk buat maen gta 5 sma COD black ops 3 .? Or dpt settingan apa ya.? Thx

Arief W.S said...

Secara spesifikasi, HD 4870 seharusnya sanggup jalanin GTA 5 sama Black Ops 3 gan, meski bukan setting maksimum. Tapi perlu diperhatikan apakah GTA 5 dan Blackops 3 memakai hanya direct 11 saja? kalau iya, berarti HD 4870 yang notabene secara spesifikasi mampu menjalankan requirement minimal kedua game diatas gak akan berguna buat kedua game diatas jika keduanya memakai direct 11, soalnya HD4870 masih mengusung direct 10.1

Gunawan Aditya said...

min, tolong kasih saran dong, apakah vga DA HD4850 cocok ??
Spesifikasinya PC saya :
Intel Pentium G630 2.70 GHz Dual Core 3MB Cache
4GB RAM DDR3 1333MHz single channel
HDD 250GB
MoBo MSI H61M-P31 G3
dan saya masih pakai Intel HD Graphic (alias OnBoard)
tolong dijawab ya min :)
sebelumnya Terimakasih yaa :)

Kuncung said...

sory gan tanya diluar topik, saya ada vga msi gtx 260 twinfrozr oc dengan 2 pin 6 saya coba nyalakan malah power saving mode tampilan dimonitor, (tapi psu abal2)
sebelumnya pake vga hd 4550 512 mb fine2 aja, saya ganti malah power sving
mohon bantuannya gan
suwun

Khandava Mulyadien said...

Gan kalo ada yg jual vga gini email ane skrg juga mau beli ane hehe

Khandava Mulyadien said...

Gan kalo ada yg jual vga gini email ane skrg juga mau beli ane hehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...