Monday, September 16, 2013

Cross A88, Quadcore Dengan Harga Yang Merakyat

Dalam review - review yang ada dalam blog saya ini kebanyakan HP yang saya review berasal dari meminjam teman maupun saudara apabila ada yang berkenan. Dalam setiap review yang saya lakukan, ketika memegang smartphone milik orang lain, jarang biasanya ada rasa tertarik terhadap smartphone itu sendiri. Alias setelah selesai mereview sebuah smartphone, meski smartphone pinjaman itu lebih bagus dari punya saya sendiri, tapi tak timbul ketertarikan apalagi hasrat untuk berganti smartphone. Beda halnya ketika saya mendengar Cross mengeluarkan seri terbarunya A88. Saya tak harus menunggu ada teman maupun saudara yang memilikinya untuk saya pinjam dan review singkat, tetapi saya langsung dengan inisiatif sendiri menjual smartphone lama saya di forum jual - beli online dan langsung dengan tambahan uang sendiri membeli Cross A88. Kenapa sebegitu tertariknya saya dengan Cross A88 ini? Jawabannya karena Cross A88 ini sudah dibekali prosesor Quadcrore yang kecepatan clock-nya mencapai 1,2Ghz. Yang belum tahu dan awam apa itu Quadcore, itu adalah sebuah otak yang berjumlah 4 inti yang terdapat dalam sebuah smartphone. Dengan dibenamkan multi otak berjumlah 4 inti dalam sebuah smartphone, maka kinerjanya akan semakin wuz - wuz - wuz kencangnya. Selain Quadcore, hal lain yang lebih memikat saya adalah karena harganya yang bisa dibilang merakyat, karena saya membeli A88 ini hanya dengan mengeluarkan gocek 1,3 juta rupiah saja. Jadi saya tak perlu menambahkan budget banyak ke hasil penjualan smartphone lama saya untuk mendapatkan Cross A88 ini karena harganya terjangkau, terutama bagi mahasiswa seperti saya. Tak hanya bagi mahasiswa, kalangan lain seperti anak sekolahan, buruh, karyawan, PNS golongan bawah, pelaku UKM, Cross A88 mungkin sangat cocok, mengingat vendor branded seperti Samsung, SONY, LG, Nokia, tak ada yang menawarkan harga dibawah 3 juta untuk sebuah smartphone yang sudah dibekali oleh 4 buah inti Prossesor.

Selain Quadcore dan harga yang memukau, lalu apa lagi yang membuat daya tarik sehingga menggugah minat saya untuk membeli A88 ini? Masih banyak kalau saya mau jabarkan, seperti bentuknya yang tipis, mirip seperti A28 yang sudah pernah saya pegang. Baterainya berkapasitas besar yakni 2000Mah. Yang lebih hebat, dengan harga cuma segitu, A88 ini sudah mendukung HSDPA+ dan HSUPA+ yang mensupport download mencapai 21Mbps/sec dan Upload 11mbps/sec. Versi Os-nya pun juga terbaru yakni Jelly Bean 4.2. Kamera sudah berkekuatan 8MP Autofokus meski hasilnya tidak sebagus A27 yang pernah saya pegang. Lalu, bagaimana dengan performanya? Apakah Quadcore dengan harga merakyat ini hanya sebuah smartphone ecek - ecek dan pantas dicemooh ataukah malah mampu bersaing dengan merek branded yang sama - sama Quadcore namun dengan selisih harga yang relatif lebih mahal beberapa juta? Mari simak ulasan singkat Cross A88 dibawah :

Penampakan Cross A88 :






Spesifikasi :

Jaringan: Quadband GSM/HSDPA/HSUPA 2100 MHz, 2G: GSM 900 / 1800 Mhz, 3G: WCDMA 900 / 2100 Mhz
Layar: 4.5 inci, FWVGA (450×854)px , 5 point multi-touch (HardGlass)
Sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean
Prosesor: Quad-core 1.2GHz
GPU Power SGX 544MP
RAM: 512 MB
Memori internal: 4GB dan Memori ekternal: microSD up to 32GB
Transfer data : HSDPA+ 21 Mbps HSUPA+ 11 Mbps EDGE GPRS
Kamera utama: 8 megapiksel, LED flash, auto focus, video recorder, Kamera tambahan: 1.3 megapiksel (Video call)
Sensor: 3D Gravity, proximity, Light Sensor
Messaging: SMS, MMS, Email, Push Mail, IM
Konektivitas: WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Hotspot, Bluetooth, with A2DP, kabel data micro USB, audio jack 3.5mm
Fitur lainnya : Browser: HTML, Radio FM, GPS/A-GPS, Java, Google Maps, Skype, speakerphone, Geo-tagging, face detection
Baterai Lihtium ion 2100 mAh 


Informasi sistem menggunakan Applikasi Antutu :



Hasil Tes Performa Menggunakan Applikasi Antutu Benchmark dan Quadrant Standart :



Hasil Tes Performa Grafis Menggunakan Applikasi Nenamark 1 & 2 :



Hasil Tes Performa Prosessor Dengan Menggunakan Applikasi  CPU Prime Benchmark :



Melihat Table dan List diatas, menunjukkan kinerja Prossesor besutan MTK dengan chipset seri MT6589 ini tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Dengan arsitektur terbaru 28nm ini, Quadcore dari MTK yang dibenamkan di dalam Cross A88 dengan nilai 2841 mampu bersaing mendekati Xperia Z  dengan nilai terpaut sedikit 2890 yang notabene harganya mencapai 7jutaan dan mengungguli mantan raja smartphone tahun 2012 lalu yakni Samsung Galaxy S3 dengan nilai 2600 yang sekarang harganya sudah turun menjadi 4jutaan di pasaran, namun masih belum bisa menjinakkan Galaxy S4 yang menghasilkan nilai teratas untuk sebuah smartphone dengan nilai 4950. 
Nah, melihat semua hasil tes performa diatas, menunjukkan bahwa Cross A88 Quadcore dengan harga merakyat ini bisa bersaing dengan merek Branded sekalipun dengan harga yang jauh lebih murah. Andai saja mempunyai uang 7juta, kalau seseorang itu tidak peduli dengan merek branded, maka bisa menjatuhkan pilihannya ke Cross A88 ini. Pemikiran efektifitas dan fungsionalnya, dengan membeli Cross A88 dari uang 7 juta, kita sudah mendapatkan performa yang hampir mendekati Xperia Z yang berharga 7jutaan lebih. Malah uang 7juta itu masih sisa banyak dan bisa dibelikan gadget yang lain seperti tablet maupun netbook atau notebook untuk menunjang pekerjaan maupun tugas sekolah dan kuliah atau kebutuhan keluarga yang lain bagi yang sudah berkeluarga. Nah, setidaknya begitulah alternatif pilihan dari saya apabila hanya menilik dari segi performa saja dan penggunaan normal sehari - hari. Namun apabila pembaca seorang petualang dan membutuhkan smartphone yang hebat daya tahannya, pilihan bisa dijatuhkan pada Xperia Z maupun S4 ultra, meski ditebus dengan harga yang sangat mahal.

Kelebihan :
- Quadcore 1,2Ghz
- Gpu menggunakan Power SGX 544MP (1core)
- Batteray 2000Mah
- HSDPA + 21Mbps dan  HSUPA+11Mbps 
- Layar anti gores
- OS Jelly Bean 4.2
- Harga terjangkau

Kelemahan :
- Kamera tak sebagus Cross A27 meski sama - sama berkekuatan 8 MP
- Casing Plastik 

70 comments:

Anonymous said...

review IMO S79 Explorer S dong...

Sadhana Sentosa said...

hmm... menarik juga...

Arief W.S said...

Sementara lom ada yang punya IMO S79 gan buat ane pinjam. Mungkin di media bonafit atau blog orang lain udah ada yang review atau di forum2 :)

Sadhana @ Makasih bang dah berkunjung. Kunjungan anda juga sangat menarik :)

Anonymous said...

Gan, review juga Cross A7s juga ya.

Arief W.S said...

InsyAllah kalau ada temen yang poenya :)

Anonymous said...

tes benchmark diatas dalam keadaan murrni dari pabrik atau telah partisi memory dll ?

Arief W.S said...

Murni Pabrik, tak ada rekayasa gan :)

Dwi Basuki said...

Memory internalnya kok hanya 2gb?
lihat di banchmark!

alex cahyono said...

agan sudah pake berapa lama?awet gak gan cross a88?

fandi achmad ramadhani said...

bbm udah kompatibel kan gan?

Arief W.S said...

Dwi Basuki @ 2GB maksudnya setelah dipartisi gan dan yang avaible untuk diinstall aplikasi. Toh memori utama 4GB. yang dipartisi untuk internal 2GB (lihat di benchmark tertulis 17xx) dan partisi untuk eksternal ( lihat di benchmark 1xxx) sisanya untuk sistem operasi jelly beannya dan aplikasi2 bawaan. Memang kalau internal 4GB itu gak 100% murni 4GB, setiap vendor memartisi sesuai keinginan masing2 berapa besarannya.

ALEX cAHYONO @ 2 Bulan gan. Awet ga ada masalah. sering kegencet di saku celana dan dua kali jatuh pula. kehujanan sekali toh sekarang musim angin ribut dan hujan mendadak disaat panas.

F.Achmad Ramadhani @ iya lancar gan BBM, kan Evercoss official partner BBM buat beberapa seri androidnya terutama yang ICS sampai ke Jelly Bean.

fadly said...

gan, saya bingung nih. Kalo A88 ini dibandingin sama Mito A800 dan Acer Z3 , lebih bagus yg mana? Apa selama agan pakai hp ini gak ada kendala apa2 gan?

Arief W.S said...

Fadly @ semua HP tuh sebenarnya sama2 bagus kuk gan, cuma kalau dibandingin untuk urusan spesifikasi dan harga, Cross A88 lebih unggul dari mito A800 dan Z3. Mungkin sekarang harga barunya hanya 1250 saja. Dengan harga segitu kita udah dapat quadcore 1,2ghz + GPU Power SGX 544MP. Tapi kalau hanya sekedar untuk media social, browsing, video dan game tanpa perlu merender sesuatu, Mito A800 sudah cukup. Alasannya karena harga yang lebih murah dari A88 dan layar yang besar.

Adit said...

lagi naksir hape ini nih gan. kualitas kameranya gimana gan? trus batre kalo pemakaian normal bisa berapa jam?

fandi achmad ramadhani said...

kalo tentang aplikasi beda gak gan sama android samsung?takutnya banyak aplikasi2 menarik yg gl kompatibel sama a88 ni

Arief W.S said...

Adit @ Kualitas kamera cukup bagus gan, meski kualitasnya masih dibawah A7s untuk hasil outdoor. tapi masih layak untuk bernarsis ria, apalgi untuk urusan edit mengedit foto biar hasilnya lebih eksis lagi menggunakan beragam aplikasi kamera proses rendernya sangat cepat toh karena udah quadcore. Dan lagi LED flash-nya terang beud, buat senter juga bisa :) Urusan baterai kalau cuma buat browsing aja sehari kayaknya mampu deh kan udah 2000mah. Tapi klo aplikasinya dah banyak apalagi media sosial dan beragam chat message, tentu saja agan adit tetap butuh powerbank toh semua aplikasi bakalan online terus dan menguras baterai.

Fandi Acmad R @ Masalah aplikasi kompatible atau tidaknya tu bukan ditentuin karena merek gan. Tetapi lebih ke spesifikasi hardware dan sistem operasi apa yang dipakai. A88 spesifikasi sangat mumpuni udah quadcore dan dibekali O.S jelly bean 4.2, jadi aplikasi terbaru lebih banyak yang kompatible.

Anonymous said...

Ane hr sabtu bsok mau bli ni hp gan. .
Tp ane mau tnya dlu sblum bli ni hp. .
Emb. .game HD semisal Fifa14 bsa gk d install d hp ini?. .
Tlong d jwb ya. .pliss. .

Arief W.S said...

Aduh gan saya belom coba fifa 14 versi HP, kalau di komputer saya mainnya PEs2014 jadinya jarang nyentuh fifa. Secara GPUa dan prosesornya sudah sangat mumpubi buat memainkan fifa14, tp masalahnya pada ram, apakah fifa14 membutuhkan ram diatas 512mb? Kalau hanya membutuhkan 512mb, A88 sudah sangat layak buat melayani fifa14. Maap gan balasnya telat :)

fandi achmad ramadhani said...

huh ada yang tau gak sekitar malang ato sby berapa ya harganya cross a88 ini?

noekey said...

Mlm gan, ane bru pke a88 5 hari, scr umum puas, internetny wuss.. Tp, ane blm tau 2 hole disebelah kamera depan fungsiny apa ya? Trims

Anonymous said...

A26b antutu 11.148. Nea mark 2 39,4. Ternyata ini lbh baik ,pdhal hrgax cuma beda 5rb. Sy bli a26b 1,095 .a88 cm 1,1. Sy trgiur layar a26b yg 5",soalx bwt game anak sy..mantap nih reviewx. Oya...a7s itu emang hp bagus kamera,antutu cm 8rban,nena2 malah 23,7. G cocok bwt ngegame.to syang jg ama nih hp. Btw...jgn liat merkx,tp liat kmampuanx. Mantaaaappp...

Anonymous said...

mski ram nya 512 tp speknya ajib bnr. klo sm advan s5f bagusan mn ya? skornya s5f dbwh a88 T.T

abdillah kausar said...

saya beli a88 baru pakek sebulan layar touchscreennya sebelah kiri udah gak bisa respon gan trus saya bawa ke service centernya penangannya katanya 2 minggu lebih

Arief W.S said...

Fandi Achmad @ Maaf bang Fandi telat balasnya. Harganya sekarang udah turun kuk jadi 1,1JT barunya. Setahu ane setiap kota besar pasti ada deh lo Cross/Evercoss apalagi Malang. Kalaupun gak ada bisa dengan jasa kurir.



Arief W.S said...

Noekey @ waduh, ane malah gak tahu 2 hole itu, lha pertama beli langsung dipasangain screen guard antispy gan, jd lubangnya ketutup. Barangkali buat microphone mungkin :)

Anonim, hehehe gara2 ada Android, sekaang ,milih HP gak harus pandang merek gan. HP murah aja kadang bisa lakuin apa yg bisa dilakuin oleh HP mahal. Yang penting sesuaikan ma budjet dan kebutuhan dalam membeli HP. Makasih loh gan dah mau komentar :)

Anonim @ Kalau suruh bandingin advan A5F ma A88, ya saya jelas pilih A5F-nya gan. Sayangnya dana saya tak cukup buat beli yang harganya diatas 2 jutaan kayak advance A5F T,T
Mengapa nilai antutu advance A5F lebih rendah dari A88, dikarenakan resolusi yang dipakai A5F tinggi yakni 1280x720. Bagaimanapun resolusi yang lebih tinggi dengan spesifikasi yang sama, pasti nilai antutunya bakal lebih besar yang memakai resolusi rendah dengan spesifikasi yang sama.

Abdillah kAUSAR @ ya begitulah bang kausar, namanya barang elektronik, kadang lo dapat yang bagus ya oke2 aja, kalau apes dapat yang cacat. Cacat banyak sebabnya, bisa dari pabrik atau ada kendala pas distribusi. Nggak hanya merek lokal, mau branded atau lokal sama saja, pasti ada produk cacatnya di setiap seri, dan yang dapat produk cacat itu mau gak mau ya harus mau nerima nasib apes. Ane doain mudah2an cepet baikan A88-nya bang Kausar :)

Anonymous said...

Kalau sama s5E bagusan mana mas?

Arief W.S said...

Bagus A88. Spesifikasi S5E setara dengan Evercoss A7s keluaran baru dan Evercoss A7 keluaran baru yang notabene harga lebih murah cuma 900 ribuan barunya

cak nur said...

Sudah pke a88 dpt 2hari.abis ngejual a7s. Sial jg ya..cross emang pinter ngakalin produkx. Terbiasa layar IPS resolusi qHD...skrg LCD biasa. Kamera payah..speaker/hedset jg payah.body jg ga seelegan a7s.tp di ganti performa ama batre yg mantap.bs H+ jg pas browsing

asian said...

remuk boss....masih garansi...lcd kena sm scren nya di obo 275+220+servis 25....hadeh..padahal pemakaian g kena air...pie jal? jarene cs e kemasukan air......-_-, kapok mas bro

Admin said...

Review yang sangat bagus gan, dan ane jual sarung / FlipCover / Leathercase buat Cross A88 ini gan.
Bahan dari kulit asli.

Desainnya juga mewah/elegant, Bisa dilihat di Blog Ane:

JUAL FLIP COVER CROSS A88

Anonymous said...

bisa liat hasil jepretan kameranya ga ya? pengen beli tapi ragu sama kualitas kameranyaa

Arief W.S said...

Cak Nur @ Hehehe emang ada kelebihan dan kekurangannya bang Cak Nur. Biar kita sebagai konsumen punya alternatif pilihan buat memilih. Kalau mau body elegan dan layar kinclong ya bisa pilih A7s, kalau mau performance kenceng dan internet ngebut serta smooth dalam menjalankan applikasi, A88 jawabannya :)

Asian @ Turut prihatin juga gan mendengar cerita abang. Kalau memang masih dalam masa garansi, seharusnya tak ada biaya tariff perbaikan dan ongkos sparepart. Kecuali kalau memang kemasukan air itu kan termasuk Human Error, jadi garansi tidak berlaku. Kalau menilik kasus abang yang memang yakin kalau HP nya tidak kemasukan air tapi diklaim oleh pihak servis centre Cross kemasukan air, anda bisa mengadukan masalah anda di forum2 terbuka di media cetak maupun online yang ternama agar mendapat respon dari kantor pusat Cross.

Admin @ Waahhh keren sekali leather case-nya gan :) Mudah2an nimbrung promosi disini bisa laris manis jualannya :) Makasih dah berkunjung :)

Kamera kalau anda memakai applikasi bawaan memang tidak saya sarankan, tetapi jika anda memakai dengan menggunakan camera360, hasilnya bagus, soalnya applikasi360 mengoptimalkan kinerja kamera pada A88. Kalau saya pribadi menggunakan camera A88 dengan applikasi bawaannya kelihatannya kurang pas hasilnya.

Satria Raga said...

nice conv, saya kepincut sama ocehan agan Arief W.S, besok saya mau beli tu A88, maturnuwun infonya Mas

Arief W.S said...

Satria Raga @ hehe makasih mas satria atas komentarnya :) ia beli aja mas A88, keren kuk, aku masih pakai juga sampai saat ini :)

Anonymous said...

emang bener gan hsdpa+21mbps tapi ane liat di blog sebelah katanya speed download nya cuma 3,2mbps
ane mau beli takut lelet speed nya gan
oiya gan agan pernah download ga pake a88 kalo pernah speed tertinggi nya gan?

Anonymous said...

Baru pakai 2 minggu gan. Hasilx memuaskn.. Download lagu ama watc video d youtube g ad leg nya...
Download video n game kapasitas 50 mb cmn 30 dtik udh slesai..

Arief W.S said...

Anonim 1 @ Gini ya gan ane kasih pengertian, teknologi di dunia memang berkembang pesat, bahkan hanya merek lokal saja sudah dibekali chipset MTK terbaru yang mampu menjamah kecepatan speed up to 21Mbps dalam hal downloading. Masalahnya, perkembangan teknologi yang demikian cepat itu tidak diimbangi dengan baiknya layanan provider yang ada di Indonesia. Sekarang coba sebutkan kartu apa di Indonesia yang sudah mendukung 21Mbps dan realisasinya di lapangan benar - benar mencapai kecepatan 21mbps? Saya kira belum ada, paling banter mungkin 14,4Mbps telkomsel itupun hanya tercover di daerah perkotaan, untuk daerah - daerah kabupaten maupun kecamatan itupun kalau HSDPA 7,2Mbps lancar saja sudah bersyukur banget. Nah jadi kalau blog sebelah bilang downloadnya cuma 3,2Mbps ya gak da salahnya, toh begitulah kecepatan provider layanan data di negeri kita tercinta ini. ADA yang iklannya anti lelet, tapi kenyataan leletnya bukan main, ada yang bilangnya super 3G+ tapi di satu daerah tidak bisa konek sama sekali. jadi saya beri pengertian disini, bukan masalah gadgetnya yang lelet, gadget hanyalah alat media untuk menangkap layanan data yang disediakan oleh provider, kalau gadget yang kita miliki mau teknologi 4G namun apa daya kalau di negara ini belum diterapkan layanan 4G dan malah masih dalam tahap ujicoba? begitulah, jadi gadget tidak patut disalahkan, mau kita beli gadget sekelah iphone 5s maupun galaxy S4 kalaupun provider layanan data di negara ini belum stabil ya kita harus nerima apa adanya. Dan kecepatan 3,2mbps itu sudah termasuk kencang kalau untuk ukuran negara kita, dan kalau ada gadget lokal yang sudah up to 21mbps seperti salah satunya A88 ini meski negara kita di kecepatan 7,2Mbps saja masih lum stabil, bukannya malah suatu hal yang harus disyukuri, itung2 buat kedepannya kalau negara kita dah sanggup melayani 21mbps, yah kita tak perlu ganti gadget lagi. Begitulah setidaknya pengertian yang saya ingin jelaskan kepada agan. Kalau saya sendiri karena menggunakan kartu yang kadang bergonta - ganti, kadang XL, im3 dan Tree, dan posisi seringnya berada di jogja-klaten, kalau di jogja kadang kalau pas lagi sinyal bagus download di googleplay bisa 1,8mbps/sec dengan tiga kartu di atas, kalau pas di Klaten karena mungkin traffic gak sepadat di Jogja jadinya kecepatan download lebih cepat berkisar 2,8mbps-4mbps.

Anonim 2 @ wah agan termasuk beruntung kalau begitu coz daerahnya tercover 3G+ dengan kecepatan yang stabil :)

Anonymous said...

jogja pake indosat.... malem nyampe 7 - 8 mbps sinyal HSPA+

Anonymous said...

Gan mau tanya nie, kalo dibandingkan dg a26b apa ja yg lebih dan kurangnya dg a88? Thanks

Anonymous said...

gan mau nanya. game hd nya kalo.di hp nie nge lag kaga ?

Arief W.S said...

Kurangnya cuma layar A88 gak segedhe A26B yang secara udah 5inch, selain itu, untuk spesifikasi A88 lebih unggul dari A26B

Beberapa ulasan yang saya baca di facebook offisiaalnya A88 kebanyakan main game HD lancar :)

Anonymous said...

bulan depan mau beli ah,moga aj dpt harga di bawah 1100 :D

Arief W.S said...

Terakhir saya dengar harganya menyentuh 1075 di wilayah jogja, mungkin sekarang udah turun lagi :)

erlangga said...

antara Evrcoss A88, A26C, A7S, untuk Game HD bgusan mna...??

trmksh ^_^

Anonymous said...

gan,klo prbedaan cross a88 sama evercross a88 apa y?

Arief W.S said...

Erlangga @ Bagusan Cross A88 gan, udah quad core alias otaknya ada 4, teknologi fabrikasi terbaru 28nm lebih hemat daya pula dan GPU yang dipakai juga udah mumpuni.

Perbedaannya cuma namanya doank gan :) Toh Evercoss itu nama baru bagi nama pendahulunya Cross :)

Anonymous said...

tapi di google kok di tulis adreno 203
jadi ragu klo dpt yg evercross, soalnya takud beda gpu :'(

Alex said...

Gan, klo "Cross A88" sama "Polytron w7451 Quadra S" kira2 bagus mana? ane liat spec-nya kurang lebih sama, tapi takutnya itu cuma angka semata...

Anonymous said...

gan, mau nanya
kalo hp cross a88 sehari2 stand by di 3g dual sim on dan dipake ketika ada telpon atau balas sms or chat yang masuk kira2 baterainya tahan berapa lama?

Anonymous said...

Gan apa punyaku kok kdng dipakai tuk wake up kok sulit ya..dan harus buka baterai knp ya GAN??

Arief W.S said...

Gan mungkin lah gan kalau pake Adreno. Evercoss kebanyakan pake Chipset buatan MTK jadi kebanyakan GPU-nya power SGX, kalau pake Adreno biasanya Chipsetnya Quallcom. Kalau pake Qualcom tentu harganya mahal.

Alex @ Spek Beda gan, Quadra S Ram udah 1GB. Kalau budjet lebih ambil Quadranya saja.

Tergantung sering tidak penggunaannya gan :) Kalau hanya sesekali Chat, sms dan telp mungkin 1x sehari kurang lebih 15 menitan yawh 10 jam lebih bisa bertahan, tapi saran saya tetap sedia power bank, soalnya kebutuhan kan gak bisa diprediksi.

wake - up?????

Anonymous said...

Gini lo gan maksudnya : Posisi Lock Screen dan mati...ketika ditekan tombol power ga mau nyala...dan kdng2 harus buka baterai....kenapa ya gan?? dan solusinya giman?? please help me..para masternya!!

Arief W.S said...

waduh, saya malah belumpernah nemuin hal kaya begitu gan, selama ini normal - normal saja. Tapi mudah - mudahan ada para suhu yang berkenan mau menerangkan disini suatu saat nanti penyebabnya :)

mellean said...

Mas GSM bagus pilih pake kartu 3 atau im3 yg murah murah aa sesuai buget nih daerah medan berapa harga evercoss a88

mellean said...

Kalo evercoss a88 ini cepat lelet nggak.nanti takutnya baru dipakai 1 thn udh lelet gk bisa apa? Kasih saran ya

mellean said...

Mas beli evercoss a88 ada memori bawaan gk?
Mas arief w.s aku minta pin bb mu lah.
aku bulan 8 baru beli evercoss a88 nya.
nama pin bb ku Nightmare ya ini pin ku 793c0d4c

Arief W.S said...

Mellean @ Masalah cepet tidaknya jaringan internet itu tidak bergantung pada kartunya, namun lebih sinyal jaringan yang stabil di daerah Anda. Misal di Medan simpati jaringannya stabil dan cepat, maka anda tak harus membeli kartu seperti im3 dan 3 yang murah tapi lelet kalau dipakai di kota tempat anda tinggal. Kecuali jika kedua kartu yang murah itu 3 maupun im3 sama2 kuat di kota anda, anda bisa memilih salah satunya, ada kelebihan-nya masing - masing seperti tri mempunyai masa aktif satu tahun mau beli berapa besar jumlah quotanya di paket perdana-nya. Sedangkan im3 untuk kartu perdana quota yang 3gb harganya lebih murah dari 3 yg quota 2gb namun masa aktif hanya 3 bulan dan promo itu hanya sampai 30 Juni 2014.

Selama saya memakai Cross A88 tidak pernah menemui kendala lelet. Prosesor Quadcore yang ditanam pada A88 sudah sangat cepat untuk mengeksekusi berbagai applikasi tanpa kendala, kecuali untuk game yang kelas berat yang membutuhkan ram minimal 1GB.

Pada paket bawaan pada kemasan Cross A88 tidak disertakan memori bawaan. Saya sarankan beli microSD class10 supaya kinerja baca dan tulis data lebih cepat.

mellean said...

Memori class 10 itu makaud nya apa mas

mellean said...

Cross a88 sama atau gk sama evercoss a88
Memory kelas 10 berapa harganya mas

mellean said...

Cara buka bencmark itu gimana?
Itu bawaan dari hp nya yaa?

Arief W.S said...

Memory Card bertipe MicroSD setahu aku terbagi menjadi tiga kelas yakni kelas 4, 5 dan 1. Semakin tinggi kelasnya semakin cepat menulis dan membaca data.

Cross ma evercoss sama saja, Evercoss tu nama baru dari Cross karena pertimbangan mereka yang sekarang sudah Go International.

Benchmarkadalah applikasi untuk menguji kemampuan sebuah smartphone, bukan bawaan, alias didownload saja di googleplay.

twinbee piyoe said...

Punya sya kok le2t ya buat intrnetan gan ?pdhl krt sy kl ditaruh hp laen dngan paketan yg sma wuzz..it knp ya??mklum bl hp second takut dioprek softwarenya

Anonymous said...

Bingung milih antara A88, A7s & A27 - mana yg plg mantab?
khusus utk kamera, mana yg hasilnya paling oke & yg paling lengkap feature kameranya diantara ke-3 nya?

apa sj kekurangan dr ke-3 type tsb diatas?

thx - Vita

Arief W.S said...

Twinbe Piyoe @ Bawa aja ke service centernya mas gan kalau masih garansi. Biasa semua HP kadang mengalami gangguan. Temen ane pernah beli A28 sekitar tahun pertengahan 2013 baru dipakai sehari jaringan kadang hilang, trus langsung mondok di SC. Setelah mondok udah normal kembali. Yah begitulah kalau resiko beli HP 2nd meski beli baru pun kadang juga ditemui cacat mesin baik branded maupun lokal.

Vita @ Kelebihan A7s yakni sektor layar udah IPS dengan resolusi Qhd, jadi sangat jernih dan enak buat browsing, main game, video. Kekurangan kadang lag kalau buka banyak applikasi sepengalaman saya memegangnya dikarenakan resolusi yg agak besar Qhd tp ram masih 512mb.

Kelebihan A88, dia sudah quadcore, alhasil sangat cepat mengeksekusi berbagai applikasi yang dijalankan alias no lemot.
Kekurangan, layar jelek, kamera tidak begitu bagus.

Kelebihan A27, dia layar besar 5,8 inch, ada TV-nya, dan baterai tahan lama karena kapasitasnya juga besar.kekurangan layar tidak bagus sama sekali, berat.

Untuk kamera, hasil yang paling bagus ada di A27 jika filenya ditransfer ke komputer maka bisa dilihat perbandingannya. Flash juga paling terang.

Anonymous said...

kl a88 sm a27 tu bisa pindahin file/app dr mem internal ke eksternal ga?

Arief W.S said...

A88 ga bisa, applikasi dan data pasti ikut internal storage meski kita pakai microsd sekalipun. Pengalaman saya ketika memakai wechat, sampahnya menumpuk di internal storage, alhasil dapat notifikasi kapasitas penuh. Sedangkan A27, jika dipasang microSD, sepengalaman saya memeganggnya, applikasi yg didownload datanya langsung masuk ke microSD, jadi tak begitu membebani internal storage.

Anonymous said...

Saya baru beli 2nd(tt dengan samgalchat)via online, suka kinerjanya dengan a88 ini, apa lagi merk Cross A88 dikompon jadi hilang hurupnya jadi berasa yang branded!! :D

noerdy said...

Susah cari sparepartnya terutama cashing dan tombol volume serta on offnya,buat agan agan yang punya sparepartnya bisa call atau sms me ke 085724745668. Thank you.

noerdy said...

Satu lagi.flip cover bawaannya juga saya butuh gan.thanks.

Arief W.S said...

Abymous @ iya gan, 2014 awal kemunculan A88 yach lawannya jarang yang sepadan direntang harga dikala itu, a88 bisa dibilang kuda hitam antara price dan performa :)

Noerdy @ memangnya di SC ga ada bang sparepartnya? Flip Cover bawaan sepertinya gak disediakan pas pembelian gan seingat aku.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...