Monday, September 15, 2014

Asus Zenfone 5 : Tangguh Dan Terjangkau

Bagi kalangan umum umum mendengar nama Asus adalah hal yang bisa dikatakan asing apalagi di ranah smartphone. Bisa dikatakan begitu karena Asus sebelum memasuki ranah smartphone, produsen asal Taiwan ini lebih banyak mengelontorkan produknya di bidang komputer seperti Dekstop, Laptop, Netbook serta berbagai komponen dekstop yang lain seperti VGA Card, DVD-RW, Sound Card Dll.

Memang Asus bukanlah pemain baru di ranah smartphone, tapi namanya kian melambung di sektor smartphone setelah mengeluarkan seri smartphone Android mereka bernama Zenfone. Zenfone sendiri saat tulisan ini dibuat dibagi menjadi 3 seri, yakni seri Zenfone 4,5 dan 6. Angka dibelakang seri Zenfone itu sendiri menandakan besarnya layar yang diusung. Kekuatan utama dari Zenfone yang membuat namanya berkibar terutama di Indonesia adalah karena performance-nya yang tinggi disertai dengan harga yang murah. Lalu, Zenfone kali ini yang akan saya sedikit ulas adalah seri 5 versi ram 2gb.


Perlu diketahui bawahasanya kebanyakan smartphone saat ini menggunakan chipset dan prosessor besutan dari dua vendor terkemuka yakni Quallcom dengan kebanyakan ditujukan seri High-Endnya untuk vendor - vendor terkemuka seperti Samsung, LG, Xiaomi, Lenovo, Nokia, Motorolla, HTC, Sony Dll dan Mediatek atau biasa kita kenal dengan MTK yang umum digunakan pada smartphone lokal layaknya Evercoss, Mito, Imo, Advan untuk menekan harga tanpa banyak mengurangi kualitas. Berbeda halnya dengan Zenfone, kali ini asus lebih memilih menggunakan prossesor Intel. Seperti kita tahu bahwa Intel adalah raja dari segala prossesor komputasi desktop maupun laptop untuk saat ini. Dengan digunakannya prossesor Intel ke dalam smartphone, maka bisa dibayangkan bagaimana kinerjanya. Pasti akan luar biasa. Dan Asus memilih menggunakan prossesor Intel seri Atom yang lebih cocok digunakan untuk smartphone karena efiensi dayanya.



Melihat sosok Zenfone diatas, bisa dikatakan modelnya elegan dengan tambahan balutan bezel alumunium dibagian bawah yang menambah kesan futureristik. Casing belakangnya hanya terbuat dari plastik dengan bahan tidak murahan sehingga saat dipegang tak akan menimbulkan kesan licin. Smartphone ini nyaman untuk digenggam karena casing belakan agak sedikit cembung menyesuaikan dengan pola telapak tangan kita saat posisi menggenggam sebuah ponsel.

Untuk Spesifikasi lebih lengkap mengenai Zenfone 5, Anda bisa mengklik tautan ini untuk langsung direct ke halaman situs gsmarena.

Spesifikasi Sistem menggunakan Applikasi Antutu Benchmark :




Pengujian Antutu Benchmark, Nenamark 1 dan 2 serta Quadrant standar untuk mengetahui performa Asus Zenfone ini dalam hal menjalankan applikasi, game serta operasi lainnya. Semakin tinggi nilai score dan jumlah fps yang dihasilkan, maka semakin unggul samrtphone tersebut dibanding yang mempunyai nilai sedikit dibawahnya.





Hasil Kamera :






Kesimpulan :
Melihat kinerjanya berdasarkan hasil score yang didapatkan oleh test Antutu benchmark dengan perolehan score 23ribuan, menjadikan performa Zenfone ini diatas rata - rata bahkan sanggup melibas hasil perolehan score prosessor Quadcore besutan MTK yang rata - rata hanya menghasilkan score 17-18rb dan hanya kalah selisih 3rb point dari prossesore Octacore milik MTK. Memainkan game kelas berat, melihat video Full HD maupun 4K dipastikan tidak akan menemui kendala. Untuk sektor jaringan, Zenfone 5 ini sudah mendukung internet hingga kecepatan 42Mbps. Gpsnya pun bisa dibilang sangat cepat me lock lokasi. Serta Asus memberikan kualitas pada lensa kamera seri Zenfone ini dengan beragam fitur sehingga mampu menghasilkan poto yang maksimal. Layar yang sudah mengusung teknologi IPS dengan resolusi HD 1280x720 memberikan kesan tajam dan detail. Pengguna pun tak perlu khawatir akan layar Zenfone yang mengalami benturan maupun goresan karena sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Yang sangat disayangkan, baterai Zenfone ini tidak bisa dilepas seperti layaknya ponsel pada umumnya. Meski begitu, dengan performa yang tangguh, dukungan Ram sampai 2Gb, dan harga yang saat artikel ini ditulis adalah Rp. 2,3jt rupiah, menjadikan Zenfone 5 ini salah satu smartphone tangguh dan terjangkau yang layak masuk daftar belanjaan apabila saat ini Anda ingin mencari smartphone dengan budget 2jutaan.

7 comments:

Unknown said...

zenfone 4.5 juga suda ok. cuma camera depan aja gak asik utk berselfie. hehe. yaaa sesuai la dengan harga yg berpatutan.

Penghuni 60 said...

widiiiih, canggih banget ya, kapan ane bisa punya gadget seperti itu, hasil jepretannya juga mantep.. keren lah

The Other Side said...

Cik Wangi @ kamera depan udah lumayan kuk buat selfie Cik Wangi :) tergantung tingkat ke-narsisannya aja yang menentukan baik atau gak hasilnya, hehe :D

penghuni 60 @ Waduh Mas Wahyu jangan merendah gtu, Anda blogger hebat kuk, aku yakin pasti punya gadget canggih buat mantau aktifitas blognya, hehe :)

Primadona Shop @ Ada yg nebeng promosi kayaknya :(

Bunga Murah said...

sama galaxy V gimana gan ? bagus mana

The Other Side said...

Bunga merah @ Jelas jauh bagus Zenfon 5 dumz Mbak Bunga. Dari perbandingan prosesornya sebagai otak, ukuran layar, besaran pixel kamera, ram yang disematkan timpangnya sangat jauh :) Zenfone 5 menang telak dari galaxy V.

bar terbaik di bali said...

Masih tangguhan Xiaomi redme Note

The Other Side said...

Bali Bar @ Iya gan, Zenfone 5 kalau ditandingin ma Xiaomi Redminote kalah telak dari segi performa dan harga :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...