Wednesday, January 16, 2013

Warm Bodies, Romantika Dua Sisi Dunia yang Berbeda



Kalau saya tanya kepada pemirsa, apa yang selama ini yang anda ketahui tentang kata zombie? Tentu saja jawabannya bisa saja beragam seperti mayat hidup, kejam, buas, haus darah, yah jawabannya mungkin tak jauh - jauh dari sosok yang saya sebutkan tadi. 

Lalu adakah zombie yang bersifat baik selama ini? Mungkin jawaban "tidak" lebih banyak akan mendominasi. Lantas karena latar belakang apa timbul jawaban seperti itu?  Karena selama ini masyarakat indonesia selalu disuguhkan hal - hal yang mengerikan terkait makhluk yang satu ini baik di film, komik maupun game. Lewat game kita bisa megenal sosok Zombie yang membuat bulu kuduk merinding. Lewat Film yang biasa disuguhkan di TV dari tahun ke tahun seperti Night of the Living Dead, House of the Dead, Dawn of the Dead hingga yang tervavorit yakni Resident Evil. Itu semua adalah hal - hal yang menguatkan jawaban bahwa tidak ada zombie yang baik. Semua Zombie adalah jahat dan buas. Mereka pantas dimusnahkan. 

Lalu ada pertanyaan lagi, mengapa kalau vampire aja ada yang baik ( di dalam cerita Twillight Saga ) , kuk zombie tidak ada? Bagi pemirsa yang sudah bosan dengan tingkah laku Zombie yang ganas, brutal dan menakutkan, tenang saja, karena ada loh Zombie yang baik dan juga romantis. Semua itu ada dalam sebuah novel "Warm bodies" karya Isaac Marion.

Memang jaman sekarang kisah percintaan semakin aneh dan unik. Untuk era dahulu mungkin normal kisah percintaan antara sesama manusia masih asyik dinikmati. Semakin modern jaman, untuk meningkatkan kreativitas, banyak yang memberi ide baru seperti percintaan antara vampire dan manusia, di indonesia aja pocong bisa jatuh cinta kuk. Meskipun begitu, kekonyolan seperti itu dikemas dalam cerita yang memikat dan sampai - sampai dilayar lebarkan menjadi Box Office.
Kemarin - kemarin, saya baru saja menyelesaikan membaca novel yang cukup unik, yang idenya menceritakan hubungan dua sisi manusia yang berbeda yakni zombie dan manusia normal. Yah, disini saya akan sedikit berbagi dan mengulas mengenai novel ini.


Diceritakan bahwa pada masa depan, akibat pemanasan global, perang dunia ketiga, kehancuran umat manusia yang sudah tak terbendung lagi menimbulkan suatu wabah yang mengerikan akibat dari perbuatan manusia itu sendiri. Entah darimana asalnya, manusia yang sudah mati menjadi mayat hidup alias Zombie.

Di novel ini diceritakan kehidupan salah seorang Zombie yakni sebut saja "R". Zombie yang masih berperawakan muda kira-kira umur  20 tahunan, yang belum lama menjadi zombie dan belum mengalami transisi pembusukan yang fatal. Karena disini diceritakan bahwa Zombie yang sudah berumur panjang akan mengalami pembusukan berupa terurainya daging mereka dan hanya berwujud seperti tengkorak berbalut sedikit daging menjijikkan. 


"R" tidak tahu siapa jati dirinya. Asal usulnya. Yang dia tahu setelah menjadi Zombie entah karena sebab apa, kehidupan sehari - harinya sangatlah membosankan. Terutama apabila dia lapar, dia harus bersusah payah mencari manusia yang sudah langka di kota - kota mati untuk meminum darah ataupun memakan dagingnya.

"R" hidup di sebuah Bandara yang sudah tidak beroperasi puluhan tahun bersama ribuan zombie lainnya. Di bandara itu, para penduduk zombie mempunyai pemimpin yang terdiri dari kumpulan para tulang. Para tulang ini yakni mereka yang sudah mengalami pembusukan karena sudah lama menjadi zombie. Ringkasnya disebut zombie senior. Karena pengalamannya yg sudah lama menjadi zombie, para tulang ini dipilih menjadi pemimpin. Yah mungkin seperti manusia, semakin tua, semakin bijak, dan layak dijadikan pemimpin maupun panutan.

Di bandara ini, "R" mempunyai sahabat, yakni "M". Suatu hari "R" dan "M" mengikuti beberapa komplotan zombie lain yang ingin berburu manusia di kota - kota mati. Pencarian manusia memang sangat sulit, karena manusia zaman itu sudah membuat tempat perlindungan tersendiri seperti bangunan - bangunan besar stadion, jaringan bawah tanah, yang tak akan bisa ditembus oleh para zombie.


Ketika berada di kota mati, mereka beruntung mendapatkan beberapa anak muda yang entah mengapa mereka bisa berkeliaran di tempat - tempat rawan seperti itu. Melihat manusia yang bebas dari sarangnya, adalah suatu berkah bagi para zombie. Tak perlu menunggu lama, akhirnya "M" serta komplotan lainnya menyerang para manusia itu. Perlu diketahui, bahwa para tulang, sudah mengeluarkan perintah apabila membunuh manusia harus dihancurkan kepalanya dan dimakan otaknya. Alasannya karena bila kepala manusia tak dihancurkan saat dibunuh, maka setelah darah mereka dihisap dan beberapa daging dimakan, tak lama mereka juga akan berubah menjadi zombi. Karena jumlah zombie yang sudah banyak di dunia pasca perang, terutama di bandara, dan langkanya para manusia yang berkeliaran sebagai makanan, maka lebih baik jangan menambah lagi jumlah penduduk dengan tindakan menghancurkan kepala manusia yang dibunuh. Karena disini diceritakan, zombie yang kelaparan juga akan mati. Yah alias zombie sedang mengalami busung lapar karena langkanya manusia.

Namun ada yang aneh ketika para zombie memakan otak manusia yang masih segar itu. Mereka mengalami mimpi, hal yang tak pernah mereka dapatkan setelah menjadi manusia terakhir kali. Contohnya, apabila seorang zombi memakan otak anak kecil, mereka akan melihat kilasan ingatan kehidupan pada anak tersebut. Hal ini terjadi kepada "R" yang saat itu menyerang pemuda bernama "Perry Kelvin" . Setelah membunuh dan memakan otaknya, mendadak dia mendapat ingatan Perry yang begitu mencintai gadis bernama Julie. Ingatan berbagai masa - masa indahnya menghabiskan waktu bersama julie. Ingatan mengenai ayah Julie selaku jendral di tempat perlindungan stadion bagi manusia yang tidak menyukai ide Perry untuk melakukan penghijauan kembali untuk menekan tindakan militer dan senjata dalam upaya mempertahankan hidup. Ingatan kekecewaan Perry yang demi mendapatkan Julie harus rela mematuhi ayah Julie masuk militer. Kekhawatiran Perry yang mengetahui Julie mengikutinya diam - diam keluar dari tempat pertahanan stadion untuk menemani tugas militer pertamanya, karena Julie ingin selalu bersama Perry walaupun mati di luar tempat perlindungan. Ketika sadar dari kilasan ingatan Perry kelvin, "M" melihat dari kejauhan bahwa Julie sedang bersembunyi di lorong sambil menggigil ketakutan.

 
Dari situlah awal cerita romantisme terjadi. "R" menyelamatkan julie dengan caranya sendiri dan berhasil menyembunyikannya di bandara. Di masa penyembunyian tersebut "R" berinteraksi menjalin komunikasi pertamanya dengan Julie yang selaku manusia. Hubungan yang semakin dekat menjadikan mereka berdua berteman. Dan "R" pun sering bermimpi mengenai Perry Kelvin karena memakan otaknya. Jadi "R" benar - benar mengenal seluk beluk Julie mengenai hal - hal yang disukai maupun yang tak disukainya. Hal itu mendorong rasa penasaran Julie untuk bertanya kepada "R" darimana dia mengetahui segalanya mengenai Julie. Namun "R" tidak mau menjawab karena dia tidak ingin Julie mengetahui bahwa "R" lah yang membunuh "Perry Kelvin" kekasihnya.

Cerita semakin seru saat Julie ingin keluar dari bandara ini dengan mengungkapkan bahwa saat dirinya diculik oleh "R" ada temannya "Nora" yang melihatnya di tempat tersembunyi. Julie takut kalau Nora  mengatakan pada ayahnya yang menjabat Jendral bahwa dirinya dilarikan oleh seorang Zombie ke Bandara. Hal yang ditakutkan Julie adalah ayahnya akan menyerang Bandara ini. Julie tidak ingin "R" dan semua penduduk disini mati, alhasil suatu malam "R" diam - diam melarikan Julie keluar bandara. Namun upaya itu diketahui para tulang yang sudah mencegat mereka berdua. Beruntung, sahabatnya "M" membantu mereka berdua melarikan diri. Kejadian pelarian diri itu membuat penduduk bandara tercengang dengan adanya hubungan zombie-manusia. Para penduduk mulai bertanya - tanya, apakah sebenarnya kita ini adalah manusia yang hanya terjangkit suatu wabah akibat dari perbuatan manusia - manusia normal di luar sana seperti perang nuklir dll? Dan julukan Zombie adalah dari mereka manusia normal yang tidak mengerti kehidupan mengerikan ini akibat ulah mereka sendiri? Dan apabila wabah ini suatu penyakit, bukankah selalu ada obatnya? Disitulah awal mula munculnya idealisme pada sebagian penduduk bandara menyikapi kejadian hubungan zombie - manusia.


Di tengah perjalanan saat pelarian, Julie dengan diam - diam meninggalkan "R" dengan menaruh sebuah pesan yang berisikan bahwa julie tidak ingin "R" terlalu dekat dengan area stadion karena pasti dibunuh oleh para penjaga. Kepergian Julie menimbulkan rasa kesedihan di hati "R" yang selama ini belum pernah dia rasakan semenjak menjadi zombie. Di saat kesedihan melingkupi hatinya dalam perjalanan pulang ke bandara, "R" terkejut bertemu "M" dengan membawa beberapa zombie lain. "M" dan beberapa zombie lain meninggalkan bandara karena pikirannya bingung mengenai hubungan aneh antara sahabatnya "R" dan Julie dan bertekad keluar dari kehidupan birokrasi kejam para tulang dan percaya bahwa sebenarnya kaum zombie bisa menjalin hubungan dengan para manusia tanpa pertumpahan darah.

Akhirnya mereka mendesak "R" agar menemui Julie kembali agar hubungan manusia dan zombie tak berakhir sampai disini dan untuk mencari jalan keluarnya. Lalu apakah "R" bisa memasuki stadion tempat perlindungan manusia yang dijaga ketat untuk menemukan Julie? Bagaimana hubungan mereka nanti jika berhasil bertemu andaikata ayah Julie selaku Jendral Militer yang tegas mengetahuinya? Dan hal ditakutkan adalah bagaimana nantinya jika julie tahu bahwa sebenarnya "R" adalah pembunuh kekasihnya "Perry Kelvin"? Apakah perjuangannya akan sia - sia? Di sisi lain, para tulang melakukan perkumpulan dengan pemimpin - pemimpin daerah lain untuk melakukan penyerangan besar - besaran ke stadion karena terjadinya kekacuan di bandara akibat hubungan manusia - zombie yang diciptakan oleh "R" dan Julie.

 
Yah kalau kalian ingin tau lengkapnya setidaknya baca sendiri novelnya.  Aku hanya sedikit berbagi disini. Kalaupun kalian tidak ingin menghabiskan waktu membaca novelnya setebal 374 halaman, ada kabar baik, bahwa the Warm Bodies sudah difilmkan dan akan tayang di bioskop - bioskop pada tanggal 1 Februari nanti. Mengapa memilih bulan Februari? Alasan menurut saya karena bulan Februari ada hari valentine di tanggal 14 nanti. Nah karena ini film bertema romantika, jadi sangat pas bila diputar di bulan Februari. Bagi kalian yang sudah bosan berkirim coklat di hari valentine, tak ada salahnya diganti dengan menonton film ini dengan pujaan hati. Lalu bagi yang tidak merayakannya, tak ada salahnya menonton maupun membaca novelnya sebagai hiburan.


Film The Warm Bodies ini diproduksi oleh SUMMIT Entertainment selaku rumah produksi yang juga membuat film The Twilight Saga. Yang perlu diketahui, bahwa "R" tokoh dalam cerita ini bisa dibilang Romeo, sedangkan "Julie" bisa dibilang Juliet. Mungkin pengarangnya pengagum kisah Romeo dan juliet yang fenomenal itu sehingga tokohnya dibuat hampir - hampir mirip namanya. Nah sekian dulu ya, terima kasih sudah berkunjung :)

18 comments:

Leni Fitria said...

yaaahhhh,,,, endingnya.....?
btw, foto2 yg di atas itu dari filmya, bg?

Arief W.S said...

Masak endingnya disebutin disini, gak seru dumz, SSttt rahasia, hehe :)
Iya, semua foto dari filmnya asli :) Tp filmnya release masih tgl 1 besok.
Makasih dah berkunjung.

4Kaos said...

Di Indonesia ada gak ya zombie... kalau ada gimana cara memberantasnya..

imaa Rahmawati said...

wah seru nih, harus nonton :D
thanks sinopsis nya xD

Arief W.S said...

4Kaos@ Ada gan, Zombienya lo di Indo ya para koruptor, cara berantasnya, serahin ke KPK, hehehe

Imaa@ Wah asyik nih mbak Imaa bisa nonton ma cowoknya :) Makasih dah berkunjung.

moeslimmart said...

.: menurut ane mah tetep serem...^_^

bredmart said...

law di indonesia, bukan zombie, tapi pocong, hahaha

Suwardi Gagal Ganteng said...

Adminnya pintar mereview dan menulis sinopsis kayaknya artkelnya panjang banget...

Qorisme said...

filmnya bakal tayang di bioskop gak gan?

Arief W.S said...

Moeslimart @ serem, tapi dikit lo di warm bodies, banyak jenakanya juga kuk :)

Bredmart@Walah, zombie aja takut ma pocong,hehe

Suwardi gagal ganteng @ hehe makasih gan dah berkunjung :)

Qorisme @ kalau untuk global tayang 1 februari gan, bisa dilihat di IMDB, kalau untuk indonesia, mudah2an ditayangkan di bioskop2 :)

Janaspriya Das said...

agak aneh ya membumbui zombie dengan kisah cinta. hehe nice review :)

Ghalis4rt said...

Wah Terimakasih Atas Informasinya ..

Blogwalking Dari Ghalis4rt - http://ghalis4rt.blogspot.com/

miss ripleys said...

film baru atw lama ???
ZOMBIE NYA GANTENG !!!
wkekekekke XD

Miz Tia said...

kereeeeeeeeeeeeeeeeenn banget.. zuper keren. india bikin zombie baru juga.

Belajar Photoshop said...

keren sii... tapi sayangnya saiia gag suka genre yg bawa2 zombie gtu :(

Arief W.S said...

JanasPriya@ Emang dibuat aneh kuk mas, namanya bumbu kreativitas, hehe

Ghalist Art@ makasih juga sudah berkunjung :)

Miss Ripleys@ Baruu dumzzz, tgl 1 kemarin baru release, tp gak tau lo di indo. wah wah wah ada yg naksir zombie :P

Miz Tia@ Zombie India bisa tari dan joget loh :p wehehe

Belajar Photoshop@ wah wah gak suka zombie ya, lihat atau baca yg ini pasti jadi suka ntar ,hehe

Bloger Caruy said...

film kesukaan saia nih sobat hehehehe,,,,makasih sudah berbagi

Arief W.S said...

Bloger Caruy@ Wah mas gan malah udah nonton ya, ane malah belum, hehehe, makasih sob dah berkunjung :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...