Monday, May 13, 2013

Blackberry 9350 Sedona, si Seksi yang Stylish

Sebenarnya aku mempunyai sebuah smartphone Blackberry. Karena jujur lebih suka si Hijau Android daripada Blackberry, maka kebanyakan Smartphone yang aku review adalah berbasis O.S Android entah itu punya sendiri, teman maupun saudara yang boleh aku pinjam untuk direview. Nah, dikesempatan kali ini aku ingin mereview singkat smartphone Blackberry milikku.

Sebelum memegang Android sebenarnya aku sudah lama memakai Blackberry. Saat pertama memegang Blackberry aku memang jatuh cinta pada gadget besutan RIM ini, karena pada saat itu Blackberrylah yang paling berjaya diantara oposisinya yakni symbian, windows phone 6.5, Bada dari samsung, dan berbagai  ponsel berbasis Java. Kepopuleran Blackberry melonjak tajam saat Presiden Barrack Obama pun memakai smartphone ini untuk pilihan ponsel pribadinya meski para staff dan agen-nya menyarankan untuk tidak menggunakan Blackberry karena khawatir informasi pribadinya akan bisa dilihat pihak perusahaan RIM. Keunggulan dari ponsel Blackberry ini adalah keamanan datanya. Data penggunanya sangat dijamin kerahasiaannnya  oleh pihak RIM. Bahkan otoritas hukum pun akan sangat kesulitan untuk meminta izin kepada pihak RIM jika ingin mengambil data dan informasi dari si pengguna untuk kepentingan penyelidikan apabila pengguna yang bersangkutan tersangkut masalah hukum pidana. Data dan informasi dan segala aktifitas pengguna pun akan sangat sulit diretas oleh hacker sekalipun. Jadi pihak RIM sangat mengutamakan keamanan dan kerahasiaan data dan informasi dan segala aktifitas penggunanya. Maka jangan heran kalau harga Blackberry yang versi resmi sangatlah mahal. Karena yang dibeli selain kita dapat smartphone, kita juga mendapatkan jaminan keamanan segala aktifitas yang kita lakukan menggunakan Blackberry. Saya sendiri memakai Blackberry yang tidak resmi yang sudah dijual banyak di konter - konter di Indonesia. Yah, tak lain karena faktor harga. Untuk ukuran mahasiswa, tak mungkin saya mampu membeli yang resmi. Blackberry yang tak resmi, menawarkan harga yang bisa dibilang 50% lebih murah. Tetapi memang garansi hanya sebulan, dan jika suatu saat rusak, itu resiko pembeli.

Ketika era Blackberry mencapai puncak, maka muncullah Android. O.S besutan google ini benar - benar meluluh lantahkan dominasi Blackberry di pasar Global. Saat menulis ini pun, Android masih berjaya di pasar Global dengan pangsa pasar yang besar, sedangkan Blackberry hanya menempati posisi juru kunci. Meski menjadi juru kunci di pasar global, namun itu tidak terjadi di Indonesia. Karena di Indonesia Blackberry sudah mengakar di hati masyarakat. Ada beberapa fitur dan layanan Blackberry yang aku sukai seperti push email, Blackberry Messenger dan Paketan datanya yang Full servis bebas quota, yang artinya bisa download sepuasnya. Blackberry yang saya gunakan adalah seri 9350 atau disebut Sedona karena ini adalah versi CDMA dan sudah terinject Smartfren. Kalau versi GSM nya biasa kita kenal dengan Apollo 9360. Untuk penampakan dan spesifikasinya bisa dilihat di bawah ini :









Spesifikasi :

Jaringan CDMA 800 / 1900 CDMA 2000 1XEVDO up to 3,1Mbps
Prossesor 800 Mhz
Internal 512MB
Ram 512MB
Layar TFT 2,44 inch 246ppi
Optical Trackpad
Bluetooth 2.1 A2DP
NFC
GPS
Wi-fi 802.11 b/g/n
Kamera 5MP LED flash, face detection, image stabilization, geo-tagging
Batteray 1000Mah Li-ion
Blackberry O.S 7.1

Tampilan Menu Pada Blackberry O.S 7.1


Seperti Halnya Android dengan Googleplay-nya untuk mengunduh applikasi, Blackberry juga mempunyai BB apps world meski aplikasi yang ditawarkan tidak sebanyak milik Android.

Pada O.S 7.1 ini, Blacberry sudah bisa dijadikan Hot Spot Portabel.


Berselancar di dunia maya dengan menggunakan Browser bawaan Blackberry O.S 7.1 ini. Kita bisa membuka banyak tab saat berselancar.



Manajemen Application pada Blackberry

Untuk Hasil Foto, kualitas yang dihasilkan oleh Blackberry sedona ini cukup bagus. Gambar yang akan saya tampilkan dibawah semua adalah hasil jepretan di dalam ruangan dengan cahaya minim, alias memanfaatkan LED flash yang dimiliki oleh sedona 9350 ini. Kalau untuk luar ruangan saya tidak sertakan, jika didalam ruangan berpenerangan seadanya hasilnya seperti di bawah ini, pemirsa sudah bisa membayangkan bagaimana hasilnya jika mengambil gambar di luar ruangan dengan pencahayaan penuh. :






Kesimpulan :
+ Bentuk tipis dan kesan gaya buat anak muda
+ Push email, BBM
+ Paket data full service bebas Quota
+ Keamanan data dan informasi pengguna

- Baterai Borosss
- BB apps worlds minim applikasi
- Paket full service yang ditawarkan banyak operator rata - rata masih mahal
- Harga masih mahal untuk versi yang resmi
- kamera belum auto focus

3 comments:

Nadya said...

Wah, keren banget kk...Nice share.

good said...

mantap, buat ngenet cepet juga ya...tapi sayang battrey boros ya :)... wah, tapi lumayan lah..pasaran harga berapa kang :)

salam dari

SharonBakery.com

Arief W.S said...

Nadya @ sama - sama mbak Nadya, makasih dah berkunjung :)

Good @ Buat browsing emang super cepat :D Tapi ya memang, borossnya minta ampun, ampe aku ganti baterai-nya dengan yang udah double power :P Harga pasaran untuk yang 9360 (apollo) bergaransi resmi yakni kurang lebih 3juta, tapi kalau punya ane yang New BM 9350 (sedona cdma) cukup 1,2juta saja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...