Tuesday, June 11, 2013

Festival Komputer Indonesia Jogja 2013

Tepatnya pada hari Sabtu, 08 Juni 2013, aku dan temanku mengunjungi sebuah Festival Komputer Indonesia yang diadakan di Jogjakarta bertempat di gedung Jogja Expo Center. Festival ini selalu diadakan setiap tahunnya. Aku sendiri pertama kali menghadiri FKI kalau tidak salah pada tahun 2009 atau 2010, agak lupa tepatnya karena pameran di Jogja banyak sekali namanya mulai dari Mega Bazarr, Apkom Sale, FKI, Nix, dll tergantung promotor yang mengadakan. FKI di Jogja ini sendiri diadakan selama 5 hari berturut - turut dan dibuka mulai tanggal 8 Juni sampai 12 juni 2013. Aku sendiri lebih senang datang ke pameran - pameran komputer yang diadakan di Jogja pada awal pembukaan karena selalu banyak item diskon yang menarik meski barangnya terbatas yang tidak ditawarkan pada hari - hari selanjutnya. Meskipun kebanyakan tidak beli dan hanya mengambil browsur saja, hehe.

Sabtu tanggal 8 Juni 2013, sore hari cuaca sangat mendung. Sehabis menyelesaikan ujian akhir semester, aku dan temanku bertolak dari kampus langsung menuju ke JEC meski saat itu agak gerimis kecil. Untung saja ketika sampai di JEC cuaca tidak berubah dari gerimis menjadi hujan. Ketika memasuki pelataran parkir, seperti biasanya, sudah terdapat bejibun sepeda motor yang memenuhi setiap sudut sehingga harus muter -muter untuk menemukan celah kosong buat memarkir sepeda motor. Antrian di pembelian tiket tidak begitu panjang seperti biasanya, mungkin saja disebabkan karena ini hari pembukaan pertama.

Untuk FKI tahun ini sendiri, selain komputer yang dipamerkan, di dalam area gedung JEC saat muter keliling, aku juga menemukan banyak sekali Smart TV yang dipajang, ada juga MicroWave dengan para sales-nya yang antusias menerangkan kehebatan kinerjanya, dll. Yang paling mendominasi kemungkinan adalah smartphone dan tablet. Banyak sekali smartphone yang dipajang seperti Samsung Galaxy S3 Mini, Andromax U, Lenovo Sxx Axx, Iphone, dll serta berbagai vendor lokal juga tak mau kalah memajang smartphone andalannya. Meski begitu, peripheral komputer disini juga masih tetap eksis meski trend sekarang sudah mengarah ke Tablet dan Smartphone. Berbagai macam jenis diskon secara cuma - cuma maupun dengan syarat tertentu ditawarkan pada FKI tahun ini.

Beraneka jenis laptop banyak dipamerkan mulai dengan harga tiga jutaan sampai yang best performance mencapai puluhan juta. Yang pasti, sebelum membeli, kita bisa keliling mencoba semua laptop dari semua merek sepuasnya untuk menentukan pilihan yang terbaik.

Jajaran VGA keluaran terbaru yang sudah mengusung Direct 11 pun tak luput dihadirkan di banyak stand. Saya sendiri juga berminat membeli VGA, namun sekarang masih dalam proses menabung.

Aneka speaker dari berbagai merek banyak dipajang di pameran kali ini. Kita juga bisa dengan leluasa bebas menguji coba semua speaker sesuka hati sebelum menentukan pilihan untuk membeli. Harga yang ditawarkan pun cukup fantastis, mulai dari 100ribuan sampai 3jutaan.

Aneka asessoris komputer, tablet, smartphone, dll semua ada disini. Dan selmuanya dikenai harga diskon selama pameran. So, tunggu apalagi.

Jajaran tablet seakan mendominasi pada pameran kali ini. Mulai dari vendor lokal sampai branded, semua memajang produk unggulannya masing - masing.

Saat berajalan - jalan, aku menemukan sebuah RIG komputer yang dipersenjatai oleh 8 otak prosesor dan kartu grafis terbaru dirext 11 sehingga menghasilkan kualitas grafis yang luar biasa dalam hal memainkan game terbaru Tomb Raider. Semua pengunjung boleh mencobanya sesuka hati.


Meski gak akan bisa membeli Sony Xperia Z karena harganya yang buat aku kelewat mahal, tetapi dalam kesempatan pameran FKI kali ini aku bersyukur setidaknya bisa mencoba sebuah Xperia Z yang dipajang di Stand Sony. Kesan yang aku dapatkan, layar Bravia Engine-nya benar - benar luar biasa.

Dan yang terakhir adalah puluhan browsur yang aku bawa sepulang dari pameran. Oke, sekiranya hanya ini saja yang bisa saya share kepada sahabat blogger dan para pengunjung serta pembaca. Terima kasih.

2 comments:

Ina Rakhmawati said...

hmm ke pameran gadget di jogja ya?
dulu aku juga sering, selalu malah pas ada pameran di JEC :)

Arief W.S said...

Wah, mbak Ina sering juga :D Kalau aku cuma komputer dan kadang pameran kuliner,hehe :) Jgn lupa ke pameran lagi mbak kalau pas ke Jogja :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...