Kamis, 06 Juni 2013

MITO A222, Galaxy S3 Cita Rasa Lokal

Sosok Samsung Galaxy S3 memang menebar pesona. Sebelum kemunculan galaxy S4, galaxy S3 adalah jawaranya. Bisa dibilang hanya dalam beberapa bulan setelah kemunculan S3, smartphone ini menjadi idola dan terjual puluhan juta di seluruh dunia. Bila ditanya mengenai samsung galaxy S3, banyak orang yang ingin memilikinya. Namun sayang, bagi masyarakat Indonesia yang rata - rata pendapatannya tidak bisa disandingkan dengan negara belahan eropa sana, tak semua orang bisa memiliki S3 karena faktor harga. Oleh sebab itu vendor hp lokal seperti MITO mengeluarkan sebuah smartphone yang mempunyai bentuk hampir sama dengan galaxy S3 yakni MITO A222. Di dalam situs resminya pun Mito A222 diberi label "Ponsel bergaya premium, Harga minimum." Memang, di seri A222 ini Mito menjual kesan dan ketenaran galaxy S3 dalam produknya dengan harga murah. Dengan tujuan semua orang bisa mempunyai smartphone dengan desain sekelas S3 tetapi tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Mito A222 di situs resminya dijual dengan harga 999 ribu rupiah saja, akan tetapi Mito A222 milik teman saya yang akan saya review singkat ini didapatkannya dengan harga 1juta 80ribu rupiah. Bagi yang ingin dan demen dengan galaxy S3 namun tak kuat dalam hal finansial untuk membelinya, MITO A222 memberikan solusinya. Lantas bagaimana kinerjanya? Bagi saya sendiri MITO A222 sudah bisa diandalkan untuk kegiatan sehari - hari plus bonus kesan premium bila diperlihatkan di area umum, seolah - olah seperti memegang galaxy S3 beneran.

Spesifikasi saya comot dari halaman situs resminya :
-. Dual GSM on 900/1800 MHz/WCDMA 2100 MHz
-. OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich
-. Touchscreen 4,6 inch capacitive
-. CPU 1 GHz
-  RAM 512 MB
-. FM RAdio, MP3, MP4
-. 3G, WiFi, Bluetooth
-. Dual Camera (0,3 MP + 2.0 MP)
-. Baterai 1300 mAh
-. Google Play, Gmail, Google Maps, Facebook, Twitter, YouTube, Yahoo Messenger, 
   Navigation, Places, Email, dan lain-lain





  Nah bagaimana, hampir mirip kan? Teman saya sendiri memakai hardcase milik galaxy S3 yang belakangnya harus dimodifikasi dengan dibolong agar pas presisi dengan kamera belakang.

 Entah memakai layar berjenis IPS atau bukan, menurut saya tampilan layar pada MITO A222 sudah bagus dan jernih, apalagi dengan layar yang berukuran 4,6 inch, membuat semakin leluasa dalam hal browsing di dunia maya.


CPU yang digunakan setelah terdeteksi oleh Antutu adalah Rheastone. Saya sendiri tak tahu dari vendor mana CPU ini, kemungkinan dari Broadcom dan bukan dari MTK maupun Quallcom. GPUnya sendiri memakai Video Core IV HW. Internal memory sudah cukup bagus yakni sebesar 775MB.





Antutu menghasilkan score 3872, Quadrant Standart menghasilkan 1843, Nenamark1 menghasilkan 32,7 Fps dan Nenamark2 menghasilkan 16,6fps. Semua menyimpulkan bahwa MITO A222 sudah bisa untuk digeber buat kegiatan sehari - hari dan bermain game dari level ringan sampai menegah kebawah.



Dalam pengujian untuk browsing pun tak ditemukan masalah. Semua berjalan lancar. Tes jaringan HSDPA menggunakan applikasi speedtest pun menghasilkan kualitas jaringan didaerah saya yang fantastis dan layak untuk berinternet ria. Apabila sinyal daerah Anda sudah tercover HSDPA dan cukup stabil, MITO A222 sudah bisa dijadikan teman mengarungi dunia maya Anda.


 Minusnya hasil kamera tergolong standart karena hanya dibekali dengan kekuatan 2 Megapixsel saja. Mengingat harga yang ditawarkan, memang wajar jika hanya dibenamkan kamera beresolusi segitu. Bagaimanapun juga hasil kamera Mito A222  masih bisa buat narsis di dunia maya dan berbagai aplikasi chatting yang merebak saat ini.

Kesimpulan.
+ Desain elegan, tipis, stlysh.
+ Harga Murah
+ Performa Bisa Diandalkan
- Kamera Buruk

20 komentar:

thika mengatakan...

nak, kasih eike handphone mu satu donk !
banyak banget !!! mau satu !!!!! ehehe :P
btw klo kameranya lumayan itu mah..
secara setau eike klo kamera hp mitto yg laenya ga sebagus itu
jadi lumayan sih klo kameranya :D

galuh neola rahmawati mengatakan...

kalo di bandingin sama cross a28 masih unggul mana mastah? dari segi kamera dan browser, abisnya masih bingung mau cari ponsel android tapi yg bagus dan murah :D

Arief W.S mengatakan...

Thika @ Hahahaha ini HP punya orang masak mau dikasih ke orang lain, secara gue review cuma pinjam mbak :D Bagi saya sendiri, untuk ukuran smartphone yah resolusi 2MP masih biasa2 aja. Belum termasuk bagus mbak Thika.

Galuh @ Dari segi kamera kemungkinan masih bagus A28 karena udah berkekuatan 3,2MP. Nah, kalau soal browser, sebenarnya browsernya sama aja kuk toh juga sama2 pakai android ICS, bedanya cuma kalau browsing Mito A222 jauh lebih nyaman karena layar yang besar, dan juga cerah, warna juga tajam dibanding A28.

Alfiyanti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Alfiyanti mengatakan...

bagaimana cara download screen capture di mito A222, dan bagaimana juga cara menggunakannya?

Arief W.S mengatakan...

Cara screen caputure di Mito A222 tinggal tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan mbak Alfiyanti, gak perlu aplikasi :)

doni ashter mengatakan...

kalo memory buat nginstal game brapa ya

Arief W.S mengatakan...

Doni Ashter @ Internalnya 775MB gan, dah bisa buat install banyak game. Perlu diingat aja, setelah install pindahin datanya ke Sdcard biar lebih lega internalnya.

Residen Cahyoe mengatakan...

Tpi banyak yg bilang klo touchscreennya cpt rusak,,,bener nga sih ?

Arief W.S mengatakan...

Resident Cahyoe @ Kalau orang luar negeri bila menilai suatu barang pasti bilang begini : "berdasarkan riset yang telah saya lakukan beserta lampiran data, hasilnya menyimpulkan bahwa layar Mito A222 touchscreenya mudah rusak."

Sedangkan orang indonesia bilangnya "kata orang touchscrennya mudah rusak, kata orang dia suka mencuri, kata orang dia itu tukang santet dan akhirnya orang yang dituduh bisa menyantet itu mati digebukin tanpa bukti yang jelas"

Perlu diingat gan, barang elektronik itu pasti ada cacatnya. Entah cacat saat pembuatan atau saat dalam distribusi terkena benturan dll. Ada juga faktor human error dalam rusaknya sebuah komponen elektronik. Oleh sebab itu samsung galaxy s4 seharga 7 juta pun pasti dikasih garansi dari vendornya untuk antisipasi kalau - kalau konsumen mendapatkan galaxy S4 yang cacat pada tahap produksinya. Kalau ada barang tanpa garansi berarti itu barang maha abadi alias kebal cacat hehehe.

Jadi jangan menilai suatu barang hanya karena kata orang. Istri kakak sepupuku juga mempunyai Mito A222, dia bekerja sebagai guru, tiap hari tuh A222 selalu tertindih banyak buku di tasnya dan baret - baret di saku celana tapi selama ini normal - normal saja. :)

al ahmad andrawijaya mengatakan...

bravo bravoo... nice argument.

Arief W.S mengatakan...

Weh???

Cahaya Alam mengatakan...

Puas saya pake nih hp
Kebanting bbrapa kli masih ok
3G nya wusssss
Digeber harian tidak masalah
Pokoke ok bener

Arief W.S mengatakan...

Cahaya Alam @ HP - China sekarang kualitasnya udah Oke punya gan. Hampir bisa diadu dengan merek Branded :)

RLn mengatakan...

mastah, numpang nanya nih. mito a22 bisa buat instagram dan path ga?

Arief W.S mengatakan...

Bisa banget gan :)

Anonim mengatakan...

gan RLN untuk instagram dia udah bisa karena udah ada aplikasi bawaannya dari pabrikan,dan untuk path juga bisa namun harus download dulu dari google play..mungkin jwban saya cukup membantu
sekedar tambahan saya sudah memakai HP ini selama lebih 3 bln,hasilnya lumayan memuaskan..dari segi browsing,jika area anda tercover HSDPA kecepatan internetnya tidak diragukan lagi..dari segi layar sangat mendekati layar IPS,sangat bening dan lega untuk bermain game/browsing..
untuk bermain ashpalt 7 dan GTA 3 sangat lancar dan tidak ada masalah sama sekali..satu2nya kelemahan yg saya rasakan dari HP ini yaitu daya tahan baetrai yang cepat habis,karena hanya 1300mav

Arief W.S mengatakan...

Nah makasih agan anonim sebagai user pengguna Mito A222 atas pencerahannya. Semoga sedikit keterangan dari agan dapat membantu menjawab pertanyaan2 pengunjung blog ini akan unek2 tentang Mito A222. memang benar gan, pas saya memegang nih A222, layar hampir mendekati IPS. Jernih dan bening :)

Anonim mengatakan...

dmana bisa dapatkan touch crean mito a222 soalnya punya saya toch creannya rusak

Arief W.S mengatakan...

Coba cari di Gallery Mito-nya gan barangkali ada :)