Sunday, December 22, 2013

Berwisata ke Gunung Api Purba dan Embong Nglanggeran di Patuk Gunung Kidul Yogyakarta

Beberapa bulan yang lalu saya dan saudara - saudara mengunjungi sebuah tempat wisata yang masih terbilang baru yakni Gunung Api Purba dan Embong Nglanggeran. Tempat wisata ini dikatakan baru karena diresmikannya pada bulan Februari 2013. Tempat wisata Gunung Api Purba dan Embong Nglanggeran ini berlokasi di Patuk Gunung Kidul D.I.Y. Kalau kita berangkat dari kota Jogja, mungkin hanya kurang lebih menempuh waktu satu jam lamanya perjalanan. Tidak begitu memakan banyak waktu.

Kedua obyek wisata ini terpisah letaknya namun tetap menjadi satu tempat wisata. Gunung Api Purba Nglanggeran sendiri setahu saya adalah gunung api yang aktif jutaan tahun yang lalu yang sekarang menyisakan gunung - gunung yang terdiri dari bebatuan. Sedangkan Embong Nglanggeran adalah obyek wisata yang memperlihatkan sebuah danau kecil yang indah diatas pegunungan yang kurang lebih tingginya 500 meter. Dan diatasnya kita juga bisa mengunjungi perkebunan buah yang dikelola warga setempat. Saat mengunjungi tempat wisata ini, terutama obyek wisata Embong Nglanggeran, ternyata obyek wisata ini belum 100% selesai pembangungan fasilitasnya, dikarenakan jalanan yang dilewati oleh kendaraan masih dalam tahap penyelesaian.


Saat tiba di kawasan Gunung Api Purba kita akan lansung disambut dengan tulisan selamat datang di obyek wisata

Lahan parkir kedua obyek wisata tidak terlalu luas untuk menampung kendaraan baik motor maupun mobil. Terutama di obyek wisata Embong nglanggeran, lahan parkir-nya masih dalam proses penyelesaian.


Setelah melewati pintu masuk utama dan sebelum memasuki area pendakian Gunung Api Purba, saya melihat sebuah pohon yang sepertinya disakral-kan. Saya rasa begitu karena di batang pohon ini diselimuti kain putih dan dibawahnya saya pikir ada beberapa sesajen. Sayang kalau foto pohon entah jenis apa itu dan bagaimana sejarahnya sampai bisa disakralkan saya tidak ambil gambarnya.








Proses pendakian ternayata tidak semudah yang saya bayangkan. Karena saya membawa beberapa keponakan dan saudara sepupu yang masih kecil - kecil, dan melihat medan yang dirasa cukup sulit untuk dilalui selain orang dewasa, maka akhirnya saya mengurungkan niat untuk mencapai puncak. Alhasil kita balik ke lahan parkir dan menuju ke obyek wisata Embong Nglanggeran yang tak jauh dari Gunung Api Purba. Pada saat di Gunung Api Purba, cuaca sangat cerah. Banyak saya temukan pengunjung yang berdatangan mulai dari keluarga, sepasang kekasih dan juga beberapa rombongan mahasiswa yang membawa tenda untuk menginap di puncak gunung dengan tujuan menikmati keindahan sunset dan sunrise.




Diatas adalah pemandangan Gunung Api Purba yang saya ambil setibanya di lahan Parkir Obyek Wisata Embong Nglanggeran. Bisa dibayangkan bagaimana keindahan pemandangan yang akan didapat jika mendaki sampai puncak. Namun sayang saat itu saya tidak bisa mencapai puncak karena faktor anak kecil.





Sebelum mencapai puncak pegunungan di Obyek Wisata Embong Nglanggeran untuk melihat Danau kecil yang dipenuhi oleh mata air sebelumnya kita harus mendaki anak tangga yang jumlahnya tak sedikit. Untung saja medan disini sudah ditata rapi oleh pengelola wisata sehingga memudahkan para pengunjung untuk mencapai puncak. Berbeda halnya dengan medan yang ada di Gunung Api Purba yang kesannya ditujukan hanya untuk para pendaki dan petualang.








Dan inilah pemandangan keindahan danau yang berada di puncak. Pada saat itu hari sudah sore menjelang petang. Meski begitu para pengunjung masih saja banyak yang berdatangan karena mereka tak ingin melewatkan peristiwa keindahan sunset yang bisa dinikmati diatas pegunungan yang pantulan redup cahaya matahari tergambar indah di tengah tenangnya air danau.

6 comments:

Ina Rakhmawati said...

hmm obyek wisata di kabupaten gunung kidul menurutku emang paling bagus diantara kabupaten lain di yogya. aku sendiri lom pernah ke gunung api purba dan embongnya . tapi kalo liat foto2mu emng bagus nih obyeknya.

Arief W.S said...

Ina Rakhmawati @ Cantiknya obyeknya, yakin deh. Gak kebayang kalau besok udah 100% selesai pembangunan fasilitas tempat wisatanya bakal lebih menawan lagi :) Jangan lupa berkunjung ke gunung api purba kalau suatu saat main ke Jogja :)

imaa Rahmawati said...

Subhanallah..
keren danaunyaaaaaaaaaaa...

Arief W.S said...

Imaa Rahmawati @ hihihi keren abiz pokoknya, apalagi kalau pas sunset Ima :P

Arief Setyadi said...

Masuk nya berapaa?

Arief Setyadi said...

Masuk nya berapaa?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...