Saturday, May 31, 2014

Dreadout Game Lokal Buatan Anak Bangsa yang Patut Dibanggakan

Bosan memainkan game Resident Evil yang selalu saja tak ada habisnya menghajar para zombie yang haus darah dan juga genre-nya yang semakin jauh meninggalkan survivor horror? Atau menyerah dengan game Silent Hill yang kebanyakan selalu memutar otak untuk memecahkan sebuah puzzle yang begitu sulit? Atau malah pusing, mual memainkan game horror - action trilogi FEAR dengan format FPS? Seiring berjalannya waktu, pastinya kita bakal menemukan titik kejenuhan dalam mengikuti sebuah franchise game yang berkepanjangan seperti Resident Evil yang mulai dari 1-6 dan beberapa variannya dan juga game lain sejenis. Kadang kita memerlukan suatu penyegaran dalam game terutama yang bertemakan horror. Apalagi kita mempunyai sebuah kebanggaan dalam memainkannya? Loh, bangga memainkan game? Kuk bisa? Tentu aja bisa, jika saja kita memainkan game buatan anak bangsa yang masuk kategori berkualitas! Memangnya ada? Tentu saja, game itu berjudul Dreadout.

Dreadout adalah game ciptaan anak bangsa yang dikembangkan oleh studio game independent Digital Happines yang berada di Bandung. Dreadout sendiri berjenis game horror. Nah kalau saya bilang game horror dan buatan Indonesia tentunya kalian pasti berpikir langsung mengenai pocong, kuntilanak, sundel bolong dll! Yah memang pikiran kalian tak salah, memang itulah hantu - hantu yang akan dimunculkan di dalam game Dreadout ini. Namun jangan salah tangkap game ini akan menjadi lucu seperti film - film horror yang beredar di Indonesia, buat saya, kalau ada dari sekian banyak dari kalian yang punya riwayat sakit jantung, saya sarankan jangan memainkan game ini! Karena meski mengusung hantu lokal, game ini benar - benar dikemas secara apik dan kesan menyeramkan akan kita temui bahkan di awal permainan.

Bagi yang ingin sekedar mencoba memainkannya, Digital Happines berbaik hati memberikan demonya secara gratis yang bisa didownload dengan ukuran kurang lebih 500-an MB. Di versi demonya, kita langsung dibawa untuk menjalankan karakter utama yakni Linda yang tiba - tiba bangun di sebuah ruangan rumah kuno, ketika dia tersadar dari tidurnya, perhatiaannya tertuju kepada sebuah smartphone bergetar hebat di lantai karena menerima panggilan. Ketika Linda menjawab panggilan tersebut, muncul sebuah suara dari salah satu temannya dan mendadak frequensi menjadi kacau dan suara itu menjadi tidak jelas dan mendadak ponsel mati. Saat itulah sebuah kuntilanak mendadak muncul dibelakang Linda dan permainan mencekam dimulai.

Sedangkan versi originalnya, sebelum memulai permainan kita akan disuguhkan cerita awal bagaimana Linda dan teman - temannya yang kesemuanya masih anak Sekolah Menengah Atas dan seorang guru wanita pemandu menemukan sebuah tempat mengerikan dan akhirnya Linda dan semuanya tersesat di dalammnya.

Memang ada kesan seperti game Silent Hill saat saya mencoba memainkannya atau bisa juga dibilang gabungan antara game Silent Hill dan Fatal Frame. Namun buat saya wajar - wajar saja bila memang ada unsur - unsur diatas toh mungkin developernya salah satu fans game diatas. Meski begitu, kreativitas developer dalam menciptakan game Dreadout ini patut diacungi jempol karena mampu menghadirkan atmosfer mencekam dalam balutan hantu lokal. Bagi kalian yang ingin beruji nyali, tidak hanya berani melihat uji nyali saja di televisi namun serius ingin beruji nyali, silahkan saja main game Dreadout ini!. Intensitas ketegangan yang saya rasakan saat bermain Dreadout ini adalah bisa dikatakan sama seperti memainkan game Dead Space, Metro Last Light maupun Outlast. Kekurangan game ini bagi saya hanya masalah clue maupun informasi detail dalam memecahkan sebuah puzzle. Terlepas itu semua, ada rasa bangga saat memainkan game ini yang tidak saya dapat ketika memainkan game - game lain meskipun lebih bagus daripada Dreadout, yakni karena game ini buatan anak bangsa dan saya bangga memainkannya :)    

15 comments:

Penghuni 60 said...

kirain film sob, ternyata game, dari ceritanya yg sekilas sih, bikin ane penasaran nih.. maklum paling doyan ama yg serba misteri dan serem2 :)

Junkyo No Hikari said...

ini game dari Indonesia? wow :D
cool! XDD

maryam ishmatullah said...

Duh game hantu lagih.. tatut nih ..
taopi bagus banget anak2 indonesia biisa buat yg kaya ginian *prokprokprok

Lee Wa Wan said...

ini yang pernah dimain oleh pewdiepie itu kan???

Arief W.S said...

Penghuni60 @ Nah berarti game ini cocok buat bang Wawan kalau sukanya yang serba serem dan misteri, tak jamin bakal kaget dan dag dig dug mainin nih game :)

Junkyo No Hikari @ iya bener sobat, ini made in Indonesia :) Download demonya dan coba mainkan yawh :)

Maryam Ishmatullah @ Alhamdulillah Indonesia dah ada satu game yang berkualitas :) Gak usah takut, kan cuma game:)

Lee Wa Wan @ Iya gan, Pewdiepie pernah memainkannya dan diupload di Youtube :) Dapat argumen positif juga loh dari IGN :)

sukatribal said...

numpang copy ya sob... biar dikenal semua publik..

http://sukatribal.blogspot.com/2014/06/dreadout-game-lokal-buatan-anak-bangsa.html

JIM said...

sudah pernah dengar kabar ttg game ini sebelum2 ini sih, tapi belum pernah nyoba..

Arief W.S said...

SukaTribal @ Hahahaha terima kasih malahan sudah mau copy artikel saya di blog agan :) Mudah2an gamenya mendulang sukses berkat informasi para bloger - bloger tanah air :)

JIM @ kalau belum pernah coba bisa downlaod versi demonya kuk gan :) Dan coba mainkan malam hari, bakalan susah tidur hehe :D

Gumiho Nita said...

kerennnn

Arief W.S said...

Keren sih iyaaa, tapi seremmnya gak nahann mbak T,T hehe

Junkyo Hikari said...

I see, I might try this one.. :D hehe (but not now, since my laptop had a heating problem) ahaha XD

wow, i didn't know that pewdiepe play this game too? nice :D

Arief W.S said...

Junkyo Hikari @ PewdiePe juga teriak2 gak jelas pas mainin game ini, hehe :)

Junkyo Hikari said...

ahaha, Arief.. kamu buat aku nak main game ni :D

ahaha XD
download XDDD

EPIC said...

keren nie grafiknya... semoga film indonesia bisa kayak game ini

Arief W.S said...

EPIC @ hehehe aku juga berharap Film Indonesia khususnya di sektor horor jangan dinodai ma yang mesum - mesum seperti kebanyakan, nanti unsur horornya jadi berkurang dan kesannya lebih ke komedi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...