Monday, September 22, 2014

Power Bank Advance S42 10.000 mAh. Perangkat Pengisi Daya Gadget Kesayangan, Kapanpun Dan Dimanapun.

Membaca sebuah notifikasi baterai gadget yang kita miliki hanya menyisakan daya 15% saja adalah hal yang sering kita temui sehari - hari terutama di gadget bersistem operasi Android. Notifikasi Low Battery adalah salah satu hal yang dibenci para pengguna, terlebih notifikasi tersebut muncul disaat kita sedang asyik - asyiknya menjalankan berbagai applikasi yang terhubung di internet di saat perjalanan menggunakan transportasi maupun di tempat - tempat umum yang tanpa menyediakan fasilitas stop - kontak untuk memasang charge gadget.

Ketika menemui perkara seperti diatas, jalan keluar alternatif untuk mengisi kembali supplai batterai adalah dengan membawa perangkat pengisi daya portabel atau yang biasa kita kenal dengan istilah Power bank.

Power-bank sendiri keberadaannya mulai marak kita temui dimana - mana setelah menjamurnya era smartphone yang biasa digunakan untuk melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan internet yang tentu saja sangat menguras batterai dibanding dengan sebuah feature phone yang hanya digunakan sebatas sms dan telepon.





Banyak para produsen baik lokal maupun branded ramai - ramai mengeluarkan jenis power-bank dengan berbagai kapasitas dan kualitas. Ada yang mengeluarkan dengan kapasitas daya besar namun minim fitur keamanan regulasi dayanya, ada juga yang mengeluarkan power-bank dengan daya sedikit namun fitur keamanan lengkap dan ada juga yang mengeluarkan jenis kategory power-bank yang perfect seperti keamanan lengkap serta daya besar serta fitur lainnya. Namun biasanya jenis power-bank dengan kategory perfect ini berharga mahal diatas 400rb.



Power-bank yang akan saya bahas kali ini adalah merek lokal keluaran Advance yakni seri S42 dengan kapasitas yang cukup besar untuk menangani gadget masa kini yakni 10.000mAh. Sherina Munaf, artis dan penyanyi yang menjadi ikon produk Advance terpampang cantik di box kemasannya. Bentuk dari power-bank ini pun juga tak kalah cantik modelnya dengan Sherina. Bentuknya persegi panjang dengan warna putih dengan sudut lancip dan lonjong di setiap lekuk sisinya yang saling bersebelahan. Modelnya yang sedikit nyentrik ini sangat nyaman jika digenggam, namun kurang leluasa jika dimasukkan ke saku maupun celana karena ukurannya sedikit besar. Ada sebuah LED menonjol di dekat lampu LED indicator yang bisa digunakan untuk senter jika kondisi lampu mati.

Spesifikasi Power-Bank Advance :
Kapasitas 10.000 mAh
Input Voltage :   5V DC
Input Current :   1000mA (Max)
Out put Voltage : 5V DC
Out Put Current : Out1 1A(Max) Out2 2A (Max)
Operating Temperature : -10--45*C
Dimension : 141mm*54mm*22.5mm
Lifetime : up to 500 cycles 
Fitur : Safe and Reliable, Auto - Off, Convenient Quick.

Ketika power-bank dalam keadaan full, saya mengujinya dengan dua kali mencharge smartphone dengan daya batterai 1800mAh, sekali mencharge smartphone dengan daya batterai 1500mAh dan sekali mencharge sebuah tablet dengan daya 4100mAh sebelum akhirnya power-bank tersebut kosong dan mati. Memang bila digabungkan semua daya gadget yang saya charge menggunakan power-bank Advance menghasilkan daya 9200mAh. Seharusnya power-bank Advance ini masih hidup karena jika kapasitas daya 10.000 mAh dikurangi 9200mAh harusnya masih tersisa sekitar 800 mAh, namun nyatanya disaat pengujian powerbank ini sudah kehabisan daya. Meski begitu, berkat fitur Quick Convenient, mengisi daya dengan power-bank Advance ini lebih cepat dibanding dengan mengisi daya dengan merek lokal lainnya yang setidaknya ada 2 yang pernah saya coba. Fitur Safe dan reliable tidak dijelaskan apa saja yang membuat power-bank ini mempunyai fitur keamanan. Sedangakn firur Auto-off bekerja otomatis secara baik. Ketika power-bank ini mati dalam keadaan kosong, membutuhkan waktu kurang lebih 11 jam untuk mengisinya kembali agar kembali penuh terisi.

Kesimpulan :

Untuk sebuah power-bank dengan kapasitas 10.000 mAh dengan harga 198rb ini memang termasuk sedikit mahal dibanding merek lokal lainnya. Meski begitu, Advance menawarkan garansi 1th yang sangat jarang kita jumpai pada power-bank lokal lainnya yang hanya menawarkan garansi toko paling lama satu bulan saja berapapun kapasitas daya-nya. Selain itu fitur Convenient Quick-nya bekerja baik dalam mencharge sebuah gadget dengan masa isi yang relatif cepat dibanding merek lokal lainnya. Hanya saja fitur keamanan-nya tidak dijelaskan secara gamblang hanya bertuliskan fitur berlambang tameng dengan tulisan Safe dan Reliable. Meski begitu, saat pengisian, suhu powerbank tidaklah begitu panas maupun terlalu over seperti kebanyakan power-bank lokal lainnya dan keadaan gadget saat proses pengisian tak mengalami masalah berarti sampai baterai gadget terisi penuh.

2 comments:

Unknown said...

Mas aku mau tanya. Aku juga beli power bank kayak punya mas dan warna putih juga, tapi kenapa aku gak dapet kepala chargeran untuk charger power bank nya ya? Terima kasih mas sebelumnya

The Other Side said...

Wisnu Setiayon @ Mas Wisnu aku dulu belinya di salah satu toko di Yogya yang emang bekerjasama ma distributor Advannya, jadi pas beli powerbank diatas harga 100K dapet bonus charger Advan keluaran 1 Amphere :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...