Thursday, January 22, 2015

REVIEW XIAOMI RED 1S : JUARA DI ENTRY LEVEL

Ada diantara para pembaca yang belum mengenal merek Xiaomi? Oke, bagi yang belum pernah mendengar atau hanya pernah mendengar sekelumit saja mengenai merek Xioami disini saya akan jelaskan bahwa Xiaomi adalah salah satu merek smartphone asal negeri tirai bambu atau lebih tepatnya Cina. Kebanyakan masyarakat kita memandang bahwa HP buatan Cina memiliki kualitas kelas bawah dan murah harganya. Yah, memang tak bisa dipungkiri karena beberapa vendor lokal kita kebanyakan masih mengimport segalanya dari negeri tirai bambu kemudian direbranding dengan merek lokal. Dan tidak sedikit di lapangan kita menemukan beberapa ponsel buatan Cina sering mengalami kerusakan.

Namun berbeda halnya dengan Xiaomi. Nama Xiaomi mulai berdengung hebat di kancah global memasuki tahun 2014 dan pada pertengahan 2014 Xiaomi sudah memasuki pasar Indonesia. Perusahaan Xiaomi terkenal karena mereka menjual berbagai seri smartphonenya dengan harga yang sangat terjangkau. Namun saya tekankan sekali lagi, terjangkau bagi Xiaomi kualitasnya tidak bisa disamakan dengan smartphone merek Cina lainnya yang sudah ada di Indonesia baik yang sudah mempunyai nama besar maupun sebatas produk rebranding merek lokal. Meski menjual smartphonenya dengan harga yang terjangkau, namun build quality yang diterapkan oleh Xiaomi sangat tinggi. Dan spesifikasi yang diberikan pun tidak tanggung - tanggung. Oleh sebab itu, di berbagai negara yang sudah dihinggapi oleh Xiaomi, termasuk di Indonesia, ketika diadakan Flash Sale, karena sistem penjualan Xiaomi adalah berbasis online dengan mitra resminya yakni Lazzada, setiap diadakan flashsale, hanya dengan hitungan menit bahkan detik, puluhan ribu unit sudah laku terjual.Kenapa Xiaomi mampu dan berani menjual smartphonenya dengan harga murah? Tak lain karena perusahaan Xiaomi hanya mengambil margin keuntungan yang sedikit. Selain itu, kita takkan pernah melihat iklan smartphone Xiaomi di televisi , media massa, spanduk, karena memang Xiaomi tidak beriklan untuk menghemat pengeluaran dan menekan harga jual produknya seminimal mungkin. Xiaomi hanya beriklan maupun promosi produknya menggunakan media sosial yang notabene gratis tanpa ongkos biaya sepersenpun dan juga memanfaatkan rumor kehebatan produknya dari mulut ke mulut sehingga lama kelamaan naman Xiaomi semakin dikenal banyak orang.



Smartphone dari Xiaomi kali ini yang akan saya review singkat adalah seri Red 1S yang ditujukan untuk segmen entry - level atau kelas bawah. Meski ditujukan untuk kelas bawah, namun spesifikasi yang diusungnya tidak bisa dipandang remeh. Red 1S dipersenjatai oleh prosesor besutan vendor Quallcoom dengan seri Snapdragon 400 berbasis quad - core dengan clock yang sudah dioverclock yang mulanya hanya 1,2ghz menjadi 1,6ghz untuk menggenjot performanya. Ram yang disematkan sudah lumayan besar yakni 1GB. Internal yang disediakan adalah 8GB. Layar sebesar 4,7 inch dengan perlindungan Dragontail serta resolusi HD 1280 x 720 dan didukung teknologi IPS sudah disediakan untuk memanjakan mata kita dalam mengoperasikannya sehari - hari. Kameranya pun tergolong bagus, dengan resolusi 8 MP Autofocus menggunakan lensa dari Samsung maka kita bebas mengambil gambar dimanapun dengan kualitas jempolan.Kamera depan 1.6 MP dan tergolong jernih, bahkan bisa ditandingkan dengan hasil kamera depan vendor lokal yang sudah mengusung resolusi 5 MP sekalipun. Baterai yang disematkan hanya 2000Mah. Xiaomi menanamkan interface mereka yang segar dan dapat dimodifikasi bahkan digonta - ganti tema menggunakan MUI. Dari spesifikasi mumpuni diatas, Xiaomi RED 1S ini hanya dijual resmi via online di situs Lazzada seharga 1,5 juta rupiah saja. Sangat terjangkau bagi seseorang yang ingin memiliki smartphone murah tapi mumpuni. Meski dengan harga yang murah dan spesifikasi mumpuni di kelasnya, bukan berarti RED 1 S tidak mempunyai kelemahan. Beberapa kekurangan yang saya catat adalah panas yang kadang berlebihan apabila digunakan dikarenakan prosessor yang ditanamkan sudah dioverclock dari pabriknya sana. Hal itu sedikit mengganggu di genggaman. Selain itu, hanya Sim 1 saja yang mendukung 3G atau HSDPA+, untuk Sim 2 nya hanya sebatas EDGE. Meski begitu, kelebihannya lebih menonjol daripada beberapa kekurangannya yang menjadikan smartphone ini mampu dijadikan pilihan utama bagi yang berbudjet minimun.

Spesifikasi Xiaomi RED 1S berdasarkan applikasi sistem oleh Antutu :







Hasil Benchmark Menggunakan Antutu, Quadrant, Nenamark 1 dan 2 :





Hasil Kamera :





Kesimpulan :
+ Harga Terjangkau
+ Spesifikasi Mumpuni
+ Kamera Juara Dikelasnya

- Panas Gadget berlebih Yang Kadang mengganggu

9 comments:

cahyo jm said...

wah cakep banget ms

JIM said...

waw greget.
bisa masuk daftar yang patut dibeli nih.

Adi Yulianto said...

yes! great! gw juga pengguna xiaomi.. interface-nya juga mirip banget kayak iphone

Arief W.S said...

Cahyoo @ Cantik mungkin bukan cakep bang hehe :)

JIM @ Itu wajib gan, Smartphone rekomendasi pokoknya :)

Adi Yulianto @ Iya gan, assesoris nya juga kalau dipasang hampir mirip Iphone jadinya, hehe :)

Tuxlin said...

Untuk kelas Rp 1,5 jutaan, Redmi 1S memang belum ada lawan, hehehehe Cuma update Android nya aja yang agak lama :D

cahyo jm said...

selamat malam ms,,, berkunjung sambil review HP baru :D

Arief W.S said...

Tuxlin @ hihi benar gan, update Android dan MUI 6 nya yang ditunggu2, tapi Redmi 2 sepertinya lebih pantas ditunggu karena spek lebih menggoda, hehe :)

Cahyo JM @ Makasih bang Cahyo dah mau berkunjung lagi :)

Mita said...

kayaknya xiaomi lagi hits banget yaaah.

Btw, itu tipis banget. Agak ngeri kalo jatoh :|

Arief W.S said...

Mita @ Ngehits ?? kaya lagu aja, hehe :D Ya emang lagi naik daun Xiaomi tahun ini :) Gpp, tenang aja, kalau jatuh gak bakal pecah kacanya dan retak bezellnya, kuat kuk. Kalaupun misal keinjak dan casing belakangnya retak atau pecah, accesorisnya banyak di pasaran :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...