Sunday, February 15, 2015

Tips Memilih Powerbank

Tulisan kali ini saya ingin sekedar berbagi pengalaman saja bagaimana cara memilih powerbank yang baik dan handal. Saya sendiri, pertama kali membeli sebuah powerbank kurang lebih pada akhir 2012. Jika mengingat ingat akhir tahun 2012, suasananya pasti terbawa ke saat - saa bertepatan dengan dibuatnya blog saya ini. Oke kembali ke pokok ulasan, powerbank yang pertama kali saya beli saat itu adalah merek Cross berkapasitas 8800mAh dengan harga 280.000. Ketika masa penggunaan kurang lebih 3 bulan, kemampuan powerbank tersebut mulai menurun ditandai dengan jika biasanya mengisi daya full hanya membutuhkan waktu 8 jam saja, lama kelamaan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh daya powerbank tersebut lebih dari 10 jam lamanya. Mengetahui hal itu saya langsung saja menjual murah powerbank itu kepada teman saya. Sejak saat itulah, saya mulai membaca artikel dan menonton video mengenai seluk beluk powerbank yang masuk kategori bagus.

Biasanya konsumen tergiur dengan powerbank berlabel merek terkenal semisal Samsung, Toshiba, LG, Dll. Namun, pengalaman yang belum lama saya alami, menjadikan saya berfikir bahwa merek terkenal pun tidak menjamin kualitas powerbank tersebut berdasarkan kriteria tertentu. Ceritanya sebulan yang lalu saya membelikan powerbak merek Genius untuk adik saya. Seperti yang sudah kita ketahui pada umumnya, bahwa merek Genius termasuk brand besar yang sudah lama berkecimpung di peripheral komputer seperti keyboard, speaker, headphone, card reader, Dll. Berdasarkan nama besar Genius tersebut, saya putuskan untuk membeli powerbak tersebut. Namun memang ada hal mengganjal dalam pikiran saya ketika melihat kemasan powerbank tersebut. Karena pada saat membeli powerbank tersebut saya sudah sedikit paham bagaimana powerbank yang baik itu, ketika mengetahui bahwa di label spesifikasi kemasan powerbank tersebut tak mencantumkan bahwa baterai apa yang dipakai, semisal samsung cell, atau sanyo cell dll. Dan juga saya tak menemukan fitur keamanan satupun yang disertakan di label. Serta harga yang murah, dengan kapasitas 5600Mah, powerbank Genius ini dihargai 110.000 saja. Saya sempat berfikir apa ini produk palsu? Tapi melihat di dalam kemasan terdapat lengkap buku panduan, kartu garansi, dll, saya akhirnya yakin bahwa ini produk asli dan mungkin hanya powerbank kelas bawah yang dikeluarkan oleh vendor besar Genius. Permasalahannya terjadi sebulan pemakaian oleh adik saya. Tiba - tiba saja adik saya mengeluh bahwa powerbanknya mendadak mati total. Nah, saat itu saya kaget, bahwa powerbank meski kelas bawah dengan harga murah keluaran vendor besar seperti Genius mempunyai kualitas yang buruk. Sebenarnya powerbak itu bergaransi 1 tahun, namun saya tidak menggaransikannya, suatu saat saya akan membelikan powerbak yang lain untuk adik saya, jadi setelah tahu powerbank itu mati, saya lebih memilih membongkarnya dan penasaran melihat isi dalamannya.






Begitulah, isi dalaman powerbank Genius dengan kapasitas 5600Mah. Karena dikeluarkan oleh vendor besar Genius, sangat terlihat komponenya sangat rapi. Baterai yang disematkan pun bukan jenis abal - abal, melainkan keluaran Samsung, dan tentu saja batterai dengan jenis ini mempunyai kualitas. Lalu mengapa mendadak mati total jika batterai yang dipakai sekelas Samsung? Saya bukan teknisi, dan disini hanya sekedar menebak saja dengan pemikiran logis dengan sedikit pengetahuan saya bahwa powerbank keluaran Genius ini bisa dibilang tidak jelek, karena melihat dalaman dan batterai yang digunakan adalah Samsung. Hanya, karena ditujukan untuk segmen kelas bawah, untuk menekan harga, mungkin di seri ini tidak disertakan fitur keamanan yang lengkap. Saya juga sudah mengecek seri ini disitusnya, saya tidak menemukan satupun fitur keamanan. Sehingga, meski memakai batterai keluaran Samsung, tetap saja potensi ancaman yang biasanya berupa arus listrik dari luar tetap dapat merusak powerbank tersebut. 

Nah, dari pengalaman diatas, saran saya, sebelum membeli powerbank, telitilah dengan cermat spesifikasi apa yang ditawarkan. Semisal jenis batterai merek apa yang digunakan. Memang tak semua vendor mencantumkan jenis batterai yang digunakan. Kemudian yang terpenting adalah fitur keamanan. Setidaknya, harus ada 2 atau 3 fitur keamanan yang harus disematkan pada sebuah powerbank. Anda bisa melihat di kemasan mau di situsnya langsung. Apabila tidak ditemukan fitur keamanan, bahkan itu produk keluaran merek terkenal sekalipun, lebih baik Anda jangan membelinya. Memang merek terkenal memberikan garansi panjang 1 tahun, tapi jika powerbank itu mendadak rusak di tengah jalan, tentu saja Anda pasti kesal, dan memakan waktu mengurusi garansinya. Ibarat seseorang yang sedang sakit demam ditambah diare menaiki sebuah sepeda motor namun dengan memakai helm meski sebatas pinjam teman, namun helm itu memiliki perlindungan sekelas helm moto GP. Ditengah jalan orang itu ditabrak oleh truk yang kemudian orang itu mendapati dirinya bangun dirumah sakit dan bersyukur dirinya selamat. Sedangkan disisi lain seseorang yang sehat jasmani berbadan kekar menaiki motor Harley bertenaga 200 kuda melaju cepat, kemudian menabrak pembatas jalan, dan akhirnya si pengendara tewas seketika akibat kepalanya membentur aspal karena tidak menggunakan helm. Jika diimplementasikan ke dalam sebuah powerbank, fungsi helm tersebut sama halnya dengan fitur keamanan sebuah powerbank. Namun powerbank dengan fitur keamanan yang tinggi, biasanya terkendala di sektor harga. Dan lagi, jangan pula terkecoh dengan powerbank dengan label merek terkenal namun dengan harga super murah dengan hanya menyertakan garansi mingguan bahkan satu bulan saja. Usut punya usut ketika saya menyimak sebuah video penelusuran powerbank jenis - jenis seperti itu di Youtube, saya mendapat informasi bahwa powerbank - powerbank seperti itu hanyalah powerbank dengan batterai bekas dan diberi kemasan baru dan dilabeli merek terkenal saja. Jadi hati - hati jangan sampai terkecoh.

Nah, dibawah ini akan saya kasih salah satu contoh powerbank yang bisa diandalkan. Saya sendiri memakai sebuah powerbak dengan merek Xiaomi. Sebenarnya banyak powerbank bagus lainnya selain Xiaomi seperti Probox, Asus Zenpower, SPC Transformer, Sony, Panasonic, DLL. Namun karena faktor harga yang lebih murah, saya memilih powerbank Xiaomi berkapasitas 5200 Mah dengan fitur keamanan super komplit. Dibawah ini saya kasih seperti apa wujudnya, dan fitur keamanan apa saja yang disertakan. Oke, sampai disini saja artikel ini. Semoga pengalaman dan tips saya membantu pembaca agar tidak salah atau terkecoh dalam memilih powerbank.  



 

12 comments:

S.O.B said...

sy beli powerbank merk samsung... ga bisa buat ngecharge, cm bisa mempertahankan hidup hape sy selama 30mnt... miris bener, beli yang murah tapi ga bisa dipakai... sama aja beli lagi

Adi Yulianto said...

power bank merk xiaomi, lumayan oke! sebagai new comer, xiaomi cukup diperhitungkan sama kompetitor penyedia power bank..

Fhatin Amelia said...

nice share :D thanks for the info yaaa :)

Citra Pradipta Hudoyo said...

Berarti kalau mau beli PB tu yang ada fitur keamanannya yah. Fitur keamanan yang paling di PB tu yang mana si?
Mengingat banyak sekali fitur keamanan yang ditawarkan PB.

cahyo jm said...

teimakasih ms tipsya, sy dl langsung beli j mslhnya gtw sblmnya :D

JIM said...

wah, bermanfaat nih ulasannya...
jadi harus hati2 nih dengan sistem keamanannya

Arief W.S said...

S.O.B @ Setahuku merek Samsung di Lazzada ori-nya diatas 500ribu gan :) jadi kalau ada mereke samsung kisaran 50rb - 100an ribu, ane bisa pastikan itu palsu :)

Adi Yulianto @ Setujua gan, Powerbank Xiaomi murah + punya keamanan kelas dunia :)

Fhatin Amelia @ Terima Kasih Mbak Fhatin udah berkunjung :)

Citra P.H @ Fitur keamanan di P.B banyak mas Dipta. Karena saking banyaknya, setidaknya minimal PB itu harus menyertakan ada 2 - 3 saja fitur keamanan itu sudah bagus. Salah satunya seperti Auto Voltage Regulator yang berfungsi sebagai penyetabil arus dan tegangan out put, agar aman digunakan untuk smartphone dan gadget lainnya. Masih banyak lagi seperti power intelligient circuit, stable circuit power control, Dll. Dan semakin banyak fitur keamanannya, maka semakin tnggi juga biasanya harga sebuah P.B, namun dibalik biaya yang dikeluarkan, tentunya akan mendapatkan P.B yang berkualitas.

Cahyo J.M @ Makasih juga mas Cahyo dan mau berkunjung :)

JIM @ hehe, hati - hati saat memilihnya gan :D bukan dengan sistem keamanannya :P

Ina Rakhmawati said...

wah artikelnya ok.
kebetulan saya mau cari power bank. bisa buat referensi

Arief W.S said...

Ina @ hehe tahun 2015 nih PNS kayaknya wajib punya powerbank, masak pinjam muridnya hihi :D

Dedaunan said...

wah lengkap banget ulasannya
cocok ini kalau mau mencari power bank

Arief W.S said...

Dedaunan @ Hehe iya mbak Suzy. Harus punya powerbank kan mbak sering tamasya hehe :)

The Minecraft_Gamer said...

Powerbank abal-abal kali...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...