Saturday, April 11, 2015

Review Netbook Axioo Pico CJM D825 : Beragam Pilihan Warna Untuk Jiwa Muda

Sering bepergian namun bukan untuk tamasya dan shoping alias karena urusan bisnis dan pekerjaan serta diharuskan setiap saat membuat sebuah laporan? Yah begitulah, di era modern sekarang duduk sambil minum kopi di cafe bukan lagi dikategorikan untuk bersantai. Karena bisa saja, bagi sebagian orang cafe merupakan tempat yang rileks untuk membuat entah itu laporan digital maupun pekerjaan. Berpergian ke rumah teman kesana maupun kemari bukan berarti dikategorikan untuk bersenang – senang, karena bisa juga untuk mengerjakan tugas sekolah. Berpergian ke mall,  pantai, alun – alun, perpustakaan bukan berarti dikategorikan sebagai jalan – jalan mencari udara segar ataupun cuci mata, tapi bisa saja untuk observasi tugas kuliah. Maka untuk menunjang melaksanakan tugas – tugas di atas entah itu pekerja, karyawan, mahasiswa maupun siswa sekolah biasanya membutuhkan sebuah laptop sebagai sarana ataupun komputasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Alasannya simpel, karena laptop bisa dibawa kemana – mana dan praktis mampu menyelesaikan pekerjaan saat itu juga apabila materi sudah didapat.

Sayangnya, ukuran laptop dan berat bobotnya kadang menjadi keluhan banyak orang. Sering kali, pengguna malah merasa terbebani  jika harus menenteng laptop kesana dan kemari. Tenaga pun lebih banyak terkuras. Belum lagi jika cuaca yang tidak bersahabat. Perasaan akan menjadi was – was akan kondisi laptop jika dalam perjalanan terguyur hujan. Biasanya hal ini banyak dialami oleh para pengguna pemakai sepeda motor dan para siswa yang masih bersepeda. Untuk para pengguna kendaraan beroda empat, berat dan ukuran laptop takkan berpengaruh apapun.

Untunglah, saat ini ada yang disebut dengan netbook. Yakni perangkat komputasi yang berukuran lebih kecil dari laptop dan mampu menangani sebagian besar tugas yang dilakukan oleh laptop. Netbook pertama kali populer sejak diperkenalkan oleh Asus dengan seri EE Pcnya. Awalnya, netbook hanya dibebankan untuk tugas – tugas ringan seperti mengetik dokumen dan browsing. Karena semakin majunya teknologi  saat ini maka spesifikasi netbook keluaran tebaru hampir bisa menjalankan multimedia level HD dan sebagian game.

Biasanya layar terkecil yang dimiliki oleh sebuah laptop adalah 14 inch kebanyakan saat ini. Sedangkan netbook generasi awal adalah 7 inch dan sekarang secara umum yang ditemui di pasaran adalah layar 10 inch. Dengan ukuran layar yang kecil, otomatis secara keseluruhan netbook mempunyai bentuk yang mungil dan sangat enak untuk dibawa kemana – mana. Alhasil, keluhan kebanyakan orang mengenai beban laptop yang mengganggu saat diajak untuk mobile terjawab sudah dengan adanya netbook. Cuma sayang, netbook tidak mempunyai fitur selengkap laptop seperti absennya media DVDRW serta minimnya jumlah colokan usb dan port interface lainnya.

Ketika artikel ini ditulis dimana kondisi dollar yang semakin melemah menyentuh angka 13.000 rupiah, maka hal itu berpengaruh terhadap harga – harga komponen komputer yang sangat sensitif terhadap pergerakan nilai dollar AS. Imbasnya pun terasa pada kenaikan harga – harga baik laptop maupu netbook. Meskipun begitu, Axioo, salah satu vendor lokal yang sudah lama berkecimpung di bidang komputer mengeluarkan salah satu seri netbook CJM D825 dengan harga yang sangat terjangkau dikala dollar sedang melemah yakni hanya Rp. 2.400.000 rupiah ketika artikel ini ditulis.

Meski harga terjangkau, namun netbook Axioo CJM D825 ini mempunyai spesifikasi yang bisa dibilang cukup mumpuni. CJM D825 dibekali dengan prossesor intel atom D2500 dual - core dengan kecepatan 1,86Ghz. Ram yang dibenamkan sebesar 2GB DDR3 dan mampu diupgrade menjadi maksimal 4GB DDR3 PC 10600. Hardisk yang disediakan cukup lega yakni sebesar 500GB. Mempunyai layar 10 inch yang cukup jernih. Vga yang diusung menggunakan intel GMA 3600. Dan menariknya, speaker yang digunakan disertakan fitur DOLBY ADVANCED AUDIO V2. Sehingga dalam menjalankan konten multimedia tentu saja akan menambah rasa kepuasan tersendiri. Selain itu fitur yang lain adalah webcam, card reader, dan Wi-Fi. Port yang disediakan antara lain usb 2.0 sebanyak 3 buah, port VGA, port HDMI, Jack 3.5 audio dan Mic, serta RJ45. Sayang baterai yang disertakan hanya sebesar 2200 Mah, dimana ukuran tersebut terlalu kecil untuk ukuran netbook sehingga CJM D825 ini hanya bertahan maksimal 2,5 jam pemakaian saja. Namun itu wajar mengingat harga yang ditawarkan cukup terjangkau.






Jika menarik kesimpulan mengenai netbook diatas, maka dengan kelebihan spesifikasi yang cukup mumpuni, hardisk yang besar, audio yang jempolan, maka Axioo CJM D825 ini mampu menemani kapanpun dan dimanapun Anda berada dalam mengerjakan segala tugas yang menjadi profesi Anda dan sebagai hiburan multimedia ringan. Disamping modelnya yang bagus, warna yang ditawarkan pun beragam ada merah, hijau, hitam, ungu, biru, coklat, sehingga membuat Anda yang memegangnya serasa menjadi fresh, energik seolah kembali menjadi jiwa muda yang penuk ekspresi. Disamping itu bobotnya yang ringan membuat pengguna semakin nyaman menentengnya kemana saja. Kekurangannya hanya pada absennya bluetooth dan kecilnya ukuran daya baterai.           

2 comments:

Anonymous said...

sorry gan, saya ada notebook Axioo mirip banget sama ini dan baterainya udah drop.
saya bingung tipe notebook saya apa, kalo saya buka baterainya W217BAT-3 apa sama dengan CJM 825 ini baterainya ?

karena ketika saya googling Axioo W217cu/CJM dan CJM 825 ini berbeda. saya ingin mereplace baterainya, kalau dilihat dari Cpu-Z prosesor di Freq 1.86 dan Hdd 500 Gb saya merasa agak yakin kalau notebook saya ini CJM 825. tapi karena baterai ini yg bertuliskan W217BAT-3 saya jadi ragu membeli baterai CJM 825.

kalo barang masih ada boleh minta informasi baterainya gan ?
terimakasih.

Arief W.S said...

Iya sama dengan CJM 825 batterainya yakni W217BAT-3 (SIMPLO) 2200mAh

Pengalamanku beli baterai, jangan disebutin seri laptopnya, tapi bawa baterainya ke toko penjual baterai gan. Soalnya dulu saya pernah pgn beli baterai tapi nanya - nanya dulu di tempat penjualnya apakah ada baterai laptop untuk seri MSI xxx, udah banyak toko ane tanyain gak pada jual cuma gegara dengar merek laptop dan seri laptopnya. Tapi setelah ane bawa contoh baterainya ke toko, ternyata baterai buat MSI modelnya sama dengan yang dipakai buat seri Axioo. Jadinya ane ditawarin yang Ori pa KW Super, akhirnya beli yang KW super untuk seri Axioo cuma 350rb tapi bisa dipakai buat laptop MSI ane.

Dulu pas beli baterai MSI itu ane pernah iseng tanya harga W217BAT-3 untuk Ori nyampe 700 gan, mahal banget. Tapi mudah2an KW supernya ada.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...