Wednesday, August 19, 2015

Review Evercoss Winner T A74A : Murah Dengan Build Quality Yang Oke

Smartphone For Everyone. Itulah slogan yang diusung oleh Evercoss ketika kita menemuinya di iklan baik media cetak maupun televisi. Maksud dari slogan itu adalah smartphone yang bisa menjangkau seluruh kalangan dengan lebih menekankan di faktor harga. Dari dulu memang produk keluaran Evercoss selalu mempunyai harga yang miring bahkan bersaing dengan sesama merek lokal yang lain. Kali ini saya akan mereview singkat salah satu produk keluaran Evercoss yang berharga terjangkau dan juga mewakili slogan yang diusungnya yakni Smartphone For Everyone.

Winner T atau disebut juga seri A74A adalah salah satu smartphone terbaru keluaran Evercoss yang ditujukan untuk sektor kalangan menengah kebawah. Dengan harga yang sangat terjangkau yakni hanya 660 ribu rupiah saja ketika artikel ini ditulis ( setiap area mempunyai harga yang berbeda ) Kita sudah disuguhkan sebuah smartphone yang setidaknya sudah mampu menghandle kebutuhan kita sehari – hari akan dunia maya. Hadirnya Evercoss A74A ini mengindikasikan bahwa berselancar di dunia maya, menikmati hiburan virtual, mendokumentasikan moment tak harus selalu mahal. Dengan banyaknya pilihan seri yang diluncurkan oleh berbagai vendor lokal yang salah satunya adalah Evercoss, dengan harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat kelas menengah kebawah, kini kesenjangan mendapatkan akses informasi pun semakin memudar. Jika dulunya mungkin kalangan atas lebih banyak mendapatkan opsi dalam menerima akses informasi lewat dunia maya dengan smartphone yang relatif mahal, kini golongan bawah pun dengan munculnya smartphone – smartphone berharga terjangkau mempunyai kapasitas yang yang sama untuk mengakses informasi di dunia maya.

Murah berarti murahan? Ya image seperti itu memang sudah menempel erat di masyarakat akan smartphone – smartphone lokal yang biasanya langsung diimpor dari negeri Tiongkok. Di beberapa seri Evercoss pun sebenarnya ada yang murah tetapi memang benar – benar murahan. Untuk kategori yang murahan seperti itu biasanya saya enggan mereviewnya. Karena tidak ada untungnya juga memberikan informasi barang yang murahan kepada pembaca. Saya biasanya mereview barang yang murah tetapi tidak murahan dari segi spesifikasi, fungsionalitas dan kualitas. Yap salah satunya adalah seri Winner T atau Evercoss A74A ini.

Dengan hanya mematok harga dibawah 700ribu saja, Evercoss A74A sudah memberikan kita spesifikasi smartphone yang bisa dibilang sedikit Wow dikelasnya. Saya sendiri awalnya agak kaget melihat smartphone dengan ram sebesar 1 GB dirange harga dibawah 700rb. Namun ketika diusut, ternyata A74A ini memakain CPU buatan Spreadtrum. Bisa disimpulkan prossesor Spreadtrum ini mempunyai harga lebih murah dibanding prossesor buatan MTK seperti yang digunakan Evercoss pada kebanyakan produknya sehingga harga A74A ini mampu ditekan semaksimal mungkin. Meskipun prossesor  Spreadtrum yang dipakai oleh A74A ini sudah Quad – Core, namun performanya bagi saya masih lebih sedikit kencang prossesor buatan MTK yang sama – sama mengusung Quad – Core. Lalu bagaimana penggunaan sehari – hari dengan menggunakan prossesor buatan Spreadtrum pada A74A? Saya tidak mengalami banyak masalah ketika menggunakannya selama 3 hari. Untuk browsing, multimedia, gaming, tak ada kendala. Kekurangan saya pada A74A ini secara penggunaan pribadi adalah sensitifitas tochscreennya yang kurang nyaman.

Untuk Spesifikasi Bisa Dilihat Pada Gambar Dibawah Ini :


Hal yang menjadi nilai plus bagi saya pada Evercoss A74A ini adalah mempunyai desain dan build qualitinya yang terkesan oke. Anda tak akan merasa memegang Hp lokal ketika memegang A74A ini dikarenakan material plastiknya sangat bagus dan enak digenggam. Bentuk casing penutup belakangnya yang sedikit lonjong mengingatkan saya akan model smartphone keluaran Asus di seri Zenfonenya. A74A ini terasa agak berat karena bezelnya terbuat dari allumunium yang solid. Kaca depannya pun sudah diberi perlindungan Hard Glass Screen menjadi nilai plus bagi smartphone ini.

Performa keseharian sangat oke untuk menjalankan beragam aktifitas dunia maya. Internal memori 8 GB yang diberikan sangat leluasa untuk menyimpan banyak applikasi dan lagi masih mampu diekspansi menggunakan microSD. Hasil kamera pada siang hari masih bisa dikatakan lumayan bagus. Rekaman Videonya pun mampu merekam video sampai resolusi Full HD 1080p. Dari berbagai kelebihan di atas ada juga beberapa kelemahan dari A74A ini diantaranya adalah sensitifitas touchscreen yang dinilai kurang. Mengambil gambar menggunakan kamera pada malam hari tak bisa diandalkan karena lampu penerangan flashnya mempunyai daya yang rendah. Karena mempunyai build quality yang bagus kombinasi seperti bezel allumunium yang solid dipadukan dengan kaca hard glass screen membuat smartphone ini mempunyai bobot yang agak berat di genggaman

Dibawah adalah beberapa tes yang dilakukan untuk menguji performa smartphone A74A ini dengan menggunakan applikasi Antutu Benchmark, Nenamark 1 dan 2 serta Quadrant Standart : 




    
Berikut Adalah Hasil Kamera Dan Video Rekaman Resolusi Full HD 1080 Dari Evercoss A74A :




7 comments:

Gustyanita Pratiwi said...

evercross sekarang makin gaya y

Arief W.S said...

Gustyanita Pratiwi @ Yang bener bikin orang yang berkantong pas - pasan bisa bergaya hihi :)

saadiah muji said...

Kulit kering? Ikuti tips menarik sini Kulit Kering dan Puncanya

R.H. Roish said...

gan, mau tanya ketahanan baterainya gimana yah??

Arief W.S said...

R.H Roish @ Baterainya kemarin tidak terlalu begitu diuji. Indikator kekuatan baterai setahu saya dari charge full pada pagi hari digunakan beberapa kali sms dan beberapa kali whats apps, sampai malam masih nyala HPnya mas Rosih, jadi itu gambaran pemakaian ringan saja setidaknya.

R.H. Roish said...

oowh. oke gan, makasih infonya...

Rexylla said...

nice sharing...


jemput singgah ke blogshop kami.
kami menjual blouse, maxi dress & jubah yang cantik-cantik.
kami turut menjual perfume original (tester & miniature).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...