Sunday, January 26, 2014

Total War : ROME 2, Sebuah Game yang Benar - Benar Menguras Waktu dan Pikiran.

Apakah ada diantara kalian para blogger dan pembaca yang gemar memainkan sebuah game? Kalau iya, pernahkan kalian mempunyai sebuah game yang sangat rumit dan menguras waktu dan otak? Mungkin jawabannya ada yang iya maupun tidak. Bagi saya sendiri, ada sebuah game yang menurut saya berbobot dan benar - benar menguras waktu dan otak kita untuk bekerja keras. Game itu adalah Total War : ROME 2. Game Total War : ROME 2 sendiri adalah game strategi perang yang rumit dan memang berdasarkan fenomena sejarah di masa lalu dengan mengambil setting masa kerajaan Romawi. Game ini sendiri menuntut kita untuk mengembangkan wilayah kerajaan Roma dari awal tahun 271 sebelum masehi hingga kita bisa menguasai seluruh daerah yang jaman dulu pernah dikuasai oleh kerajaan Romawi yakni dari ujung Caledonia mungkin sekarang Irlandia, Eropa, sebagian kecil Afrika termasuk Mesir, dataran Arab dan juga kerajaan - kerajaan timur yang berbatasan dengan India termasuk Persia.

 Dalam game Total War : ROME 2, Diplomasi dan Politik serta manipulasi benar - benar akan membuat otak kita pusing dalam menentukan sebuah keputusan.

Di game Total War : ROME 2 ini, kita benar - benar dituntut untuk mempunyai manajemen yang hebat dalam mengatur sebuah negara dan strategi untuk memperluas wilayah dan juga memenangkan perang. Menguasai wilayah, tidak harus dengan mengambil tindakan perang, disini kita juga bermain politik yakni diplomasi dengan kerajaan - kerajaan di negara lain. Perang adalah jalan terakhir yang mungkin ditempuh jika jalan diplomasi tak berjalan dengan lancar. Selain politik, kita juga dituntut untuk mengembangkan tata pemerintahan, entah itu pembangunan sarana untuk masyarakat, sekolah, militer, DLL. Bila ada suatu daerah yang sudah kita kuasai namun kita lalai dalam mengaturnya, itu hanya akan membuat masyarakat di dalam wilayah kekuasaan kita melakukan pemberontakan. Jadi memang, selain harus melaksanakan kewajiban ekpansi wilayah kerajaan, kita juga harus fokus pada pengembangan pemerintahan agar daerah jajahan kita juga makmur.

 Selain berpolitik, kemampuan kita dalam mengelola sebuah pemerintahan juga akan diuji mulai dari pembangunan, pajak, militer, teknologi, pertanian, DLL. Tujuannya menciptakan keseimbangan pembangunan untuk kemamakmuran rakyatkanya baik negara sendiri maupun jajahan dan untuk menghindari pemberontakan.

Game Total War : ROME 2 ini bukanlah game ringan karena membutuhkan spek komputer yang tinggi untuk menjalankan-nya, minimal harus prosesor Quad-Core dan Ram 4GB. Sedangkan untuk urusan VGA setidaknya harus 1GB ukuran memori-nya . Game ini berukuran besar sehingga memerlukan space 20GB untuk menginstallnya dikarenakan dunia yang dihamparkan dalam game ini juga sangat luas dan berdasarkan fakta sejarah. Kelebihan game ini adalah melatih manajemen kita dalam mengambil sebuah keputusan, salah diplomasi, salah mengatur ke-tata negaraan, salah strategi saat perang, hanya akan menimbulkan efek kerugian. Jadi selama memainkan ini kita dilatih agar tidak ceroboh dalam mengambil keputusan. Contohnya seperti jika kita hanya memfokuskan anggaran negara untuk militer saja, maka rakyat akan berontak dan bisa saja kudeta terjadi. Dampak lain dalam memainkan game ini dalam kehidupan mungkin dapat membuat kita semakin cermat memanajemen sesuatu, entah itu sekolah, pekerjaan, rumah tangga, keagamaan dan juga tak tak ayal suatu saat jika menjadi pejabat di tata kota, kita bisa lebih cermat mengawasi laju perkembangan pembangunan, lebih sigap dalam antisipasi bencana seperti banjir dll. Selain itu, dalam memainkan game ini secara langsung kita juga dapat mengetahui sejarah yang terjadi dari tahun 271 sebelum masehi hingga 400an masehi, dimana saat itu berdiri banyak kerajaan dan kebudayaan - kebudayaan hebat  toh game ini segalanya mengenai setting tempat dan berbagai kerajaan dan kebudayaannya benar - benar mencantumkan data asli.

 Inilah peta yang disediakan oleh game ini. Peta di atas adalah nama - nama negara dan berbagai kerajaan yang ada pada tahun 271 sebelum masehi. Kita tidak akan menemukan nama Spanyol, Prancis, Arab Saudi, Irak, Inggris, karena saat jaman itu memang belum ada. Klik kanan dan buka new tab untuk lebih jelasnya. Daftar negara - negara diatas adalah daerah yang nantinya harus kita kuasai, sungguh pusing bukan untuk menguasai daerah sebesar itu,padahal Roma digambarkan awalnya hanyalah negara kecil. Sekilas memang mustahil menguasai semuanya, namun faktanya kerajaan Romawi jaman dahulu berhasil menguasainya dan tugas kita dalam game hanya mengulanginya saja sesuai kemampuan otak kita.





Perang adalah jalan terakhir jika upaya diplomasi gagal. Dalam perang pun kita masih dipusingkan oleh bagaimana kita mengatur strategi. Meningkatkan moral pasukan. Menembus benteng musuh. Dan masih banyak hal lain sebagainya. Perang terdiri dari dua wilayah yakni daratan dan lautan. Selain tentara, kita juga mempunyai mata - mata yang bertugas untuk memanipulasi maupun mensabotase musuh dan menjadi alibi.

Dari memainkan game ini saya sendiri jadi tertarik untuk membuka wikipedia dan membaca - membaca sejarah ROMA, dan juga malah kebla-blasan saking asyiknya membaca - baca sejarah kerajaan - kerajaan lain yang saya lawan di dalam game. Sekilas mengenai kerajaan ROMAWI, kerajaan ini mulai memperluas wilayahnya kurang lebih dari tahun 271 sebelum masehi dan mempunyai wilayah kekuasaan paling besar pada tahun 107 masehi dengan besar wilayah 65 juta km. Saking besarnya wilayah kekuasaan, akhirnya pusat kekuasaan dibagi dua yakni di Barat dengan Ibukota ROMA di Italy dan di Timur dengan awal ibukota Byzantium dan akhirnya berganti nama menjadi Konstatinopel. Ibukota wilayah Roma di Barat sendiri hancur setelah banyaknya perpecahan dan faktor yang lebih penting karena diserang oleh suku bar - bar yakni orang - orang Jerman pada tahun 400an masehi. Sedangkan kekuasaan Romawi di timur tetap berlangsung lama hingga tahun 1453 saat Konstatinopel ditaklukkan oleh Sultan Mehmed II yang juga sebelumnya pernah diramalkan oleh Nabi Muhammad SAW. Konstatinopel sendiri saat ini bernama Istanbul yang ada di Turki. Oleh sebab itu jangan heran jika di Turki banyak sekali bangunan - bangunan Kristen karena dulunya Istanbul adalah pusat pemerintahan Romawi Timur berbasis negara Kristen. Ada juga bangunan Hagia Sopia yang dulunya adalah Katedral, setelah Konstatinopel dikuasai Islam, bangunan itu dijadikan Masjid. Di atab kubah Hagia Sopia terdapat lukisan Bunda Maria sedang memangku Nabi Isa dan dibawahnya ada Tulisan Allah dan Muhammad dengan bahasa Arab. Setelah Konstatinopel jatuh ke tangan Islam jalur dengan Eropa terputus, karena saat itu negara - negara Islam merupakan sebuah Super Power-nya dunia hingga beberapa abad lamanya setelah dulunya posisi itu diduduki oleh Roma, dan sekarang ini oleh Amerika. Setelah jatuhnya Konstatinopel di tangan Islam, Eropa tak berani mengambil jalur ke rute Timur oleh sebab mereka mencari rute lain yang akhirnya membawa Belanda ke Asia Tenggara dan menjajah negara kita tercinta ini Indonesia selama 350 tahun.

Gambar di atas adalah illustratis kota Konstatinopel pada jaman dahulu. Bisa dibilang Konstatinopel adalah New York, Washington maupun Los Anglesnya dunia pada jaman dahulu karena bangunan-nya yang megah serta teknologi yang berkembang. Awalnya adalah Pusat kekuasaan Romawi belahan Timur berbasis Kristen dan kemudian diambil alih oleh Dinasti Utsmaniyah oleh Sultan Mehmed II hingga sekarang menjadi Istanbul di Turki dengan basis negara Islam.

13 comments:

Purnomo Jr said...

mungkin butuh extra waktu buat ngemaininnya ya mas :)

Penghuni 60 said...

Wah, gila sob, ngliat gambar2nya aja udh puyeng, gmn kalo maininnya, nyerah deh.. tp biasanya sih kalo yg gila game, semakin rumit game pasti semakin bikin penasaran

Arief W.S said...

Purnomo Jr@ Iya betul butuh banyak waktu memang, tapi saya sudah berhenti kuk mainnya, soalnya waktu gak memungkinkah saat ini kalau untuk menamatkannya, mungkin suatu saat, tp meski belum bisa menamatkannya, game ini tetap berkesan :)

Penghuni60 @ Ane pertama kali mencoba memainkannya juga puyeng sih, agak ribet, tapi emang kalau udah dicoba dan cocok, semua yang rumit bukan lagi menjadi masalah, melainkan hal yang mengasyikkan :)

Wahyu Alfiansyah said...

Kelihatannya bagus, seperti cerita penaklukan konstantinopel ya..
sayang gedhe banget ukurannya :(
makasih dah follow, sudah pernah follow sini..

Surya Hadi said...

GAME INI BENAR BENAR FANTASTIC KAWAN....
VERY NICE POST

FIFA 2014 TRAINER www.cheathelps.com/fifa-2014-trainer/

Arief W.S said...

Wahtyu Alfiansyah @ Game sekarang emang rata2 20 Giganan bang Wahyu, mengingat grapik dan isi kontennya juga bertambah ciamik :)

Surya Hadi @ Ciamik tapi serius bikin pusing loh, hehe :)

Rafly Surya said...

Aku dah punya bang bagus banget apalagi sudah complete serienya seperti napoleon : Total war, Empire : Total war , Medieval 2 : Total War, Shogun 2 Total War , DAn Rome 1 & 2 Total war

Arief W.S said...

Rafly @ hehe emang memainkan game ini sungguh bikin adiktif gan, apalagi kalau udah sedikit menguasai, di sisi lain juga menambah wawasan kita tentang masa lalu bagaimana perebutan kekuasaan memakan banyak korban :D

Kalau aku mah yang pernah tak mainkan Rome total war 1, kemudian ekspnasinya barbarian invantion, kemudian ekpansinya lagi yang alexander tapi gagal terus installnya :D

Kemudian sempat vakum beberapa lama dan setelah punya PC gaming akhirnya lanjutannya memainkan Total war Shogun yang jadul dan Shogun 2, baru setelah itu nyoba yang Empire total war, setelah itu lanjut Rome Total War 2 yang terbaru ini, sama ekpansinya Caesar in Gaul, selebihnya ekpansi seperti Hannibal at gates, Imperator Augustus, Wrath of Spartha, saya belum mencoba karena memang waktu tak memungkinkan.

Selain itu Napoleon juga sudah saya coba. Cuma campaign yang pernah saya selesaikan dari sekian banyak mencoba seri - seri diatas hanyalah Rome 1 dan ekspansinya barbarian invantion. Setelah itu Shogun 2 dan terakhir Rome Total War 2 dan ekspansinya Caesar in gaul. Yang lainnya hanya beberapa kali main dan Stop karena bentrok dengan kegiatan lain :) Yang paling berkesan memang Rome 1 dan 2 serta Shogun 2. Kalau untuk yang seri lama seperti Medieval dan serta Shogun 1, saya hanya mencoba sebentar namun gak begitu tertarik. Untuk Medieval 2 saya malah belum sekalipun mencobanya :D

Prima Yudha said...

Aku udah main gan, pakek Sparta musuh bebuyutan romawi.. bagus blog nya gan sekalian dong ditambah software gamenya biar tambah joss

Arief W.S said...

Prima yudha @ wew, kalau aku suka sama negara apa ya lupa, pokoknya dari timur tengah, soalnya ada pasukan Catapracht semua kuda ma orangnya berbaju Zirah.

tama laptop said...

Kalo gak ada waktu kaga usah main:v , sekali war bisa sampe 1 jam :v , mana lagi mikir strateginya ampe keringetan :v , tapi sebagai gamer seru ajalah :v

tama laptop said...

Kalo gak ada waktu kaga usah main:v , sekali war bisa sampe 1 jam :v , mana lagi mikir strateginya ampe keringetan :v , tapi sebagai gamer seru ajalah :v

denny hariyanto said...

biar bisa duel gi mana gan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...