Tuesday, March 25, 2014

CROSS A11, JELLY BEAN 4.2 600 RIBUAN

Sebenarnya Cross A11 ini bukan smartphone keluaran baru. Sepengetahuanku smartphone ini keluar di pasaran sekitar bulan September maupun Oktober tahun 2013. Hal itu ditunjukkan dengan nama merek yang belum beralih berganti menjadi Evercoss. Smartphone berukuran kecil ini ditujukan untuk kelas menengah ke bawah dan menyasar pangsa pasar di kisaran harga 600 ribuan. Saat ini mungkin keberadaan smartphone keluaran Cross dengan seri A11 ini akan sangat susah dicari di pasaran, keberadannya mungkin sudah diisi dengan penerusnya yang kurang lebih memiliki spesifikasi yang sama dengan sedikit perbaikan yakni Evercoss A12. Ketika berkunjung ke kost temenku, kebetulan teman saya mempunyai A11 ini, jadi meski sudah tidak keluar lagi di pasaran, tak ada salahnya sedikit memberikan review untuk mengulas performa A11 ini, silahkan disimak :


Karena menyasar pangsa kelas menengah ke bawah, maka kesan body pada Cross A11 ini tidak mensiratkan gaya elegan. Bodynya terbuat dari plastik dan beratnya pun bisa dikatakan ringan. Ada kesan ringkih saat kita menentengnya. Hanya warna putih mengkilat yang mungkin sedikit bisa memberikan kesan mewah.



Layar pada Cross A11 ini juga terkesan standar seperti layaknya smartphone lain di kelas yang sama. Saat pengoperasiannya dalam menjalankan berbagai menu, terlihat sedikit jeda saat membuka applikasi. Ketika menggeser menu di tampilan layar, juga dirasa tidak begitu smooth. Hal ini dikarenakan meski Cross A11 sudah membenamkan prosesor dual core yang secara teori sudah maksimal untuk menjalankan applikasi sehari - hari, namun kendalanya ada pada RAM yang disematkan sangat kecil ukurannya hanya 256MB yang mana hanya tersisa sekitar 150MB saja karena sudah terpotong oleh sistem operasi DLL. Hal utama yang membuat smartphone ini mempunyai nilai lebih adalah selain murah, Cross A11 sudah mendukung jaringan 3.5G dan menggunakan sistem operasi Jelly Bean 4.2.2 yang notabene sudah support berbagai macam applikasi terbaru.

Spesifikasi Cross A11 :

- ANDROID OS, V4.2 JELLY BEAN
- DUAL CORE PROCESSOR 1 GHZ
- LCD 3.5" HVGA CAPACITIVE
- GPS WITH VOICE ASSISTANCE
- 3G,HSDPA DUAL SIM
- WIFI
- BLUETOOTH
- 3D GRAVITY SENSOR
- CAMERA 2MP BACK
- CAMERA 1.3MP FRONT CAMERA FOR VIDEO CALL
- INTERNAL ROM 512MB ( 4GB )
- RAM 256MB ( 2GB )
- EXPANDABLE MEMORY UP TO 32GB
- 1500 MAH POWERFUL BATTERY
- SUPPORT VIDEO CALL & CHAT

Hasil Tes Performa Menggunakan Applikasi Antutu, Nenamark dan Quadrant :






Hasil Kamera :





Kesimpulan :
Secara performa, A11 ini menunjukkan nilai yang tinggi yakni mencapai skor 9000an saat di tes menggunakan antutu yang mengindikasikan bahwa nilai di range segitu sudah mencukupi untuk menjalankan berbagai applikasi harian. Hanya saja kendala mungkin kita tidak leluasa dalam multitasking dikarenakan ukuran ram yang kecil. Selain itu di sektor penyimpanan memory internal juga tidakklah longgar, jadi kita juga tidak bakal leluasa menginstall berbagai applikasi. Berbagai keterbatasan di atas mungkin bisa terobati dengan jaringan yang cepat karena A11 ini sudah mendukung 3.5 G yang bisa membuat pemakai berselancar dengan cepat di dunia maya. Untuk hal kamera, meski sudah dipersenjatai resolusi 2.0 MP dan lampu flash, namun saya rasa kamera disini hanya sebagai pelengkap saja mengingat hasilnya kurang dari cukup.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...