Friday, April 11, 2014

Bermain Game Menggunakan VGA HD6850 1GB DDR5 256BIT

Muncul-nya game - game keluaran terbaru yang mensyaratkan sebuah kartu graphic yang mampu menjalankan sebuah direct 11, akhirnya membuat saya menjual VGA lama saya HD4850 yang notabene masih mengusung direct 10. Yang perlu diketahui, direct 11 lebih mampu menampilkan gambar realistik yang lebih mumpuni dibanding direct 9 maupun direct 10, oleh karena itu, hampir sebagian besar game - game diatas tahun 2013 nantinya bakalan akan mengusung direct 11 agar mampu menampilkan gambar yang maksimal sebagaimana yang dibenamkan juga pada konsol terbaru Sony Playstation 4 dan juga XBOX One milik Microsoft.

 SPESIFIKASI DARI VGA HD 6850


INDEKS GAMING WINDOWS 7 YANG DICAPAI OLEH HD 6850 ADALAH 7.6 DARI MAKSIMAL 7.9

Pilihan saya saat itu adalah sebuah VGA dengan merek HIS seri HD 6850 dengan besar memori 1GB DDR5 dan lebar bandwidth 256Bit. Perlu diketahui, Vga seri 68xx adalah bukanlah seri terbaru. Vga seri ini kalau tidak salah dikeluarkan awal tahun 2011 dan saat itu masuk jajaran kategori VGA kelas atas menemani seri tertingginya untuk singgle GPU yakni HD 6870. Saat pertama kali muncul harga yang dikeluarkan lebih dari 2juta rupiah, sedangkan untuk seri tertinggi 6870 hampir mencapai 3 juta, sebuah harga yang mahal. Di awal tahun 2014, saya hanya mendapatkan VGA ini dengan harga 1,2juta rupiah saja karena toh juga sudah berumur panjang. Meskipun sudah uzur, namun kemampuan VGA ini layak dipertimbangkan dan masih mampu bersaing dengan beberapa VGA keluaran baru level menengah kebawah. Di bawah saya haturkan dua buah screenshoot untuk mengetahui kemampuan HD6850 dalam memainkan sebuah game. Game yang saya sertakan hanya dua buah yakni Resident Evil 5 yang menggunakan Direct 10 dan Resident Evil 6 yang menggunakan kemampuan maksimal direct 9. Indikator yang wajib diketahui adalah total jumlah FPS. Minimal FPS yang layak dimainkan dalam sebuah game adalah 30 FPS, sedangkan FPS yang sudah sangat nyaman di mata adalah 60FPS, selebihnya dari 60FPS sudah bisa dikatakan very very optimal playable.

RESIDENT EVIL 5 (2009) DIRECT 10 ALL SETTING HIGH RATA KANAN.




RESIDENT EVIL 6 (2012) DIRECT 9 ALL SETTING HIGH RATA KANAN




KESIMPULAN :  Meski bukan termasuk jajaran Vga keluaran terbaru dengan teknologi yang lebih modern, 6850 masihlah sanggup untuk meladeni banyak game yang dijalankan menggunakan direct 9 maupun direct 10 dengan setting maksimal dan juga sudah siap untuk menjalankan game - game keluaran terbaru dengan direct 11 meski tidak akan mampu menjalankan pada setting maksimal alias low ataupun normal untuk mendapatkan FPS yang playable dan nyaman di mata. Kekurangannya adalah daya yang sedikit boros karena toh VGA ini dibangun dengan teknologi 2 tahun yang lalu.

2 comments:

Elfrida Chania said...

Tampilannya mulus banget ya *_*

Arief W.S said...

Elfrida Chania @ Memang mulus dan jauh lebih bagus dari tampilan di PS3 meski di game yang sama. Karena kalau di PC, kalau VGA kita bagus, selain bisa setting tampilan maksimal dalam menjalankan sebuah game, kita juga bisa menambahkan Anti Alliasing 8x 16x hingga 32x. Anti Alliasing adalah menyaring gambar agar lebih mulus, halus, dan tajam. Semakin besar kemampuan sebuah VGA dalam menjalankan Anti Alliasing, maka semakin mulus gambarnya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...