Wednesday, July 2, 2014

Captain Phillips : Drama Pembajakan Kapal Yang Menggugah Emosional

Pembajakan memang sering terjadi dimanapaun dan kapanpun. Kita, selaku penumpang, dalam setiap menaiki segala transportasi  baik itu darat, laut, maupun udara sudah selayaknya untuk bersikap waspada dalam menghadapi resiko terbesar apapun terutama pembajakan.

Bagi yang belum pernah merasakan nuansa pembajakan di dalam suatu transportasi, sudah banyak film yang mengusung tema pembajakan namun bagi saya hanya dua buah film saja yang bertema pembajakan yang bisa menggambarkan dengan jelas, menegangkan, serta menyulut emosi kita saat melihatnya, yakni United 93 dan Captain Phillips. Kedua Film tersebut disutradarai oleh orang yang sama yakni Paul Greengrass ( Bourne Supremacy, Bourne Ultimatum, Green Zone )


Pada United 93, denyut jantung kita akan terus dipacu untuk berdebar - debar dalam pembajakan di dalam pesawat united 93 saat tragedi peristiwa runtuhnya gedung WTC pada tahun 2001. Sedangkan dalam film Captain Phillips, tensi menegangkan memang tidak sehebat united 93, namun porsi adegan yang menyulut emosinal kita disajikan lebih banyak, sehingga mungkin akan sedikit banyak memilukan dan melegakan di akhir endingnya.

Bercerita mengenai seorang Kapten kapal bernama Richard Philips ( Tom Hank's ) bersama 28 awaknya yang saat itu berlayar menggunakan kapal kargo asal Amerika yakni Maerks Alabama yang membawa bahan bantuan pangan untuk Uganda dan Somalia yang menuju Mombasa, Kenya. Di tengah perjalanan,saat melintasi perairan Somalia, kapal kargo Maerks Alabama berhasil dibajak oleh empat orang perompak asal Somalia. Mengetahui kapal sudah berada di tangan para perompak, sang kapten menyuruh seluruh awak kapalnya untuk bersembunyi di bagian mesin. Namun para perompak nekat memaksa sang kapten untuk menunjukkan dimana letak persembunyian para awak. Dengan siasat sang kapten, akhirnya sang kapten berhasil mempermainkan para perompak dan menyelamatkan seluruh awak kapal, namun sayang dirinya sendiri malah disandera oleh keempat perompak saat mereka melarikan diri dari kapal kargo menggunakan kapal sekoci. Hingga akhirnya datanglah dua buah kapal patroli dari amerika lengkap dengan segala personel angkatan lautnya karena permintaan bantuan dari awak kapal untuk menyelamatkan kapten mereka yang tersandera. Di situlah, drama penyelamatan, negosisasi, upaya pelarian diri dan perdebatan yang mengusik emosi kita terjadi.


Seperti halnya United 93, film Captain Phillips ini sendiri adalah cerita nyata yang terjadi pada tahun 2009. Pembajakan kapal kargo Maerks Alabama saat itu sangat gempar diberitakan dikarenakan merupakan kapal asal Amerika pertama yang dibajak setelah dalam kurun waktu 200 tahun. Bila anda ingin mengetahui berita aslinya, Anda tinggal mencari beritanya lewat google. Ada beberapa media lokal kita yang telah memberitakannya.   Kronologi yang ada pada film ini diceritakan berdasarkan biografi dari sang Kapten Richard Phillips sendiri.    

2 comments:

Adi Yulianto said...

film ini emang keren...

gimana agar tetap tenang dalam mengahadapi perompak..

Arief W.S said...

HEHEHE Film ini selain ngasih ketegangn juga ngasih saran yah rupanya untuk situasi jika sedang dibajak :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...