Monday, July 21, 2014

Evercoss Elevate Y A66A : Kinerja Tangguh, Desain Premium, Harga Tidak Mencekik



Mencari smartphone berkinerja tangguh dengan spesifikasi mumpuni, berpenampilan premium serta mempunyai harga jual yang pas dikantong adalah impian setiap konsumen secara umum. Namun nyatanya, baik merek branded maupun lokal sekalipun jarang mengeluarkan produk yang seperti pemikirian ideal para konsumen diatas. Biasanya, ketika mencari smartphone tangguh di pasaran, para konsumen disuguhkan harga kelas premium bermerek branded yang bisa ditebak tentunya dengan harganya yang menjulang selangit dan hanya beberapa kalangan saja yang bisa membelinya. Ketika opsi untuk membeli sebuah smartphone premium dengan merek branded tidak tercapai karena terjegal dengan faktor harga, biasanya para konsumen kembali melirik merek lokal yang bertebaran. Sayangnya, kebanyakan merek lokal mengeluarkan berbagai jenis seri smartphone hanya menyasar kelas pasar entry level atau kelas menengah kebawah. Alhasil sang konsumen pun tidak bisa membeli sebuah smartphone dengan kondisi baru di level premium baik branded maupun lokal karena kedua alasan yang sudah saya utarakan diatas. Apabila sudah begitu, opsi terbaik adalah membeli sebuah smartphone branded premium dengan kondisi bekas maupun kredit.Jika membeli smartphone premium branded dengan kondisi bekas, selain harganya yang rata - rata tidak terlalu selangit, akhirnya sang konsumen bisa memiliki sebuah smartphone premium branded dengan harga sesuai kantongnya meski jika dinilai dari aspek batiniah, memang sang konsumen tidak akan 100 % puas karena hanya mendapatkan barang bekas meski barang itu berstatus kelas premium. Nilai - nilai ketidakpuasan bisa saja terdapat di adanya goresan, cat yang mengelupas dan faktor lain yang membuat fisik smartphone itu tidak 100 % kinyis - kinyis.





Menyinggung hal diatas, ada sebuah smartphone yang mungkin bisa memberi alternatif harga dan spesifikasi tangguh dengan merek lokal Evercoss yakni dengan seri A66A atau biasa disebut Elevate Y. Meski smartphone ini tidak berada di kelas premium, bisa dibilang berada pada kasta kelas high - end untuk saat artikel ini ditulis, namun harga yang ditawarkan sangat menggiurkan yakni berada dikelas smartphone branded kelas menengah ke atas dan tampilannya pun berkesan premium. Smartphone ini jika tidak salah, diluncurkan pada bulan Juni 2014 saat pergelaran Piala Dunia 2014 berlangsung dan di iklan komersial di televisi mungkin kita sering disuguhi Aktris Rianti Cartwright selaku Brand Ambassador Evercoss sering mempromosikan iklannya. Evercoss A66A atau disebut Elevate Y ini sendiri mempunyai banyak kelebihan di rentang harga yang tidak begitu tinggi yakni di pasaran saat artikel ini ditulis dijual dengan harga Rp. 1.700.000 rupiah. Hal yang paling saya sukai dengan Elevate Y ini sendiri adalah resolusi layarnya yang sudah berukuran 1280 x 720 dengan kepadatan 320 Dpi dan berteknologi IPS membuat mata kita serasa dimanjakan dengan kesegaran warna yang proporsional saat menjelajah internet dan melihat video serta bermain game. Layar Elevate Y juga sudah menggunakan One Glass Solution (OGS) + Full Lamination yaitu teknologi yang menyatukan layar visual screen dengan panel touch screen, sehingga ukuran layar menjadi lebih tipis. Selain itu, layar Elevate Y juga dilindungi dengan Rhino Screen alias kaca badak yang aman terhadap tekanan dan berbagai goresan ringan bahkan anti pecah apabila terjatuh dengan ketinggian dan posisi tertentu. Dimensinya tidak tebal, alias tipis dan bobotnya sungguh ringan ketika dipegang meski ukuran layarnya 5 inch.

Spesifikasi Evercoss Elevate Y

  • Sim Card : Dual Sim
  • Dimensi : 147 x 73 x 8.9 mm
  • Berat : 148.3 g
  • Layar : HD IPS LCD, 1280 x 720 pixels, 5.0 inches
  • Memory : 8 GB, microSD, up to 32 GB
  • Ram : 1 GB
  • Internet : HSDPA+ 21 Mbps
  • Konektivitas : Wifi, GPS, Bluetooth, microUSB v2.0
  • OS : Android 4.2 Jelly Bean
  • CPU : Quad Core 1.3 GHz
  • Kamera Belakang : 13 MP
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Polymer 1800 mAh
 Spesifikasi sistem menggunakan aplikasi Antutu Benchmark :




Tes pengujian menggunakan Antutu Benchmark dan Quadrant Standart yang bertujuan untuk mencari tahu besaran score akhir secara umum performa sebuah smartphone dalam hal menjalankan berbagai applikasi. Semakin besar indikator scorenya maka kinerja sebuah smartphone semakin baik.

 Dalam hal ini, hasil antutu dari smartphone Elevate Y ini menghasilkan score sebesar 17156 yang menandakan bahwa Elevate Y tak akan mengalami banyak kendala ketika menjalankan berbagai applikasi terutama di sektor game, memutar video HD dan grafis.


Melihat score yang didapatkan oleh pengujian Quadrant standart diatas sungguh mengejutkan bahwa Elevate Y mampu berada diatas HTC One X. Dengan begitu maka Elevate Y akan sangat mulus dalam hal menjalankan applikasi terutama editing foto maupun office.

Pengujian menggunakan applikasi Nenamark 1 dan Nenamark 2 yang bertujuan mendapatkan sebuah FPS ideal sebuah smartphone dalam menjalankan sebuah applikasi game. Standar FPS yang layak untuk bermain game dalam sebuah smartphone bisa dikatakan jika minimal smartphone itu mampu menghasilkan 30 fps. Apabila lebih diatas 30 Fps berarti smartphone tersebut sudah sangat layak untuk diajak bermain secara umum, meski begitu untuk game - game berat tertentu FPS tidak dapat dijadikan patokan karena game - game berat tertentu kadang ada yang lebih membutuhkan RAM yang lebih besar agar dapat lancar dimainkan .


 
Evercoss A66A Elevate Y mengusung dua buah kamera beresolusi tidak tanggung - tanggung. Untuk sektor kamera utama, Elevate Y dipersentai dengan kamera beresolusi 13 MP, autofocus serta disertai LED Flash. Di sektor depan, untuk memanjakan para kaum muda berselfie ria, Elevate Y memberikan kamera depannya dengan kekuatan resolusi 5 Megapixel. Gambar yang dihasilkan oleh Elevate Y ini bisa dikatakan bagus dan jernih, terutama saat diluar ruangan, auto fokusnya bekerja dengan sangat baik meskipun bagi saya sendiri hasil kamera 13 MP Elevate Y tidak memberikan kesan yang menggugah selera seperti kebanyakan hasil gambar smartphone lokal lainnya. LED flash-nya pun tidak dapat berbicara banyak ketika ruangan benar - benar dalam kedaan gelap gulita.

Foto saat berada diluar ruangan dengan kondisi cuaca mendung pada sore hari :
 
 

 Foto menggunakan touch auto-focus untuk mengambil gambar dengan object ukuran tulisan kecil - kecil pada label belakang adidas deodorant.


Foto diambil malam hari di ruangan dengan kondisi lampu menyala dan menggunakan flash :


Gambar diambil saat rungan gelap gulita karena kondisi lampu dimatikan dan hanya mengandalkan kilat cahaya dari Elevate Y:


 Hasil kamera depan Elevate Y :



Kesimpulan :
*) Kelebihan :
- Harga Termasuk Nyaman Dikantong Untuk Spesifikasi Mumpuni Yang Ditawarkan Oleh Elevate Y
- Bentuk Dan Desain Premium
- Kamera Bagus
- Internal 8GB
- Ram 1GB
- Bobot Ringan
- Performa Sangat Mumpuni

*) Kelemahan :
- Belum Menggunakan Kit - Kat
- Kapasitas Baterai Hanya 1800Mah
- LED Flash Tak Bisa Diandalkan Dalam Kondisi Ruangan Gelap Total

9 comments:

Andriyatna said...

Menggoda nih, banyak fitur harganya terjangkau

Anonymous said...

Herry:

apa layernya bisa disentuh 5 jari. apa saat jepert foto mudah disentuh bagian gambar shoot nya ... karena saat coba demo nya di pameran rada sulit mau shoot foto ....

Arief W.S said...

Andriyatna, hehe, benar2 menggoda ku mas Andri :)

Herry, Layarnya bisa disentuh dengan 5 jari, sudah saya test menggunakan multitouch tester. Tombol shoot foto emang rada susah disentuh, alhasil kita harus lembut dalam menyentuhnya. Kalau merasa kesulitan dengann app camera bawaan, bisa memakai camera 360 dll, karena jika memakai app pihak ketiga, tombol sentuh sudah normal. Mudah2an keluaran edisi berikutnya sudah kit kat dan tombol sentuh sudah mudah dipencet untuk perbaikan.

Nabil Fayadh said...

mantep banget nih hp kamera depan nya udah 13MP , jadi pengen beli,kira2 kisaran berapa ya harga nya

Arief W.S said...

Nabil Fayadh @ Kamera depannya 5MP Mbak nabil. Kamera belakangnya yang 13MP. Harga baru 1,7jt saat penulisan artikel ini. Kalau sekarang tidak tahu, bisa jadi sudah turun.

Ferdian Triady said...

gan hpnya cpt heng gak?

Arief W.S said...

Ferdian @ Saya dah pegang hampir 6 bulan gak ada masalah gan. Dan ini udah dapat update kit kat resmi dari evercoss. Malah sering bolak balik jatuh hpnya :)Bisa dikatakan bandel, coz memakai rhino screen jadi tergores, tertekan ma jatuh skala tertentu masih aman, asal gak dibanting :D

Sis Habib said...

Update kitkat dah ada...
Aksesoris batre 4100mah jg ada

Arief W.S said...

Sis Habib @ Iya gan, update kit kat udah lama keluar, tapi sayang harus manual belum support via OTA :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...