Thursday, May 26, 2016

Minuman Dengan Bubuk Matcha Dan Manfaatnya Bagi Tubuh



Ada yang pernah mendengar Matcha? Saya sendiri sebelumnya juga asing dengan istilah yang satu ini. Istilah Matcha pertama kali saya ketahui ketika berkunjung ke salah satu minimarket dan berencana membeli sebuah minuman dingin untuk pelepas dahaga. Disitulah saya menemukan minuman berlabel Matcha Latte yang berarti campuran susu dan Matcha. Berhubung biasanya saya selalu membeli minuman teh apapun mereknya daripada minuman lain baik entah itu soda, jus buah, susu, ion, kopi maupun minuman berenergi -  namun setelah membaca keterangan di label botol minuman yang menyebutkan bahwa Matcha juga berasal dari teh hijau, akhirnya saya memutuskan untuk mencobanya. Dan semenjak itu, akhirnya demen juga saya dengan minuman susu Matcha. Alhasil saya sekarang menjadi sering mengalami dilema apabila ingin membeli sebuah minuman apakah memilih susu Matcha maupun teh baik biasa, campuran maupun teh hijau. Meskipun sama - sama berasal dari daun teh hijau, minuman susu Matcha cenderung harganya lebih mahal daripada sebotol teh hijau. Dikarenakan setelah saya browsing kesana - kesini, banyak yang menyebutkan manfaat Matcha lebih besar bagi tubuh daripada sebuah minuman teh hijau biasa. 

Ngomongin soal Matcha, bagi kalian yang belum tahu, Matcha sendiri adalah daun teh yang ditumbuk hingga halus. Perbedaannya dengan minuman teh adalah kalau ingin membuat teh pastinya kalian menyeduh daunnya dengan air panas, kemudian setelah kental kalian membuang ampasnya. Sedangkan Mactha, ya bubuk murni yang terbuat dari seluruh daun teh hijau itu sendiri guys, tiada ampas yang dibuang sama sekali, setidaknya kalian benar - benar memasukkan sebuah daun teh hijau asli ke dalam perut dengan proses ditumbuk sampai halus. Karena itu manfaat Matcha lebih banyak dibanding segelas minuman teh. Matcha ini pertama kali dibuat di Tiongkok, tapi lebih popular di negara Jepang karena upacara minum tehnya.

Nah ngomongin minuman favorit saya yang ada bahan campuran bubuk Matchanya, sementara ini saya baru menyukai dua buah yakni : Allure Green Tea Latte dan Kiyora Matcha Latte. Kedua minuman itu dapat kalian temui di minimarket. Soal harga, saat artikel ini dibuat, yang Kiyora seharga Rp. 8000 rupiah dan yang Allure seharga Rp. 9000-an rupiah. Kuk yang Allure 9000-an gak pasti gtu yah guys? Iya, soalnya pas saya liat di struk pembelian tuh kasirnya nyantumin keterangan harga pembelian Kiyora Matcha latte 2 buah, nah hayo si kasir kurang cermat kayaknya. Tapi kan proses identifikasi harga lewat barcode kan guys, apa salah databasenya. Ya entahlah gak mau pusing mikir gituan gue, yang penting keuntungan ane dapet adalah membayar Allure Matcha latte seharga Kiyora. Seingat gue yang Allure seharga 9600. Tapi kuk harganya lebih mahal yang Allure? Ada sebabnya? Adalah guys, pas aku liat komposisi di labelnya, takaran bubuk matchanya lebih banyak Allure daripada Kiyora. Trus soal rasa gimana dari kedua buah minuman itu? Soal rasa relatif bagiku, kalau kalian suka yang agak manis bisa memilih Kiyora, kalau suka yang casual, emang ada rasa casual? Ya terserah gue nyebutnya apa guys, maksudnya casual itu tidak begitu manis dan datar - datar saja. Jika kalian suka yang seperti itu, maka pilihan kalian lebih tepat ditujukan kepada Allure. Menurut kalian harga segitu mahal gak sih guys 8000 dan 9000-an perbotol? Aku denger nih sebagian dari kalian ngomong murah dalam hati. Ya itu mah kalian guys. Bagiku ya....mahal....soalnya kalau kepepet aku seringnya ambil teh pucuk, yang botol kecil lagi, mana sambil harap - harap ada promo beli satu bonus satu atau ada label bertuliskan ambil dua lebih murah di freezer. Jiah, gak nyangka ampek segitunya ya guys gue.

Seperti foto yang saya sertakan dibawah, warna cairan Matcha latte alias susu campur bubuk Matcha ini kelihatan hijau tua pekat. Rasanya sendiri yah hampir mirip susu tapi ada gurih - gurihnya gitu dan kadang rasa khas Matcha ini lama mengendap di lidah. Bagi yang tidak suka susu ya rasa rasa Matcha latte ini bakalan tidak cocok di lidah, tapi kalau yang pecandu kopi, kemungkinan sih bakalan ada sebagian yang akan menyukainya, terlebih yang di Allure kompisisinya dipadu dengan krimer loh.



Nah, ini yang terpenting mengenai Matcha. Kalian memilih sebuah minuman pasti ada pertimbangannya kan. Dasarnya saya suka segala minuman yang berkaitan dengan teh, maka atas dasar pertimbangan itu saya menyukai Matcha dimana saya titik beratkan pada segi manfaatnya. Dari berbagai sumber yang saya baca, beberapa manfaat Matcha adalah sanggup mengurangi resiko penyakit jantung, melancarkan dan menurunkan tekanan darah, dan bisa juga sebagai anti penuaan loh guys karena mengandung Antioksidan. Polifenol yang mampu menghancurkan radikal bebas. Anti bakteri untuk kesehatan mulut, mengeluarkan racun karena ada zat Klorofil. Menghasilkan energi dan pembakaran lemak karena mengandung Kafein, dan yang paling menonjol mungkin bagi kalian yang sedang lagi sedih, lagi ditimpa masalah, pusing karena lembur menyelesaikan tugas, atau malah sering galau karena nunggu BBM gak di read - read ma si doi? Zat L-Theanine pada Matcha mampu menenangkan, merelaksasikan pikiran serta suasana hati loh guys. Nah bagi yang belum pernah merasakan Matcha, silahkan mencoba, semoga kalian suka dan khasiatnya bermanfaat.      

9 comments:

obat tradisional wasir said...

matcha banyak manfaatnya

Kautsar Ab said...

Baru tahu malah ada teh matcha, tehnya bisa hiau gitu ya, dari daun asli dong ya...

Mungil said...

Wih green tea fungsinya juga bisa menghaluskan kulit, ada anti oksidannya juga. Bagus nih buat cewek-cewek yang mau awet muda.

The Other Side said...

Obat Traditional @ Huum Gan, Alhamdullilah banyak :)

Kautsar @ Iya asli dari daun teh. Kan daun tehnya ditumbuk ampek halus jadi bubuk warna hijau. Nah setelah jadi bubuk dan diseduh ma air, jadinya minuman Matcha :)

Ran @ hihihi makanya aku suka apapun yang berhubungan dengan teh Ran, khasiatnya banyak. Ran juga jangan lupa cobain Matcha biar awet muda:)

Kuliner Ahoy said...

Matcha ini memang sering kali digunakan sejak dulu oleh para kaisar jepang, untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan gan,

Arum Kusuma said...

matcha? aku tau dari makanan ringan "pocky" kalo gak salah.
baru tau sih kalo ternyata dari daun teh di tumbuk:) harganya beda dikit sih.. tapi manfaatnya lebih banyak :)

The Other Side said...

Kuliner Ahoy @ Itu yang bikin demen bang :) Sejuta manfaat yang tak lekang oleh waktu :)

Arum Kusuma @ Wah Arum sukanya yang panjang - panjang kaya Pocky :) Berarti kudu dicoba Pockynya karena ada Matchanya kapan2 :) Haragnya sih beda jauh kalau ma teh pucuk Rum he... :P

Wulan Kenanga said...

Minuman favorit saya <3

Unknown said...

Thanks for info, sangat bermanfaat https://bit.ly/2RNeCTv

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...