Monday, July 24, 2017

Akhirnya Kembali Lagi....



Dahulu, seringkali aku melihat blog milik orang lain yang pada awalnya rutin selalu diisi oleh beragam konten menarik, dibaca oleh banyak orang lalu lama kelamaan megalami hiatus yang panjang. Entah apa yang terjadi dengan si pemilik blog. Vakumnya menulis seseorang memang banyak sekali faktor penyebabnya. Syukur jika setelah hibernasi panjang, setelah itu pemilik blog melanjutkan kembali menulis dengan rutin konten blognya. Sama seperti jalinan hubungan manusia, kadang hubungan admin dan blognya terkadang suka putus-nyambung. 

Aku pernah mengalami hal itu. Vakum selama 4 bulan pada akhir 2015 hingga awal 2016 dikarenakan suatu masalah pribadi. Namun Alhamdullilah setelah masalah yang kuhadapi kelar, diriku sudah kembali lagi mengisi konten seperti sedia kala. Namun tak sedikit juga, diantara banyaknya blog yang pernah aku kunjungi, si pemilik blog vakum menulis terlalu lama, bahkan ada yang sangat lama dan berakhir selamanya hingga blognya usang terbengkalai. Banyak pula, setelah hiatus panjang,si pemilik blog tak terdengar lagi kabarnya, kemudian blognya dihapus begitu saja.

Aku sendiri berusaha menghindari hal seperti itu. Kalaupun hiatus dikarenakan kesibukan / masalah pribadi yang sedang dihadapi, kuusahakan suatu saat aku pasti akan kembali lagi menulis di blog. Hal yang paling tak ingin kualami adalah jangan sampai karena kesibukan atau suatu masalah menyebabkan aku berhenti total dalam menulis dan membuat nasib blog yang sudah aku bangun dari awal mangkrak, usang dan terbengkalai.

Tetapi, 8-9 bulan yang lalu tepatnya bulan Oktober 2016, terjadi masalah dengan emailku. Saat aku membuka email, ada peraturan baru yang mengharuskan memasukkan nomor ponsel untuk mendapatkan kode verifikasi dari google. Celakanya, saat itu aku belum mengganti nomer ponselku yang dulu aku gunakan untuk profil akun email dikarenakan saat ini aku sudah memiliki nomer ponsel yang baru. Alias aku bakal tak akan bisa mendapatkan sms verifikasi dari google karena nomer lama yang aku sertakan di akun googleku sudah tak aktif lagi. Beruntung, ada pilihan untuk mengubah nomer, dan setelah mengurusnya akhirnya aku berhasil mendapatkan kode verifikasi melalui nomer ponselku yang baru. Saat pengajuan pengubahan nomer ponsel lama dengan yang baru, aku diwajibkan juga mengganti password emailku. Setelah semua teratasi akhirnya aku bisa tenang.

Beberapa minggu kemudian, aku dihadapkan lagi kepada masalah yang masih menyangkut email. Aku kembali tidak bisa login. Padahal jelas aku sudah verifikasi menggunakan nomer ponsel baru dan juga sudah memasukkan password baruku dengan benar. Frustasi, akhirnya aku memilih opsi lupa password pada gmail. Aku mengikuti langkah-langkahnya dan mencobanya hingga berkali-kali tetapi menapatkan penolakan dari google karena dianggap sebagai pihak luar yang berusaha ingin menerobos masuk akun orang lain tanpa izin. Akhirnya aku menyerah tidak tahu lagi harus bagaimana.

Keanehan pun terjadi ketika seminggu kemudian aku iseng login menggunakan password lama yang pertama kali aku buat saat membikin email dan blog yang ternyata bisa!. Aku heran, kenapa juga kemarin – kemarin aku susah payah mengikuti langkah-langkah opsi lupa password : yang bertujuan membuat password baru jika pada akhirnya passwordnya tak berubah sama sekali? 

Saat itu aku senang bisa kembali lagi login. Beberapa hari kemudian aku menyiapkan bahan untuk diposting di blog, namun, saat kembali ingin login dengan password lama, ada pernyataan yang muncul : password anda sudah dirubah beberapa minggu yang lalu. Hah? Aku terheran-heran. Kemarin-kemarin aku sudah mengubah password, dan berhasil. Lalu kemarin aku tak bisa login dengan password baru, malahan sanggup login dengan password lama yang seharusnya sudah dirubah. Jelas hal itu membuatku bingung. 

Minggu demi minggu aku coba mengurusi masalah password ini tetap tak ada jalan keluar. Akhirnya, tak ada lagi yang bisa aku lakukan dan berimbas pada vakumnya blog yang aku miliki selama kurang lebih 8-9 bulan ini. Hal yang aku takutkan akhirnya melandaku : tidak punya akses ke blog dan saat itu aku berpikir bahwa blog yang aku miliki ini sudah tamat riwayatnya.

Bulan April atau Mei 2017 kemarin aku sempat membuat email tersendiri yang bakal aku gunakan untuk membuat blog baru. Karena kegemaranku menulis apa saja dan membaginya kepada para pembaca, terasa aneh rasanya jemari ini jika berbulan-bulan tidak melakukan aktivitas mengisi konten di blog. Seolah menulis di blog sudah menjadi bagian dari hidup. Maka rencananya aku ingin membangun blog baru lagi dari nol. Membuka lembaran baru.

Sebelum aku memulai langkah membangun blog yang baru, aku sekali lagi iseng mencoba membuka email lamaku yang bermasalah yang mana sebelumnya aku sudah menyerah untuk menanganinya. Setelah berbulan-bulan aku diamkan, lalu kemudian aku mencoba memperbaikinya sekali lagi dengan mengambil langkah yang serupa lupa password, dan setelah melewati langkah-langkahnya, tanpa disangka berhasil! Entah bagaimana usaha terakhirku yang hanya berlandaskan iseng semata akhirnya membuahkan hasil yang tak terduga. Aku sanggup mendapatkan password baru dan berhasil kembali login ke blog.

Aku tidak terlalu gembira dulu. Belajar dari kejadian-kejadian terdahulu, maka aku ingin memastikan apakah pasword baruku ini benar-benar berfungsi selamanya atau hanya sejenak dan mengalami kegagalan lagi dalam login suatu saat. Jadinya setelah mampu kembali login email dan masuk ke blog, aku tidak langsung menulis konten. Hanya melakukan beberapa hal kecil seperti mengubah layout, membuang widget-widget yang tak berguna, memangkas daftar para teman yang blognya sudah tak aktif, dan lain sebagainya sembari menguji hari demi hari keefektifan password baru yang aku miliki. 

Dalam seminggu aku berulang kali keluar masuk email dan blog dan sejalan dengan itu tak ditemukan sekalipun kendala seperti pada masalah-masalah terdahulu dan aku berkesimpulan bahwa password kali ini berfungsi dengan baik. Setelah mengetahui segalanya sudah kembali normal, akhirnya aku mulai menulis sebuah konten yang tentu saja, konten pertama yang aku post kali ini adalah kronologis lengkap penyebab diriku vakum sangat lama di blog. Setidaknya agar semua pembaca dan teman sesama blog mengetahuinya.

Oke segitu saja. Bisa kembali post sebuah artikel di blog kali ini setelah sekian lama vakum terkendala sebuah masalah menyangkut email, rasa-rasanya segembira layaknya seseorang yang baru saja membuat postingan untuk yang pertama kalinya. Sangat lega di hati ibarat seperti seseorang yang baru keluar dan menghirup udara bebas setelah sekian lama terkungkung dalam penjara. Bagi semua teman-teman blogger selama ini, selamat nge-blog dan semangat.       

4 comments:

herva yulyanti said...

wah maslah login email ternyata bikin deg2an juga y kang jangan sampe deh hiatus krn hal
tsb makasi sdh share jd aware ni sama email n password 😁

Arief W.S said...

Herva Yulyanti @ hehe iya, awalnya juga gak mengira hal sepele jika diabaikan berdampak serius juga :) Setidaknya bisa dijadikan pelajaran untuk kedepannya :) Terima-kasih :)

Dedaunan Hijau said...

selamat kembali ngeblog :)
masalah emailnya ternyatanya membuat pusing juga ya

Arief W.S said...

Dedaunan Hijau @ hehe iya mbak Suzi. Udah terlalu lama puasa ngeblognya gara2 masalah e-mail :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...