Thursday, November 6, 2014

COMPUTER EXHIBITION SOLUTIONS YOGYAKARTA 1 - 5 NOVEMBER 2014

Yang berada di Jogja, tentunya tak asing lagi jika mendengar hampir sebulan atau selang beberapa bulan diadakan pameran komputer. Pertama kalinya, ketika saya menghadiri pameran komputer yakni pada tahun 2007 di Jogja, saat itu pameran diadakan tidak sesering seperti saat ini. Jadi bisa dikatakan sekitar tahun 2007 setahun paling hanya 2 atau 3 kali didakan pameran  saja. Jadi karena minimnya event pameran dalam setahun, saat itu para pengunjung hampir membludak ketika pameran diadakan. Mencari ruang gerak saja sangat sulit. Pengunjung pun tidak hanya berasal dari dalam kota saja, melainkan juga berasal dari luar kota. Berbeda ketika selang waktu pameran diadakan hanya  berselang sebulan maupun beberapa bulan saja seperti saat ini, lonjakan pengunjung seperti pada tahun 2007 ketika pertama kali saya menghadiri pameran komputer di Jogja pun jarang terjadi.


Pada tanggal 1 - 5 November 2014 kemarin, diadakan pameran komputer dengan judul CES ( Computer Exhibition Solutions ) yang diselenggarakan oleh APKOMINDO dan bertempat di JEC ( JOGJA EXPO CENTER ) Karena merasa sudah sekian lama tidak berkunjung ke pameran, maka saya dan beberapa teman akhirnya memutuskan untuk jalan - jalan ke JEC mengunjungi acara CES pada hari ke-4 diadakannya acara, setidaknya untuk melihat - lihat perkembangan teknologi apa saja yang dihadirkan di CES.

Kurang lebih pukul 16.00 sore saya tiba di halaman parkir JEC. Ya memang ada hal aneh yang saya temui disini, yakni halaman parkir tidak sepadat biasanya yang dipenuhi oleh sepeda motor dan mobil  pengunjung. Setelah membeli karcis dan memasuki gedung, saya dapati pengunjung memang tak sebanyak pameran - pameran tahun lalu yang saya datangi. Mungkin karena faktor seringnya acara pameran seperti ini diadakan dalam tempo waktu yang berdekatan jadinya mengurangi frekuensi para pengunjung. Toh, bulan sebelumnya sebelum CES ini diadakan, di tempat yang sama juga di JEC, juga diadakan pameran bertajuk Gadget IT EXPO pada tanggal 15 - 19 OKTOBER 2014. Saat itu saya berfikir juga apa mungkin karena faktor cuaca panas yang sedang extrem melanda Jogja ketika siang sampai sore hari suhu panasnya mampu mencapai 35 derajat yang membuat para pengunjung malas mendatangi pameran dalam kurun waktu antara siang sampai dengan sore hari. Ternyata apa yang pikirkan sedikit ada benarnya, ketika saya keluar dari pameran pada pukul 19.00 malam, pengunjung yang berdatangan sedikit banyak, meski tak membludak.








Setelah puas berjalan - jalan, melihat - lihat, mencoba ini - itu di area pameran selama kurang lebih 2 jam, saya mendapati ada pergeseran trend yang diminati oleh para pengunjung. Ketika tahun 2007 saat pertama kali saya menjamah acara pameran seperti ini, ditengah membludakknya para pengunjung yang membuat gelombang antrian para manusia, saat itu, komponen desktop seperti prossesor, hardisk, ram, vga menjadi primadona para calon pembeli. Ketika tahun 2009 dan 2010, saat harga laptop mengalami penurunan dan keluarnya beraneka netbook yang cantik dari berbagai vendor, perangkat komputasi mobile menjadi hal yang disukai oleh para pengunjung ditambah ketika jaringan 3G sudah hampir dinikmati beberapa wilayah, modem juga laris diserbu. Sedangkan untuk tahun 2014, yang saya dapati stand - stand yang memajang komponen dekstop, laptop maupun netbook terlihat sepi peminat. Untuk saat ini, para pengunjung lebih ramai mengerubuti stand - stand gadget yang disediakan oleh berbagai vendor seperti SAMSUNG, OPPO, ACER, DLL. Jadi , trend yang saya dapati saat ini, masyarakat lebih condong menghadiri acara pameran komputer untuk melihat - lihat ataupun membeli perangkat gadget daripada komputasi dekstop maupun mobile seperti laptop dan netbook. Smartphone dan tablet, tahun ini benar - benar mendominasi dalam ajang sebuah pameran yang ditekankan pada sektor komputer.  

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...