Wednesday, November 12, 2014

VERSI KOMIK THE RING : SEBATAS ADAPTASI

Siapa sih yang tidak tahu mengenai film the Ring? Yang menceritakan sebuah video kutukan bagi siapa saja yang melihatnya bakalan mati setelah 7 hari? Saya anggap saja sebagian besar orang Indonesia sudah paham akan hal ini. Dikarenakan, kalau tidak salah kurang lebih pada tahun 2002 trilogi film the Ring versi Jepang pernah ditayangkan di layar kaca tepatnya di chanel Trans TV. Dan juga ada satu lagi seri dengan judul the Ring Zero sebagai prekuel penutup. 

Pada saat itu saya masih kecil, jadi cuma sebatas tahu saja bahwa trilogi the Ring ditayangkan di televisi dan tak menaruh minat sama sekali dengan film ini. Hanya saja, teman - teman sekelas saya sering menyebutkan hantu Sadako yang saat itu lagi populer dibicarakan di kelas dampak akibat menonton film the Ring.

 
Hingga ketika duduk di bangku SMP, barulah pada saat itu saya melihat untuk pertama kali film The Ring namun bukan yang versi Jepang yang sudah tayang terdahulu di televisi lokal, melainkan versi Amerika yang diperankan oleh Naomi Watts. Setelah menonton the Ring, saya baru menyadari film genre horror ini memang menjual terror yang mencekam lewat kutukan video, berbeda dengan genre horror yang lain yang beredar saat itu juga. Setelah kelar menonton film The Ring versi Amerika, saat itu saya baru tahu bahwa Sadako yang sering dibicarakan teman - teman dahulu adalah merupakan tokoh hantu wanita yang ada dalam cerita the Ring versi Jepang, sedangkan versi Amerikanya bernama Samara.

Puas melihat The Ring 1 dan 2 versi Amerika akhirnya membuat saya penasaran dengan trilogi The Ring versi Jepang yang pernah tayang ditelivisi dan sering dibicarakan oleh teman - teman. Tapi sekian lama menunggu, tak kunjung juga versi Jepangnya disiarkan lagi di televisi. Akhirnya, tahun 2013 kemarin baru kesampaian melihat Trilogi versi jepangnya dan prekuel penutupnya dengan menyewa di rental film. Dengan kata lain, Versi Jepang dan Amerika mempunyai sedikit perbedaan jalan cerita. Meski begitu, teror video kutukannya tetap mengena di hati.

Saya sendiri sebetulnya tidak mengetahui bahwa The Ring pernah dibukukan dengan jenis komik. Setahu saya, buku The Ring hanya berjenis Novel. Berawal ketika memasukkan kata kunci ring di dalam search engine sebuah applikasi jual - beli online untuk sekedar melihat harga cincin, tak sengaja yang keluar malah sebuah judul komik The Ring dengan volume 1-2. Karena dijual dengan harga bekas yang murah, akhirnya saya membelinya untuk sekedar menutupi rasa penasaran saya apakah cerita di dalam komik berbeda dengan dengan cerita di filmnya? Toh karena sudah membaca novel, melihat film versi jepang dan Amerikanya, beberapa film sekuel versi jepang yang saya bilang "parah" seperti Sadako 3D Dll, semuanya sedikit mengalami perubahan jalan cerita. Setelah komik tiba di rumah, dan kelar membacanya, ternyata ceritanya merupakan adaptasi dari film The Ring yang pertama versi Jepang.


Jadi setelah kelar membacanya, memang tak ada hal baru yang didapatkan dari komik tersebut. Hanya kilasan cerita lama yang digambarkan dalam bentuk komik yang saya dapatkan. Seseram apapun gambar yang ditampilkan di dalam komik, tak bisa membuat bulu kuduk merinding karena saya sudah tahu bagaimana akhirnya dan sudah bisa menebak dimana kemunculan hantunya. Mungkin yang perlu diantisipasi untuk dinantikan adalah sekuel dari The Ring 1 dan 2 versi Amerika yang dalam situs IMDB proyeknya sudah diumumkan dengan judul THE RING 3D. Yang menarik dalam The RING 3D ini adalah disebutkan bahwa penulis ceritnya meski sebatas rumors adalah David Loucka yang menangani skenario dari ( House of The End of The Streests, Dream House ) dan Akiva Goldsman (A Beautful Man, I Robot, The Davinci Code, Im Legend, Insurgent ) Bagaimana kelanjutan teror kutukan Samara ditangan dua penulis hebat tersebut? Kita tunggu saja tanggal mainnya.

8 comments:

Junkyo Hikari said...

scary nih... ahaha..
tak sangka pula The Ring ada jenis manga.. :D

anyway, The Ring tak berani nak tengok sendiri.. kena ada teman kalau nak tengok cerita ni.. ahahaha XDD

Dedaunan said...

The Ring horor banget
ada versi komiknya juga ya
sekuelnya pasti ditunggu-tunggu yang suka film horor, kalau saya kebanyakan tutup mata kalau nonton hehe

agus said...

saya malah belum nonton the ring, tapi saya nonton versi parodinya di scarry movie :D nagak habis sob...

Nor Nadia Syakila Jamal said...

Scary !
Kalau aku tak menjerit, tak sah.

Salam dr Malaysia

Arief W.S said...

Hikari @ Aku juga gak sangka juga kuk kalau The Ring ada komiknya :) Wah belum nonton tah, dijamin meridning deh Hikari hihi :P

Dedaunan @ Yah kan yang pingin dilihat hantunya :D kalau tutup mata ntar hantunya kecewa :D

Agus @ hehe scary movie filmnya lucu, tapi aq baru liat seri pertamanya doank :)

Nor Nadia @ Dijamin menjerit, tapi dalam hati, hihi :)

Junkyo Hikari said...

nanti.. insyaAllah.. kalau siang hari boleh tonton sendiri ^__^

Defa Ramadhani said...

horor banget,jadi takut :)

Arief W.S said...

Defa Ramadhani @ Salah satu film horror favoritku Mbak Defa :) Serem pokoknya :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...