Tuesday, November 18, 2014

Evercoss AT1A* : Tablet Gaming Murah Dan Handal

Tablet di era saat ini bukan lagi merupakan hal baru bagi khalayak umum. Meski fungsinya hampir menyamai smartphone, namun tablet memberikan ekstra layar yang lebih besar untuk memberikan nilai lebih terhadap kepuasaan dalam menikmati beragam multimedia. Saat ini berbagai macam jenis tablet dari beragam vendor bertebaran dimana - mana. Salah satunya adalah AT1A*, sebuah tablet besutan vendor local Evercoss yang ditujukan untuk sektor gaming.

Pihak Evercoss sendiri mengeluarkan 2 buah seri AT1A. Untuk yang seri awal, AT1A ini tanpa menggunakan bintang. Sedang seri terakhir sudah memakai tanda bintang di akhiran angka serinya, bisa disebut AT1A* (bintang). Perbedaannya hanya dalam hal layar, yang sudah memakai tanda bintang (*), layarnya sudah mengadopsi jenis IPS.

Bodi AT1A* ini sendiri sudah dinilai kokoh. Kesannya semakin elegan karena sisi - sisinya dibalut oleh kroom yang mengkilat. Casing bagian belakangnya terbuat dari plastik namun konsepnya menjiplak samsung galaxy note dengan kesan berpola kulit yang dijahit meski hanya terbuat dari plastik. Hal yang unik, untuk memasukkan sim -  card dan kartu memori diletakkan di bagian atas tablet, tdengan melepas casing penutupnya yang berukuran kecil. Tidak seperti kebanyakan tablet yang menempatkan simcard dan kartu memori pada bagian daerah sisi samping dengan model slot. Sayangnya bobot tablet ini agak berat, dikarenakan baterai yang dipakai berukuran besar yakni 4100Mah. Memang wajar jika memakai baterai sebesar itu karena sesuai targetnya, tablet ini dikhususkan untuk sektor gaming, karena mungkin sebelumnya para user agak direpotkan dengan urusan baterai yang cepat habis ketika sedang dalam fase asyik - asyiknya memainkan sebuah game. AT1A*, memerikan solusinya dengan menyertakan baterai dengan kapasitas yag besar dan merupakan kabar gembira bagi para gamer. Sistem operasinya sendiri menggunakan Android Jelly Bean 4.2.2, namun sudah bisa diupgrade ke Kit - Kat 4.4.2 Official resminya dari Evercoss yang bisa didownload dengan mengunjungi situs Evercoss.

Karena ditujukan untuk sektor gaming, maka kamera menjadi imbasnya. Pada AT1A* hanya menyertakan kamera belakang dengan resolusi 3,2MP tanpa autofocus disertai lampu flash dan kamera depan dengan kekuatan 1,3MP. Hasilnya memang mengecewakan. Lampu flash pun seakan cuma aksesori karena cahayanya yang tidak begitu kuat terpancar. Namun jika mengambil gambar pada siang hari dengan kondisi cerah, hasil gambarnya masih bisa digunakan untuk eksis di media sosial. Koneksinya sendiri, AT1A* sudah mendukung jaringan H+ untuk kedua buah slot SIM-nya dengan kecepatan download maksimal 21Mbps.

Bagimana dengan performanya? Karena ditujukan untuk sektor gaming, tentunya performa harus diutamakan. Dan untuk hal itu, user tak perlu khawatir karena AT1A* sudah memberikan spesifikasi yang lebih dari cukup untuk seorang gamer. AT1A* dibekali dengan prossesor Quad - core, alias empat inti atau empat otak dari Mediatek. Ram yang disematkan juga sudah besar yakni 1 GB. Internal memori yang disediakan adalah 8 GB. Internal sebesar itu dirasa sudah cukup untuk dipenuhi oleh beragam game, dan andaikata tidak cukup, bisa ditambahkan microsd up to 32GB. GPU yang dipakai menggunakan Mali 400, jadi memainkan game HD atau memutar video HD, tak akan menemui masalah pada AT1A*.  Untuk spesifikasi lengkapnya bisa langsung dilihat memalui informasi sistem yang saya suguhkan di bawah ini dengan menggunakan applikasi Antutu benchmark.


 
Pengujian Performa menggunakan Antutu benchmark :


Dari pengujian diatas menggunakan applikasi Antutu Benchmark, AT1A* memperoleh score 17127 yang mengartikan bahwa menjalankan beragam multimedia sudah lebih dari cukup dan masuk kategori Good Performance.

Pengujian menggunakan Quadrant Standart :


Hasil pengujian Quadrant Standar memperlihatkan perolehan score diangka 6951 dan menempatkan AT1A* mampu berdiri paling atas diantara para pesaing - pesaing lainnya. Dengan kata lain, membuka dan menjalankan beragam applikasi oleh dokumen, editing photo, akan sangat smooth menggunakan AT1A*.

Pengujian menggunakan Nenamark 1 dan Nenamark 2 :



Hasil pengujian menggunakan Nenamark 1 dan Nenamark 2 memperlihatkan perolehan besaran angka FPS dengan porsi beban grafis yang berbeda mendapatkan nilai angka yang sama yakni 57 FPS. Bisa dikatakan, untuk urusan grafis, terutama game, AT1A* memang pantas menyandang tittle sebagai gaming tablet dari vendor lokal.

Hasil Jepretan Kamera :




Hasil kamera memang tak bisa diharapkan. Namun masih bisa untuk mengambil gambar yang oke untuk tetap aktif berbagi di media sosial, asal faktor cahaya mendukung.

Kesimpulan :

+ Performa OKE
+ Baterai Kapasitas Besar 4100 mAh
+ Layar IPS
+ Harga Murah ( 1.150.000 ) Saat Artikel Ini Ditulis
+ Ram 1GB
+ Bonus USB OTG Dalam Paket Pembeliannya

- Kamera mengecewakan
- Bobot Agak Berat

13 comments:

Junkyo Hikari said...

ini yg baru? gadget baru Misaki kurang tahu TT^TT

anyway harga Rupiah 1.150.000 kalau tukar ke Ringgit Malaysia jadi berapa ye?

Currency susah nak faham :'(

Riri Maysyuri said...

lama tak berkunjung kemari, salam sehat selalu ya

Arief W.S said...

Junkyo Hikari @ Yah ini baru dari vendor Lokal di Indonesia. Saya ndak tahu kalau dicurrencykan ke Ringgit Malaysia, tapi kalau dikonversi ke Dollar setidaknya harganya menyentuh pada angka $95 Mahal?? :)

Riri Maysyuri @ Iya sama - sama Mbak Riri, sehat selalu juga buat Mbak. Makasih loh dah mau berkunjung :)

Ahmad Zu Mal Md Rayi said...

Sangat menarik, saya juga ingin mencari jika ada dipasarkan di Malaysia ^-^

Arief W.S said...

Ahmad Zu Mal Rayi @ Di malaysia sepertinya belum ekspansi sampai kesana, Tapi bisa mencari di via toko online seperti Lazzada.com :)

cindelaras said...

kebetulan lagi pengen beli hape baru... :D

Dedaunan said...

hasil fotonya lumayan bagus itu
infonya lengkap banget ini termasuk kemampuannya juga

yuna said...

hi...nice to meet you all.

Diyana Hani said...

menarik sey...tergoda..huhu...hani datang sini...follow sini

Arief W.S said...

Cindelaras @ hehe akhir tahun banyak diskon mbak, kebetulan :)

Dedaunan @ ya kalau buat aku sih biasa2 mbak hasil potonya, coz dah pegang gadget ini itu jadi tahu kualitas perbandingan-nya :)

Yuna @ Senang bertemu dengan Yuna juga :)

Diyana hani @ hehehe padahal aku gak goda loh :D Makasih Banyak dah mau berkunjung hani :)

Misaki PureBlood said...

owhh, kalau begitu bisa saja beli ^__^

tapi harus kumpul duit duluan :3

I used all my allowance just to buy fast food, snack and sweet :D ahahaha..

anyway that tablet, bisa guna untuk lukis juga ya? :D

Arief W.S said...

Hikari @ hihihi semoga cepat penuh tabungannya buat beli tab :) Kurangin fast foodnya ntar gemuk kayak aku hihi :D

Buat lukis bisa sih, tapi lebih optimal pakai komputer disertai perangkat lukisnya. Suka gambar manga kah ? :)

john henri said...

Evercoss AT1A* saya tidak bisa digunakan, imei tidak dibaca layar sulit digunakan. Awalnya saya bawa service katanya kena virus. Setelah diinstal ulang sempat bisa digunakan. Berjalan satu bulan kembali berulah saat konek internet. Malah saat ini tidak bisa digunakan lagi. Bagaimana solusinya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...