Saturday, March 3, 2018

PERLUKAH BERALIH KE SMARTPHONE BERKAMERA GANDA?

Tahun 2017 kemarin, smartphone dengan fitur dual kamera mulai marak hadir di pasaran. Berbekal dua kamera, maka sang pengguna akan mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh. Apa sih efek bokeh? Gampangnya jika kalian pernah melihat foto sebuah objek semisal manusia namun mempunyai latar belakang (background) yang blur, nah yang seperti itu bisa disebut dengan foto memiliki efek bokeh. Dahulu, efek bokeh seperti itu hanya mampu dihasilkan maksimal dengan menggunakan sejenis kamera DSLR. Tetapi, konsep kamera ganda yang diterapkan pada smartphone, ternyata juga mampu menghasilkan foto bokeh yang tak kalah bagusnya dengan kamera DSLR.

Beragam vendor, beramai-ramai bersaing dalam hal menelurkan produk dengan fitur kamera ganda pada tahun 2017 kemarin. Jadi jangan heran, jika pada tahun 2018 ini, kalian akan mendapati sebuah smartphone yang memiliki empat buah kamera sekaligus yang masing-masing tertanam dua buah di belakang sebagai kamera utama dan dua buah di depan sebagai kamera selfie. Alhasil, dengan 4 buah kamera, kalian akan mampu menghasilkan foto bokeh saat memotret sebuah objek dan itu juga berlaku ketika melakukan selfie.


Lalu, apakah di 2018 ini kalian wajib beralih pada fitur dua kamera ganda maupun 4 kamera sekaligus dalam memiliki sebuah smartphone? Meninjau hal itu, sepertinya kita kembalikan kepada masing-masing pengguna atau lebih sederhananya tergantung kebutuhan individu—karena tidak semua orang sepertinya tertarik menggunakan fitur dual kamera pada sebuah smartphone terkait beberapa faktor.


Di bawah, akan saya tunjukkan beberapa contoh foto bokeh yang dihasilkan oleh smartphone yang mempunyai fitur kamera ganda. Perangkat yang saya gunakan adalah smartphone Xiaomi MiA1. Objek yang saya pakai adalah para saudara sepupu dan teman-teman saya. Adapun waktu pengambilan foto adalah di siang hari dan malam hari. Hasil foto bokeh pada kondisi malam hari jelas tidak akan sebagus pada siang hari karena kurangnya cahaya.








Nah, bagaimana setelah melihat hasil foto-foto di atas? Jika terbersit sebuah rasa kagum setelah sekilas melihat beberapa hasil jepretan di atas, maka ada kemungkinan benih-benih cinta pada fitur dua kamera mulai akan segera tumbuh di hati kalian dan jika benih itu sudah mekar suatu saat—maka akan membentuk suatu alasan yang condong menggerakkan opini kalian untuk beralih ke dual kamera di masa yang akan datang.


Adapun hasil jepretan foto bokeh beragam seri smartphone yang dikeluarkan oleh banyak vendor memiliki perbedaan kualitas di rentang harga dan level yang sama. Jadi, jika ada rencana dari kalian yang ingin beralih ke smartphone yang memiliki fitur baik dual maupun 4 kamera sekaligus untuk urusan fotografi, tidak ada salahnya terlebih dahulu membaca banyak ulasan di internet.           

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...