Thursday, February 21, 2013

Habbatus Sauda, Penyembuh Segala Penyakit Kecuali Kematian

Ceritanya Minggu kemarin saat berkirim - kirim pesan dengan teman aku lewat media chatting di What's Apps, aku tanya  "Mau pergi kemana?" Karena di sela - sela chating temanku memutuskan untuk pergi, jadi aku penasaran tanya mau kemana, trus dia menjwab, "Mau beli Habbatussauda, punyaku habis." Kemudian timbul tanda tanya dalam benak saya, apa itu sebenarnya Habbatussauda???? Ketika aku tanya ma temenku, emang balesannya agak lama, setelah ada dering pesan masuk setelah lama menunggu, ketika aku buka, temanku menjawabnya dengan Hadist. Dibawah ini aku sertakan kumpulan dari beberapa Hadist mengenai Habbatussauda.

Hadist tentang perintah berobat
“Wahai hamba-hamba Allah berobatlah kalian, karena tidaklah Allah Azza wa Jalla menimpakan suatu macam penyakit kecuali telah Dia ciptakan obat untuknya, kecuali satu macam penyakit”. Mereka bartanya : “Apa penyakit itu ?” Jawab Beliau : “penyakit tua (pikun)”. [Shahih, Ahmad 4/278, Ibnu Majah 3436, Abu Dawud 3855, At Tirmizi 2039 dari Zaadul ma'ad IV : 12 dengan tahqiq Al Arnauth]

“Setiap penyakit ada obatnya, maka jika obat untuk penyakit itu yang digunakan, niscaya akan sembuhlah ia dengan seizin Allah Azza wa Jalla.” [Shahih, Muslim 2204]

"Tetaplah kamu berobat dengan Habbatussauda, karena sesungguhnya di dalamnya mengandung bahan penyembuh bagi setiap penyakit kecuali mati". (HR Al-Bukhari)

Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”
Imam Bukhori juga meriwayatkan hadist dari Aisyah R.A bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda;
” Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.”

Dalam riwayat Muslim:
“Tidak ada suatu penyakit, kecuali penyembuhannya ada didalam Habbatus Sauda.”

Nabi SAW mengabarkan bahwa Habbatus Sauda berkhasiat menyembuhkan setiap penyakit. Kata syifa’ (kesembuhan) dalam seluruh hadist disebut tanpa dima’rifahkan dengan alif dan lam. Semuanya dalam struktur positif, sehingga dengan demikian kata tersebut bersifat nakiroh (indefinite, tidak spesifik) yang biasanya bermakna umum. Selanjutnya, kita bisa mengatakan bahwa dalam Habbatus Sauda’ terdapat potensi penyembuhan terhadap setiap penyakit.

Membaca Hadist - Hadist diatas saya pribadi jadi penasaran apa sebenarnya khasiat dari Habbatussauda, kemudian saya googling kesana dan kemari untuk mencari tahu. Dibawah saya akan sertakan manfaat dan khasiat dari Habbatussauda yang saya sadur dari beberapa artikel di Blog.

Khasiat dari jintan hitam (habbatussauda) digunakan untuk pengobatan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Jenis tanaman ini menjadi sangat populer di Timur Tengah karena keistimewaannya dalam melarutkan kolesterol dalam darah. Karena khasiat dari habbatussauda tersebut, sebagian masyarakat Timur Tengah kerap menyertakan jintan dalam menu makanan, terutama sewaktu mengonsumsi daging atau makanan berlemak lainnya. Mengonsumsi habbatussauda secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Habbatussauda mampu memberikan proteksi terhadap gangguan saluran pernapasan yang disebabkan histamin. Disamping itu, juga berfungsi sebagai peluruh haid. Di Timur Tengah biji jintan hitam digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan misalnya sakit gigi, nyeri sendi, dan flu. Minyak dan herbanya diyakini bisa mengobati penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan, saluran pencernaan, gangguan lambung dan lever, serta untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Biji habbatussauda antara lain mengandung minyak atsiri, minyak lemak dan saponin. Kandungan lainnya adalah melantin, zat pahit nigelin, nigelon, dan timokinon. Minyak atsiri pada umumnya bersifat anti bakteri, antiperadangan, dan menghangatkan perut.
Habbatussauda juga mengandung karotin yang dapat berfungsi sebagai antikanker, hormon seks alamiah, zat pendorong produksi air seni dan empedu serta enzim-enzim pencerna, dan antikeasaman. Selain itu, habbatussauda pun mempunyai zat penenang sekaligus penyemangat.
Khasiat dari habbatussauda lainnya adalah mengurangi berat badan dan lingkar perut, menurunkan tekanan darah, gula darah puasa, trigliserida, dan kolesterol HDL, asam urat, adiponektin, dan high sensitive C-creative protein (hs-CRP).

Habbatussauda memang memiliki khasiat yang luar biasa sebagai obat yang memiliki segudang manfaat. Berikut ini akan dipaparkan kandungan dan manfaat habbatussauda yang salah satunya berkhasiat untuk meningkatkan jumlah sel-sel T yang sangat baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Selain itu ada pula khasiat lain berdasarkan penelitian yang dilakukan beberapa ahli obat-obatan, yang menyakinkan bahwa kandungan dari habbatusauda memiliki segudang manfaat, yang diantaranya :

a. G. Reitmuller, seorang Direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, mengemukakan bahwa kandungan habbatusauda dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator.

b. Habbatussauda dijadikan sebagai suplemen multivitamin tubuh yang dapat menguatkan sistem imunitas tubuh yang dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit berbahaya salah satunya seperti : kanker dan Aids.

c. Habbatussauda dengan kandungan vitamin yang terdiri dari asam linoleat (omega 3 dan omega 6) dapat berfungsi sebagai pemberi asupan nutrisi yang baik bagi sel otak, membangun membran otak dan jaringan syaraf pada otak untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat. Selain itu kandungan omega 3 dan 6 dapat memperbaiki kerja dari aliran darah menuju otak menjadi lancar. Sehingga membuat habbatussauda baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan dan untuk para orang tua dalam usia lanjut untuk menekan resiko penurunan kerja otak karena usia.

d. Sebagai sintesa dan produktivitas hormon. Hormon merupakan salah satu komponen dalam tubuh yang menghasilkan kelenjar endokrin yang masuk dalam tiap aliran darah.

e. Menetralisir dan membunuh racun yang berasal dari berbagai jenis makanan dan paganan lainnya yang masuk dalam tubuh dari konsumsi makanan setiap harinya. Oleh karenanya habbatussauda sangat baik dikonsumsi sebagai obat untuk mematikan bakteri dan membunuh racun yang dapat mengakibatkan gangguan sistem metabolisme tubuh yang rentan akan serangan berbagai macam penyakit dan dapat menurunkan kinerja dari fungsi organ tubuh yang sangat penting seperti : hati, paru-paru dan otak.

f. Habbatussauda dengan kandungan Saponin-nya yang memiliki fungsi sebagai kortikosteroid yang dapat mempengaruhi zat-zat serta vitamin yang didapat dari berbagai sumber makanan dan vitamin yang kita peroleh seperti karbohidrat, protein dan lemak yang berpengaruh pada fungsi jantung, ginjal, otot-otot tubuh dan syaraf. Selain itu saponin juga bermanfaat sebagai zat yang dapat mempertahankan diri dari pengaruh perubahan keadaan lingkungan seperti cuaca, penyebaran polusi dan pencemaran lingkungan, gangguan susah tidur serta dapat berfungsi sebagai obat penenang untuk menghilangkan stress.

g. Sebagai Anti-Histamin atau anti bakteri. Histamin adalah salah satu zat yang dimiliki tubuh yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada penderita asma bronkial. Habbatussauda menunjukkan hasil yang cukup menyakinkan sebanyak 70 % dari penderita asma yang gejalanya timbul karena alergi yang disebabkan oleh polusi udara, debu, perubahan cuaca, asap bahkan sampai menyebabkan timbulnya jerawat dan kemudian sembuh dengan pemberian obat habbatussauda ini.

h. Kemudian hasil penelitian yang diterbitkan oleh sebuah Journal Ilmu Kesehatan Pakistan di tahun 1992 berikutnya untuk membuktikan keampuhan habbatussauda sebagai obat dan multisuplemen yang memiliki banyak khasiat dari kandungan habbatussauda salah satunya dari minyak volatile ternyata ampuh untuk membunuh strain bakteri V cholera dan E coli dibanding dengan obat antibiotik lainnya seperti Ampicilin dan Tetrasiklin.

i. Untuk para ibu yang sedang dalam masa menyusui buah hati. Habbatussauda dapat meningkatkan produktivitas ASI. Hal ini dikarenakan oleh kombinasi dari kandungan lemak tidak jenuh yang dimiliki habbtussauda yang berinteraksi bersama strukutral hormonal yang dimiliki dari minyak habbatussauda ini mampu melancarkan produksi ASI sehingga bayi atau balita mendapatkan sistem imunitas tubuh secara alami, terutama ketika pada musim penghujan tiba, penyakit yang sering timbul adalah sakit flu dan pilek.

j. Untuk para orang tua yang sudah lanjut usia baik dikonsumsi untuk mempertahankan memori, daya tahan tubuh, mencegah terjadinya penurunan kerja dari fungsi otak yang berakibat pada kepikunan. Selain itu dapat menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit karena faktor usia.

k. Interferon yang terkandung dalam habbatussauda ini mampu menghasilkan sel-sel normal pada setiap sel jaringan tubuh untuk melawan virus yang dapat merusak jaringan tubuh. Selain itu dapat meleburkan sel-sel tumor dan meningkatkan sistem antibodi.

Itulah manfaat dan khasiat dari Habbatussauda. Lalu apakah manfaat dan khasiat yang disebutkan diatas dan Anjuran Nabi Muhammad SAW sudah teruji di jaman sekarang? Tenang, di bawah saya paparkan berbagai penelitian yang sudah dilakukan oleh banyak pakar di dunia yang saya sadur dari sebuah artikel.

“ Habbatus Sauda’ memiliki peranan yang penting pada pencegahan tumor & kanker. Pada penggunaannya dalam waktu yang lama minyak Habbatus sauda’ memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu dapat mempercepat pembelahan sel ”. Dr. Stanley Copock, University of Arizona, USA

“ Habbatus sauda kaya akan beta-sitosterol, yang diketahui memiliki kemampuan mencegah kanker”.Dr. Michael Tierra L. AC. O.M.D.

” Dengan mengkonsumsi Nigella Sativa dapat melawan kelelahan ”.Dr. Mohammed Saleh, M.D., Kairo-Mesir

” Ekstrak habbatus sauda memiliki khasiat anti-tumor tanpa efek samping seperti apa yang terjadi pada Chemotherapi dan penyinaran”.Study of Nigella sativa on humans, University of South Carolina. USA

“ Habbatus sauda mempunyai lebih dari 100 bahan aktif dengan berbagai khasiat penyembuhan. Salah satunya adalah impotensi.”Black Cumin, The Magical Egyptian Herb, Dr. Peter Schleicher, M. D.Dr.Mohammed Saleh, M.D., Egypt

“ Habbatus sauda’ terbukti memiliki khasiat anti-histamin, anti-oxidant, anti-biotic, anti -mycotic dan penghambat Bronchitis”.Study of Black Seed Oil on Humans, American Scientists

“ Kombinasi kandungan lipid dan struktur hormon dalam Nigella Sativa dapat meningkatkan air susu bagi ibu menyusui”University Pochefstroom

” Terapi baru yang efektif, mudah dicerna dan tidak mahal pada penyakit alergi adalah penggunaan asam lemak tidak jenuh dari minyak biji tanaman, terutama minyak Nigella Sativa (Habbatus sauda)”.Dr. Lutz Bannasch, München - Jerman

” Nigella Sativa (Habbatus sauda mengandungi minyak eter yang dapat membantu pencernaan & mengurangi masalah usus ”.Prof. Dr. Hildebert Wagner, Institut fur Pharmazeutische Biologie, München - Jerman

” Nigella Sativa mengandung asam lemak tak jenuh, Linoleic & Gammalinolenic yang masuk dalam tubuh. Asam ini memungkinkan untuk pencapaian sintesis yang merupakan sistem kekebalan tubuh yang penting menyebabkan penyakit kronik seperti jerawat dan demam karena alergi, hingga kanser ”.Dr. Peter Schleicher, M. D., Immunologist, Munich Germany

” Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh ”.US. Patents Section, Antiviral Agents Bulletin # 5, 482, 711

” Habbatus sauda’ merangsang sumsum di tulang & imuniti sel serta pengeluaran terferon, melindungi sel-sel normal melawan virus perusak sel, melawan sel tumor, dan meningkatkan antibodi yang mengeluarkan sel B”.Cancer Immuno-biology, South Carolina

” Habbatus sauda’ terbukti menyembuhkan 70 % penderita alergi, termasuk di dalamnya alergi serbuk dan debu juga jerawat, serta neurodermitis ( penyakit kulit), asthma dan lemahnya daya kekebalan tubuh. Mengambil habbatus sauda’ secara teratur dapat menahan secara baik penyakit flu ”.Dr. Peter Schleicher, Immunologie, München-Jerman

Nah, mengetahui betapa besar manfaat dan khasiat Habbatussauda ini, beberapa hari yang lalu saya akhirnya juga memutuskan untuk mengkonsumsinya sebagai penjaga kesehatan dari berbagai penyakit, InsyAllah. Ketika tiba di toko herbal, saya mikir - mikir, mahal nggak ya kira - kira ??? Alhamdullilah, ternyata gak semahal yang aku bayangkan. Akhirnya aku memutuskan untuk membeli satu botol Habbatussauda serbuk kapsul yang berisi 120 kapsul, dengan harga 24RB. Dan juga sebotol Minyak Habbatussauda yang berisi 90 kapsul seharga 40ribu. Jadi total semuanya 64RB. Hik - Hik, uang saku kepotong deh. Tapi gak masalah, yang penting kesehatan terjaga, apa gunanya banyak harta namun pesakitan, jiah, malah ceramah >,<

Untuk yang botol warna kuning adalah yang berisi kapsul serbuk, sedangkan yang hitam adalah kapsul berisi minyak Habbatussauda.

Untuk yang kapsul cair saya meminumnya setelah makan malam :)

 Untuk yang kapsul serbuk, saya meminumnya pagi dan sing hari setelah makan tentunya :) 

Nah bagi kalian sahabat Blogger, terutama yang muslim yang ingin menjaga kesehatannya, ada baiknya mengkonsumsi Habbatussauda sesuai anjuran Nabi kita Muhammad SAW yang tertera dalam Hadist. Bagi sahabat yang non-Muslim, tak ada ruginya juga mengkonsumsinya, karena selain murah, khasiat dan manfaatnya juga sudah teruji. Karena kesehatan sangatlah penting, dan juga mahal. Meski mengkonsumsi Habbatussauda, jangan abaikan hal - hal lain seperti tetap rutin berolahraga, makan - makanan sehat, hindari minuman keras dan rokok kalau bisa, InsyAllah bisa, jangan malas mandi, hehe, dll. Sekian dari saya.

sumber:
http://najibherbal.blogspot.com,
http://pengobatancaranabi.wordpress.com,
http://www.khasiathabbatussauda.org/

19 comments:

azmiel muhammady said...

betul sob..badan sehat..kena asam urat hbs konsumsi jinten hitam jadi asamnya turun..uratnya naek wwwwwwkkkkk

http://elmudaja.com

MizTia said...

baru tahu yang gituan :D

terima kasih sudah berbagi , saya jadi mngeri sedikit demi sedikit :) .

Motamatika said...

Info yang baru bagi saya, makasih sob sudah share :D

Agung Ak said...

saya baru tau nih sama yang namanya jintan, hee

cahyo jm said...

wah pertamax sobat ane baru liad tumbuhan kya begitu,,,makasih infonya yah sukses

Rizal Uye said...

sangat bermanfaat neh kwan, aku bookmark ya buat penjgetahuan

reki said...

saya pernah coba pakai Habbatus Sauda, memang terasa khasiatnya, tetapi saya berhenti karena dokter pribadi ngasih obat baru -,-

bredmart said...

wah banyak juga ya khasiatnya...

Arief W.S said...

Makasih ya semua yang udah berkunjung dan meninggalkan komentarnya :)

Rizal Uye @ Silahkan di-Bookmark mas gan :)

berkas askep said...

habbatus sauda' sifatnya panas, kurang cocok untuk penderita gastritis, biasanya langsung beraksi ke asam lambung dan meningkatkan produksi asam lambung.

Maruco27 said...

Saya sering denger nama habatussauda tapi ga pernah tau apa itu :D

ini rizalarable said...

Eh informasi yang menerangkan kalo Habbatusauda itu Jintan hitam belum ada ya sob,,,,,kadang ada pertanyaan seperti itu dalam hati.

Kalau saya konsumsi yang bentuk minyak, sehari sekali aja he he

ahmad muazim abidin said...

buanyak khasiatnya... oiya, seperti mas rizal able, jinten hitam itu habbatussauda atau enggak ya

Dyah Hapsari Fajarini said...

Kok baru dengar ya, heu heu ..

Nambah referensi pengobatan nih .. :)

Arief W.S said...

Habbatussauda (Nigella sativa Linn.) atau Jintan hitam adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat [1]. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Keterangan diatas aku kutip dari Wikidpedia yang menerangkan kalau Jintan Hitam itu adalah Habbatus Sauda :)

Berkas Askep @ Wah saya malah baru tahu :) Tapi Alhamdullilah selama aku konsumsi gak ada efek apapun terutama sakit perut.

Maruco 27 @ nah sekarang udah paham tah setelah baca artikel saya,hehe

Dyah hapsari @ lebih baik baru denger daripada tidak tahu,hehehe :)

Ina Rakhmawati said...

wah emg bner kok harbatussauda banyak manfaatnya. saya juga suka konsumsi yang kayak di gambar, botol kuning, kapsul serbuk jinten itu ^^

Arief W.S said...

Ina Rakhmawati @ Alhamdullilah, Ina juga mengkonsumsinya. Semoga jasmani kita selalu diberi kesehatan dengan mengkonsumsi Habbatussauda ini :)

phatar said...

hehe jelas mas, klo kmatan gk bisa disembuhin...
wah baru tahu q klo tu buat obat banyak penyakit..
salam mas...

Arief W.S said...

Phatar Anugerah @ hehe iya mas Phatar, sama2 :) makasih dah berkunjung :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...