Monday, March 23, 2015

Mengenal Apa Itu Tongsis, Tomsis Dan Tripod Mini Untuk Smartphone

Jaman sekarang siapa yang tidak mengenal istilah tongsis, tomsis? Pada awal 2014 tahun lalu, istilah tongsis mulai terdengar meski belum menjadi sebuah fenomenal. Baru pertengahan tahun 2014 kemarin, istilah tongsis menjadi booming dan banyak para konsumen yang mencari benda yang satu ini. Sayangnya, di ajang gelaran pameran yang diadakan awal bulan Maret tahun ini di Jogja, di salah satu stand yang aku lewati, aku sempat melihat seseorang yang sudah memegang tongsis namun masih saja bertanya "apakah ini bisa digunakan untuk android?" Oke, melihat kejadian itu, mungkin saja pemahaman beberapa kalangan masyarakat belum merata mengenai fungsional benda yang satu ini. Tongsis berarti singkatan dari tongkat narsis dan fungsinya secara umum digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan objek gambar diri sendiri atau disebut selfie dan dapat digunakan untuk jenis kamera digital maupun smartphone baik berbasis iOS, windows maupun android.

Salah satu jenis tongsis alias tongkat narsis

Tongsis tidak bisa berdiri sendiri dalam pengoperasiannya. Tak lain, tongsis memerlukan pasangan sejatinya yakni biasa disebut Holder atau pemegang atau penyangga.  Holder disini berfungsi  sebagai penyangga atau pengunci sebuah kamera maupun gadget yang dipasangkan pada tongsis. Holder sendiri ada dua macam yakni berbentuk U dan L dan biasanya disertakan sepaket pada pembelian tongsis. Holder U adalah holder yang kebanyakan dipaketkan dalam pembelian tongsis secara umum, sedangkan yang berbentuk L, biasanya dipaketkan pada tongsis dengan harga yang lebih mahal. Ketika diduetkan dengan holder, maka barulah tongsis dapat dioperasikan sesuai fungsinya untuk mengambil gambar selfie.

Jenis holder "U" dan "L"

Sedangkan tomsis sendiri adalah sebuah istilah singkatan kepanjangan dari tombol narsis. Lalu apa fungsi dari tombol narsis ini? Tomsis sendiri pertama kali saya dengar istilah itu adalah pada akhir tahun 2014 kemarin. Namun, baru awal bulan Maret 2015 ini saat diadakan pegelaran pameran saya baru bisa membelinya karena sebuah kebutuhan tentunya. Fungsi tombol narsis ini adalah untuk menutupi kekurangan pada proses pengambilan gambar menggunakan tongsis. Jika pada saat pengambilan gambar menggunakan tongsis kebanyakan orang mengandalkan fitur self-timer pada setiap perangkat gadget dan camdig yang dimilikinya, maka dengan adanya tomsis, kita tidak perlu lagi direpotkan oleh self-timer yang seakan membatasi diri kita dalam berekspresi didepan kamera. Dengan menyambungkan koneksi bluetooth yang terdapat pada tomsis ke perangkat gadget yang kita miliki, maka hanya dengan menekan tombol shutter yang terdapat pada tomsis, kita sudah bisa mengambil jepretan gambar kapanpun tanpa batasan waktu yang merupakan salah satu kelemahan dalam self-timer. Tomsis dapat digunakan pada perangkat smartphone yang berbasis iOs dan Android. Untuk smartphone berbasis windows maupun kamera digital saya belum pernah mencobanya.

Lihat Video Unboxing Tomsis Alias Tombol Narsis Di Bawah Ini :


Lalu aksesoris terakhir yang saya ingin bahas adalah tripod mini buat smartphone. Saya yakin untuk istilah tripod mungkin sudah banyak yang mengenalnya. Yakni tak lain tripod adalah alat bantu pengambilan gambar baik kamera digital maupun kamera proffesional seperti jenis DSLR. Karena seiring berkembangnya jaman, dan majunya perkembangan fotografi pada sebuah perangkat smartphone, maka kini muncullah sebuah tripod mini yang khusus ditujukan untuk smartphone. Fungsi tripod mini untuk smartphone ini beragam, tergantung tujuan seseorang itu membelinya, bisa untuk fotografi, pengambilan gambar video, dll, tergantung kreativitas seseorang dalam penggunaannya. Jenis - jenis tripod untuk smartphone ini juga mempunyai beragam ukuran. Ada yang benar - benar katergori ukuran mini dengan tinggi hanya 15 - 30cm sampai 1,5 meter. Tripod mini untuk smartphone ini juga masih membutuhkan sebuah holder untuk dapat dioperasikan. Beruntung, holder yang digunakan oleh kebanyakan tripod mini yang dijual di pasaran ini tidak berbeda dengan holder yang digunakan untuk tongsis.

Lihat Video Unboxing Tripod Mini Untuk Android Di Bawah Ini :

7 comments:

Hilda Ikka said...

Alhamdulillah sudah paham :))
Semoga bisa memberi pemahaman bagi yang lainnya juga :)

Arief W.S said...

Hilda Ikka @ Aminn...Aminnn...Alhamdullilah Hilda dah paham ...he :D

thika said...

arif, bikinn video pakai apa??

Arief W.S said...

Thika @ Pakai Smartphone dan Mini Tripod pastinya :D

Florin Santika said...

Tripod nya beli dimana?

Arief W.S said...

Florin @ Loh, toko aksesoris banyak sekali yang jual Mbak :)

Diota Aldiansyah Palevi said...

Tipodnya bisa dipake ke bb ato pocket camera gak?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...