Monday, March 23, 2015

Review Game Life is Strange : Konsekuensi Akan Sebuah Keputusan

Bosan memainkan game berjenis horror, action, fps maupun tema olahraga? Life is Strange bisa menjadi pilihan untuk mengisi kejenuhan yang ada. Life is Strange sendiri merupakan game dengan jenis petualangan dan sci-fi drama. Game ini lebih menekankan faktor keputusan - keputusan yang kita ambil saat memerankan karakter utama ketika menjalani alur cerita. Setiap keputusan yang kita ambil akan memberikan konsekuensi di masa lalu, sekarang dan yang akan datang. Mengapa bisa begitu? Karena tokoh utama yang akan kita mainkan mendadak mempunyai kekuatan untuk membalikkan waktu beberapa saat setelah kejadian berlangsung. Sedikit gambaran sebagaimana yang saya maksud dengan penjelasan diatas adalah, apabila kita berjalan terburu - buru karena khawatir terlambat masuk ke kelas kemudian kita tak sengaja menabrak seseorang yang membawa kopi di tengah lorong, konsekuensinya adalah kopi itu tumpah di seragam yang kita pakai dan dampaknya kita tak akan bisa mengikuti pelajaran di kelas. Dengan kekuatan membalikkan waktu, maka kita bisa mengulangi kejadian dengan mengambil keputusan untuk tidak berjalan terlalu terburu - buru dan akhirnya kita bisa menghindari bencana tumpahan kopi di seragam kita sehingga konsekuensinya kita tetap bisa mengikuti pelajaran di kelas meski terkena omelan guru akibat terlambat.

Maxine Caulfield atau biasa dipanggil Max adalah seorang mahasiswi yang baru saja berumur 18 tahun, seorang tokoh utama gadis remaja yang akan kita perankan dalam game Life is Strange. Setelah 5 tahun lamanya meninggalkan kota Arcadia, akhirnya dia kembali lagi ke kampung halamannya untuk melanjutkan studi di Blackwell Academy.  Alasan dia kembali dan masuk akademi di kampung halamannya karena tak lain untuk mengikuti pelajaran seni fotograpi yang dimentori oleh Bapak Jefferson, selaku tokoh idola Maxine karena karya - karya fotograpinya yang melegenda sejak tahun 90an. Maxine sendiri mengambil jurusan seni fotografi di Blackwell Academy.


Game ini sendiri dibuka dengan sebuah prolog dimana Maxine mendapati dirinya berada di tengah sebuah badai yang menerjang. Ketika dia mencoba berlari ke arah menara mercusuar di atas bukit untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi sebenarnya, mendadak dia melihat sebuah badai yang membentuk tornado raksasa di tengah lautan. Badai tornado raksasa itu berjalan menuju kota Arcadia. Ketika dia terpukau dengan kejadian alam yang maha dahsyat itu, sebuah kapal terbang terbawa arus angin dan menghantam menara mercusuar sehingga runtuhan bangunan menara itu berjatuhan dan menghampiri dirinya. Disaat itulah Maxine mendadak terbangun dan mendapati dirinya tengah berada di ruang kelas bersama teman - temannya sedang mengikuti pelajaran Bapak Jefferson.

Karena mempunyai kekuatan untuk memutar balikkan waktu yang entah darimana datangnya, di suatu kejadian Maxine menyelamatkan teman masa kecilnya Chloe yang tak sengaja menadapati temannya itu di kamar kecil perempuan sedang bertengkar dengan Nathan selaku anak pemilik sekolah akademi yang sombong. Nathan yang terlalu emosi akhirnya mengeluarkan sebuah tembakan yang membuat luka di perut Chloe. Dengan kekuatan ajaibnya, Maxine memutar balikkan waktu beberapa saat sebelum kejadian nahas itu terjadi dan menyelamatkan Chloe dengan cara membunyikan bel darurat sehingga nyawa Chloe terselamatkan. Untuk berterima kasih kepada Maxine, Chloe mengajak dirinya untung nongkrong di tempat favoritnya. Tak disangka tempat favoritnya itu adalah menara mercusuar untuk melihat keindahan pantai. Perlu digaris bawahi sebelum diajak Chloe ke tempat mercusuar ini, Maxine sudah pernah memimpikan dirinya tertimpa reruntuhan menara itu akibat badai yang menerjang. Ketika berduaan dengan Chloe di atas bukit, mimpi buruk itu kembali menghampiri Maxine.

Di mimpi kali ini dirinya masih berada di tempat yang sama yakni atas bukit mercusuar ditengah terjangan badai hebat. Namun kejadian mengerikan dalam mimpi kali ini bukan sebuah kapal yang terhempas angin badai dan menabrak menara seperti yang terjadi pada mimpi sebelumnya, melainkan secarik robekan kertas koran yang terbang terbawa angin dan Maxine menangkapnya serta membaca artikel di koran itu bahwa akan ada badai hebat menerjang kota Arcadia. Pada tanggal di koran itu disebutkan bahwa koran itu diterbitkan 4 hari yang akan datang dari hari ini. Setelah itu Maxine terbangun dari mimpi buruknya dan menyadari bahwa dirinya mendapatkan sebuah penglihatan akan masa depan. Karena ketakutan, Maxine menceritakan semuanya kepada Chloe akan kemampuannya memutar balikkan waktu yang mendadak dimilikinya, yang juga digunakannya untuk menyelamatkan Chloe dari terjangan selongsong peluru, dan juga penglihatan akan masa depan dimana kota Arcadia akan diterjang sebuah badai yang hebat. Disitulah awal mimpi buruk akan dimulai dimana Maxine akan menggunakan kemampuan memutar balikkan waktu untuk menyelamatkan kota Arcadia. Di sisi lain, hilangnya mahasiswi cantik Rachel Amber, kehamilan yang dirahasiakan sahabatnya Dana dengan seseorang lelaki misterius, masalah Chloe dengan Nathan yang belum berujung jelas, rahasia Kate teman pendiammnya yang diduga menjadi aktris porno dan selalu mendapat perhatian khusus dari kepala keamanan Blackwell academy, Kepala sekolah Ray Wells yang mata duitan, perasaan cinta Warren selaku mahasiswa studi ilmu pengetahuan di Blackwell yang memendam rasa cinta kepada Maxine dan berbagai masalah pelik lainnya yang berada dalam game ini yang harus juga dipecahkan oleh Maxine dengan menggunakan kemampuannya akankah semuanya akan berhubungan dengan asal muasal darimana kekuatan aneh ini datang dan mempengaruhi upaya Maxine dalam menyelamatkan kota Arcadia dari bencana badai yang mengerikan yang tanpa disadari semua penduduk Arcadia? Silahkan mainkan sendiri gamenya. Game Life is Strange tersedia untuk PS3, Xbox 360, PS4, Xbox One, dan PC tentunya. Selamat bermain teman.

Untuk melihat mengenai trailer dari game Life is Strange, silahkan lihat video di bawah ini :

 

3 comments:

Bpk Baktiar said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Mita said...

Waaaaaaaah kayaknya seru gamenya :D

Arief W.S said...

Mita @ Emang seru, bikin penasaran kelanjutannya pokoknya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...