Monday, March 2, 2015

Review Singkat Evercoss A7B Tipis Dan Desain Bagus

Mencari sebuah smartphone dengan desain yang cantik namun dengan harga yang murah, tapi tidak mengorbankan begitu banyak fitur dan performa, mungkin Evercoss dengan seri A7B adalah salah satu pilihannya. A7B ( Berlin ) merupakan salah satu seri smartphone yang menonjolkan sisi desain sebagai nilai jualnya. Dengan bodinya yang tipis, serta ringan, dibalut pilihan warna yang memanjakan mata, bagi para pengguna yang tak mementingkan brand maupun yang berbudjet terbatas, seolah diberikan pilihan yang masuk akal dan melegakan untuk dapat memiliki sebuah smartphone yang keren dari sisi estetika desainya. Untuk harganya, ketika artikel ini dibuat, Evercoss dengan seri A7B ini di pasarkan dengan kisaran harga 680 - 750 Ribu Rupiah.



Melihat harganya, pastilah seri A7B ini ditujukan untuk para konsumen kelas menengah kebawah. Meski untuk kalangan entry level, selain bonus desain elegan sebagai nilai lebih, spesifikasinya pun tidak bisa dibilang rendahan. Evercoss A7B dibekali dengan prosessor Quad - Core buatan MTK dengan kecepatan 1,3ghz. Dengan menggunakan 4 otak, maka menjalankan applikasi dan game serasa kian lancar tanpa masalah. Di sisi layar, A7B mengusung LCD 4 inch dengan resolusi WVGA 480 x 800 ditampah dengan teknologi IPS, membuat tampilan terasa jernih. Internal ROM yang diberikan sebesar 4GB sudah terasa cukup untuk harga dikisaran A7B. Hanya saja Ram yang diberikan sebatas 512MB, yang memungkinkan keterbatasan saat melakukan multasking. A7B dipersenjatai dengan kamera utama berkekuatan 8MP dengan fitur auto-focus dan lampu flash. Dengan kekuatan pixel sebesar itu, tentu saja akan lebih memperdetail dalam pengambilan gambar. Keberadaan flash membantu dalam pengambilan gambar di tempat yang minim cahaya. Flash kepunyaan A7B ini memiliki kekuatan kilatan yang lebih terang dari milik Elevate A66A ketika saya coba. Sebuah nilai tersendiri tentunya bagi A7B karena mempunyai keunggulan dari gadget yang lebih mahal darinya. Untuk kamera depan hanya diberikan kemampuan sebatas 2MP saja. Untuk mengambil video, ketika saya coba, ternyata A7B sudah mampu mengambil gambar dengan resolusi full HD 1980 x 1080 meski pada pengaturan kameranya tak diberikan pilihan FullHD. A7B ini sudah mendukung 3G dengan jaringan HSDPA+ yang berarti mempunyai kemampuan download 21Mbps dan Upload 5,76 Mbps. Baik Sim 1 maupun Sim 2 semuanya sudah mendukung 3G. Baterai yang disematkan tergolong kecil yakni hanya berkekuatan 1400mAh. Mengingat A7B dipatok dengan harga dibawah 800ribuan, wajar jika hanya diberikan baterai dengan kekuatan segitu. A7B yang saya gunakan untuk review ini masih menggunakan sistem operasi Jelly Bean 4.2. Entah seri A7B ini mendapatkan upgrade kit-kat atau tidak untuk yang keluaran lama, karena keluaran terbaru sudah kit-kat, maka ketika saya membuka situs Evercoss, di sub-menu download dan support pada tab pilihan, disitu dijelaskan Evercoss A series sudah mendapatkan update Android Kit Kat dengan cara mendownloadnya secara manual. Selain itu, fitur lainnya yang dibenamkan adalah wi-fi, bluetooth, GPS. 

Untuk spesifikasi sistem lebih jelasnya, bisa melihat screenshoot dibawah ini yang diambil dari applikasi Antutu Benchmark :




Tes Performa Evercoss A7B dengan menggunakan Applikasi Antutu Benchmark, Quadrant Standar, Nenamark 1 & 2 :





Video Dibawah ini untuk melihat pengujian real Antutu benchmark pada Evercoss A7B :


 Hasil Kamera :




Setelah memahami review singkat diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Evercoss seri A7B ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya, memiliki desain body yang bagus, ringan, layar sudah IPS, Quad-core, performa bagus, kamera utama bagus, flash terang dan harga terjangkau. Disamping keunggulan, ada beberapa kelemahan yang terdapat di Evercoss A7B ini yakni, layar belum menggunakan perlindungan hard glass screen mengingat bentuknya yang tipis, akan menjadi riskan bila tertindih tanpa perlindungan apapun. Selain itu baterai yang dipakai berkekuatan kecil dan juga ram masih 512MB.

8 comments:

Adi Yulianto said...

keren nih hp nya..

sering banget review hp bro, buka counter hp ya?

Arief W.S said...

Adi Yulianto @ haha tidak punya konter sih mas. Emang saya tertarik ma dunia gadget saja dan iseng2 pgn jadi reviewver amatir :) Ini juga HP punya nyokap yang gue review. Makasih mas dah mau mampir :)

Wong Cerbon said...

https://www.tokopedia.com/watuakik

aji novian said...

sya pengguna a7b lgi bingung .mau pasang garskin. tpi harus buka anti goress

Arief W.S said...

Aji Novian @ lah kuk bisa begitu mas? saya lum pernah masang garskin di A7B sih, cuma liat temen masang di A7S gak pake buka anti gores segala

Dongjae Hidayat said...

Keren nih. Btw bener ga ni hp ada LED Notif nya?
terus mending mana sama A7E?
dijawab ya mas. makasih

Arief W.S said...

D.Hidayat @ Iya mas Hidayat ada notifnya bener kuk A7B, malah lebih terang notifnya dari BB Z3 yang cuma secuplik sinar lampunya, setara Redminote lah kualitas Notif LED nya. Kalau mau body compact, kokoh, eye catchy ma kamera bagus ya pilih A7E mas. Kalau konsep elegan, notif LED, lebih ke A7B.

Dongjae Hidayat said...

Emg kamera a7b kurang ya? Saya nyari yg bagus kalo malam hari. Terus led flash nya terang mana sama a7e?
Maaf nih ya banyak tanya, takut salah pilih hehehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...